Muhammad Ferarri: Dari Persija & Timnas U-20, Kini ke Timnas Senior

ADVERTISEMENT

Muhammad Ferarri: Dari Persija & Timnas U-20, Kini ke Timnas Senior

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Sep 2022 12:43 WIB
Muhammad Ferrari, Timnas Indonesia
Tahun 2022 yang Indah Buat Muhammad Ferrari (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Tahun 2022 menjadi momen besar buat bek muda Persija Jakarta Muhammad Ferrari. Ia reguler tampil di klub dan Timnas Indonesia U-20, kini naik ke Timnas senior.

Di Persija, Muhammad Ferrari sudah tampil sebanyak delapan kali dari 10 laga yang sudah berjalan di Liga 1 2022. Jumlah penampilannya itu sudah melampaui musim lalu, Ferarri cuma main 7 kali sepanjang Liga 1 2021.

Kedatangan Thomas Doll ke Persija menjadi berkah tersendiri buatnya. Dengan skema 3 bek tengah yang diterapkan Thomas Doll, Ferrari menjadi salah satu pilihan pelatih asal Jerman.

Meski masih berusia 19 tahun, ia tak ragu untuk memberi komando kepada rekan-rekannya di lini belakang Persija. Hansamu Yama hingga Ondrej Kudela tak jarang diteriaki Ferrari kala mereka melakukan kesalahan.

Sebelum matang di Persija, Shin Tae-yong sudah lebih dulu mempercayainya di lini belakang Timnas Indonesia U-19. Bisa dibilang pemain kelahiran 2003 tak tergantikan di lini belakang, terutama di Piala AFF U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Berkat penampilan impresifnya di Persija dan Timnas U-20, Ferrari pun kini promosi ke Timnas Indonesia senior. Ia menjadi 1 dari total 23 pemain yang disiapkan untuk melawan Curacao pada 24 dan 27 September.

Artinya tak banyak waktu istirahat yang dimilikinya di tengah kesibukan bersama Persija, Timnas U-20, dan kini Timnas senior. Sementara rekan-rekannya di klub sempat merasakan libur di saat kompetisi Liga 1 jeda.

"Ya kondisinya hari ini agak lelah sedikit ya, insyaallah mungkin besok sudah mulai fit lagi. kalau aku dikasih kesempatan bermain Insyaallah akan menampilkan yang terbaik untuk tim," kata Ferrari, dalam keterangannya yang dirilis PSSI.

"Saya cuma diminta melakukan yang terbaik dan percaya diri. Alhamdulillah senior-senior juga welcome, merangkul ke cara berlatih, hingga kasih masukan apa kekurangan saya dalam latihan," ujarnya menambahkan.

Muhammad Ferrari merupakan 1 dari total 2 debutan di Timnas senior. Sementara pemain debutan lainnya adalah Muhammad Ramadhan asal klub PSM Makassar.

Selain tengah menanjak, promosinya Ferarri juga tak terlepas dari keinginan Shin Tae-yong membangun Timnas U-20 yang kuat. Diharapkan Ferrari punya pengalaman lebih yang bisa menjadi bekalnya untuk main di Piala Dunia U-20 2023 bersama Timnas U-20.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT