ADVERTISEMENT

Yudi Guntara: Robi Darwis seperti Asnawi, Fight Mainnya

Bima Bagaskara - Sepakbola
Rabu, 21 Sep 2022 15:00 WIB
Robi Darwis
Aksi Robi Darwis di timnas Indonesia U-20 . Foto: detikcom/Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Robi Darwis, pemain muda Persib Bandung, mencuri perhatian di Timnas Indonesia U-20. Legenda Persib Yudi Guntara pun berkomentar.

Oleh Shin Tae-yong, Robi Darwis diberi tugas di sejumlah posisi dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Berposisi asli sebagai seorang gelandang bertahan, ia kerap dimainkan sebagai bek tengah, bek kanan, hingga sayap kanan.

Eksperimen Shin Tae-yong itu membuahkan hasil positif. Pemain 19 tahun itu tampil impresif. Robi Darwis kian mencuri perhatian karena punya amunisi tambahan: lemparan jarak jauh ampuh.

Kata Yudi Guntara soal Robi Darwis

"Robi Darwis saya lihat pemain ini punya karakter, punya ciri khas," kata Yudi Guntara kepada detikJabar.

"Pemain keras dan tipenya yang memang disukai Shin Tae-yong menurut saya. Seperti di Persib dulu Hariono lah, kemudian kalau di bek kanan itu seperti Asnawi Mangkualam, dia fight mainnya."

Di Persib Bandung sendiri, Robi Darwis relatif belum banyak mendapatkan menit bermain. Yudi menganggapnya sebagai hal wajar buat seorang pemain muda.

"Levelnya kan beda, di Timnas kan U-20, di klub bermain dengan Marc Klok, (Rachmat) Irianto, (Ricky) Kambuaya, saya juga kalau jadi pelatih pasti pilih ketiga ini lah," ucap Yudi.

Yudi meyakini Robi Darwis hanya butuh jam terbang lebih banyak untuk menjelma menjadi pemain utama Persib. Ia pun menegaskan bahwa Robi Darwis adalah aset berharga bagi Persib Bandung.

"Sebetulnya cuma butuh waktu saja, tapi dia (Robi) pemain yang punya ciri khas dan karakter. Aset buat Persib," ujarnya.

"Yang paling utama bagi pemain muda seperti Robi itu disiplin, kemudian attitude yang harus bagus di dalam dan luar lapangan. Itu aja sih kalau menurut saya hal yang harus dijaga," tutur Yudi.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT