ADVERTISEMENT

Soal Bobotoh-JakMania Satu Tribune, Persib dan Suporter Beda Pendapat

M. Dandyanto Pratomo - Sepakbola
Rabu, 21 Sep 2022 19:40 WIB
Bobotoh saat mendukung Persib di Stadion Kanjuruhan, Malang.
Bobotoh menolak rencana manajeman Persib Bandung mengizinkan pendukung Persija Jakarta, JakMania, melawat ke Bandung. (Foto: persib.co.id)
Jakarta -

Manajemen Persib Bandung mengungkap rencana agar JakMania bisa melawat ke Bandung. Gagasan itu dipertanyakan oleh Bobotoh.

Rencana itu disampaikan langsung Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono. Ia bermaksud mendamaikan Bobotoh dan The Jakmania yang memiliki rivalitas kelewat batas sejak lama.

Teddy mengungkapkan jika rencana mengundang The Jakmania ke Bandung dilakukan atas dasar apa yang terjadi di Malang saat Arema FC menjamu Persib beberapa waktu lalu.

Saat itu, suporter Persib Bandung mendapat sambutan hangat dari para Aremania. Mereka pun dijamu dengan baik. Dari mulai saling rangkul hingga makan bersama sebelum menonton laga.

"Dengan momentum benih-benih perdamaian sudah ditaburkan di Malang saat Aremania mengundang Bobotoh, ini kan benih baiknya sudah ada, kenapa nggak momentum baik ini dilanjutkan untuk bisa tetap baik," kata Teddy yang dikutip dari detikJabar, Rabu (21/9/2022).

Akan tetapi, bagaimana tanggapan Bobotoh dengan rencana manajemen Persib tersebut? Persib vs Persija Jakarta berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (2/10/2022). Laga itu yang ingin dijadikan penanda JakMania bisa melawat ke Bandung.

Ketua Harian Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber), Mediaswara, mengatakan situasi antara di Malang dengan rencana yang diinisiasi oleh manajemen Persib dengan mengundang The Jakmania berbeda. Sebab, yang terjadi di Malang bermula dari sesama kalangan suporter.

"Gini loh, statement waktu di Aremania yang undangnya siapa, Aremania, kelompok suporternya juga. Di sini yang mengeluarkan statement bukan dari kelompok suporternya, tapi dari manajemen," kata Mediaswara belum lama ini.

Menurutnya jika yang mengundang bukan dari pihak kelompok suporter, kecil kemungkinan rencana itu dapat terlaksana. Ditambah, saat ini sedang permasalahan antara kelompok Bobotoh dengan manajemen Persib soal penukaran tiket.

"Coba kalau dari kami-kami (yang mengundang) mungkin bisa terjadi. Tapi saya rasa kalau dari manajemen kemungkinannya sulit," kata Mediaswara.

"Apalagi Bobotoh lagi ada miss mungkin ya sama manajemen soal tiket itu. Kalau ditambah soal itu lagi kayanya sangat kecil (kemungkinan)," kata dia menambahkan.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Medi ini tetap mengapresiasi niat baik manajemen Persib. Ia pun menyarankan jika rencana mengundang pengurus The Jakmania dirundingkan satu meja antara manajemen dan kelompok Bobotoh.

"Itu niatan baik, tapi lebih baik ketemu dulu dengan kelompok suporter yang di Bandung, gimana nih kalau ngajak mereka (The Jakmania) nonton ke sini. Nah yang ngeluarin statement-nya dari kita-kita, sama manajemen kan lebih enak. Jadi yang menjaminnya banyak, nggak sepihak," kata Mediaswara.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT