Menkopolhukam Soroti Arema FC Vs Persebaya Main Malam!

ADVERTISEMENT

Menkopolhukam Soroti Arema FC Vs Persebaya Main Malam!

Lucas Aditya - Sepakbola
Minggu, 02 Okt 2022 08:56 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD saat berada di Surabaya
Menkopolhukam, Mahfud MD, soroti Arema FC vs Persebaya main malam!. (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Jakarta -

Menkopolhukam Mahfud MD menyoroti jam kickoff Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar pada malam hari. Dia menyesalkan tragedi Stadion Kanjuruhan.

Arema FC vs Pesebaya selesai 2-3 untuk kemenangan tim tamu. Dalam pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022), Silvio Rodriguez, Leo Lelis, Sho Yamamoto yang mencetak gol untuk Bajul Ijo. Sementara itu, Arema membalas dua kali dengan gol dari Abel Camara.

Selepas pertandingan, terjadi kerusuhan di stadion. Polisi mencoba menguasai situasi dengan tembakan gas air mata. Ada aksi pembakaran dan perusakan yang hingga polisi melakukan tembakan gas air mata.

Pada prosesnya, sementara ini sudah ada 127 orang meninggal dunia karena tragedi. Arema FC vs Persebaya kickoff pada pukul 20.30 WIB, waktu kickoff itu yang dipertanyakan oleh Mahfud.

"Saya sudah mendapat informasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Saya juga sudah berkordinasi dengan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Pemerintah menyesalkan atas tragedi Kanjuruhan. Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik. Kepada keluarga korban kami menyampaikan belasungkawa. Kami juga berharap agar keluarga korban bersabar dan terus berkordinasi dengan aparat dan petugas pemerintah di lapangan. Pemda Kabupaten Malang akan menanggung biaya rumah sakit bagi para korban," kata Mahfud dalam rilis yang diterima pewarta.

"Sebenarnya sejak sebelum pertandingan pihak aparat sudah mengantisipasi melalui kordinasi dan usul-usul teknis di lapangan. Misal, pertandingan agar dilaksanakan sore (bukan malam), jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion yakni 38.000 orang. Tapi usul2 itu tidak dilakukan oleh Panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam, dan ticket yang dicetak jumlahnya 42.000," kata dia menambahkan.

Mengenai jam kickoff, beberapa klub sempat melakukan protes. Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persebaya contoh yang tak puas dengan jadwal main malam.

"Tidak bisa dipungkiri broadcaster berperan. Tapi kami juga dapat data sahih, kalau penonton malam lebih banyak. Jam segitu, penonton sudah sampai di rumah. Ini perkembangan zaman juga," kata Lukita, di kantornya, Rabu (13/7/2022).

"Sekarang jam segitu kan waktu pulang kerja. Tapi kami juga bukannya diam-diam saja, sudah meminta kompromi jangan terlalu sering main malam. Kalau mau diikuti semua (permintaan broadcaster) ya mainnya jam 11 malam," ujarnya menambahkan.

"Ini masih lumrah, meski lumrah bukan membenarkan. Ada klub yang kami akomodir (keberatan main malam). Kami sering mengubah jadwal, seperti yang terjadi musim lalu."

"Kami tak bisa memungkiri Persija atau Persib banyak penontonnya main malam. Malah ada juga yang main sore, klubnya malah minta main malam," kata dia menambahkan.

Pihak broadcaster, lewat Direktur Programming Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad pernah menyebutkan keputusan kickoff malam laga Liga 1 sudah dihitung matang-matang.

"Jadi Liga 1 tayang 20.30 WIB, itu tak menyalahi apa-apa, masih oke, masih boleh secara kesehatan. Jadi apa yang dilakukan PSSI dan LIB tak apa apa. Kan boleh. Kecuali puasa main setelah buka puasa. Nanti bisa sakit perut. Itu gak boleh. Maka terjadi diskusi antara pihak broadcaster yang membeli right untuk itu ke PSSI dan LIB," ucap Harsiwi pada 13 Juli 2022..

"Kenapa 20.30? Salah satunya harus menyesuaikan jadwal pertandingan. Yang kedua kita negara muslim, kami ingin memberikan waktu penonton sholat dulu. Lalu, jam 7 (pukul 19.00) dan 8 (pukul 20.00) di sekitar lapangan ada yang suara suara masjid atau azan. Nah itu merupakan pertimbangannya juga. Intinya kalau tidak menyalahi aturan kesehatan tak masalah. Saya rasa penonton paham yak," kata dia menambahkan.



Simak Video "Tangis Presiden Arema soal Tragedi Kanjuruhan: Saya Siap Tanggung Jawab"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT