ADVERTISEMENT

Perkenalkan Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Mercy Raya - Sepakbola
Minggu, 18 Sep 2022 15:00 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (keenam kanan) bersama Ketua PSSI Mochamad Iriawan (keenam kiri) berfoto dengan maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya (tengah) saat parade perkenalan maskot Piala Dunia U-20 2023 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022). PSSI bersama FIFA memperkenalkan maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya dengan karakter badak Jawa yang mengenakan jersey Timnas Indonesia berwarna merah putih. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia secara resmi memperkenalkan maskotnya. Namanya Bacuya, seekor badak Jawa.

Peluncuran maskot itu resmi diumumkan di Car Free Day, Jakarta, Minggu (18/9/2022). Hadir antara lain Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza.

"Pagi ini kita meluncurkan maskot sebagaimana teman-teman sudah diketahui kalau pada 17 Agustus sudah ada logo, dan hari ini maskot," kata Amali.

Bacuya sendiri merupakan akronim dari Badak Cula Cahaya. Sosoknya punya tanduk warna-warni, yang diartikan sebagai figur pembela yang memperjuangkan anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi. Dia adalah penjaga talenta muda dan mercusuar untuk masa muda.



Menurut Amali, peluncuran maskot sangat penting sebagai bagian dari keseriusan Indonesia kepada dunia, khususnya untuk FIFA, sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

"Kami akan melakukan (kegiatan) ini sebaik-baiknya sebagai tuan rumah. Tentu kami akan menyiapkan segala sesuatunya sebagai tuan rumah yang dibutuhkan untuk event ini, dan kami akan berikan kesan yang baik supaya bisa menjadi kenangan bagi 23 negara lainya mendatang," ujar Menpora asal Gorontalo tersebut.

"Hospitality akan kami maksimalkan di beberapa tempat yang sudah kami siapkan, tentu ini kerja keras kita semua, Ketua Umum PSSI dan semuanya. Ini berkat PSSI dan semuanya sehingga kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah ini," lanjutnya.

Maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya (kanan) saat parade perkenalan maskot Piala Dunia U-20 2023 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022). PSSI bersama FIFA memperkenalkan maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya dengan karakter badak Jawa yang mengenakan jersey Timnas Indonesia berwarna merah putih. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.Maskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bangga dapat memperkenalkan Bacuya kepada pecinta sepakbola di seluruh dunia.

"Bacuya adalah milik semua orang, bukan hanya Indonesia. Menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup akan berdampak besar bagi pertumbuhan sepakbola di Indonesia dan Asia Tenggara, dan Bacuya akan menginpirasi generasi baru penggemar sepakbola," kata Iriawan.

Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza berharap maskot resmi Piala Dunia U-20 2023 akan menarik penonton yang lebih muda dalam turnamen yang menjadi fondasi kokoh dalam pengembangan bintang muda sepakbola di seluruh dunia.

"Bacuya akan berperan penting dalam mengajak anak-anak dan keluarga untuk datang ke stadion dan melihat para pesepakbola muda terbaik dunia berkompetisi menuju kejayaan tahun depan," Jaime Yarza.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT