ADVERTISEMENT

Timnas Indonesia U-17 Vs UEA: Garuda Asia Menang 3-2

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 05 Okt 2022 21:53 WIB
Timnas Indonesia U-17 pesta gol melawan Guam di Kualifikasi Piala Asia U-17. Garuda Asia menang telak dengan skor 14-0.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Bogor -

Timnas Indonesia U-17 menekuk Timnas Uni Emirat Arab U-17 di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Garuda Asia menang 3-2, dengan Arkhan Kaka bikin dua gol.

Dalam pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (5/10/2022), Indonesia akan melakoni laga keduanya di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Usai membantai Guam 14-0, kini Indonesia menantang UEA.

Di babak pertama, Indonesia sempat memimpin lewat gol Nabil Asyura dan Arkhan Kaka Putra. Namun, UEA membalas lewat gol Waleed Mallalla dan Ghaith Abdalla.

Indonesia kemudian berhasil memimpin lagi di babak kedua. Brace atau gol kedua bisa dicetak Arkhan Kaka ke gawang lawan, yang tak bisa dibalas sampai akhir.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-17 sementara memimpin Grup B dengan 6 poin dari dua laga. Skuad asuhan Bima Sakti mengungguli UEA berkat head to head, dan dua poin dari Malaysia, yang secara mengejutkan ditahan Guam 1-1.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit pertama, Indonesia dan UEA bertarung sengit di lapangan. Kedua tim sama-sama berusaha membongkar pertahanan lawan, namun bisa diredam lini belakang.

Bermain sabar, Indonesia akhirnya mendapat gol di menit ke-18. Berawal dari tusukan Habil Abdilla di sisi kiri, umpan dilepaskan ke tiang jauh. Nabil Asyura sudah menunggu, dan langsung meneruskan bola dengan sepakan first time. Bola meluncur deras ke gawang UEA tanpa bisa diantisipasi kiper Hamdan Mohamed Al Hammadi.

Selepas gol tersebut, Indonesia praktis mengontrol pertandingan. Tekanan demi tekanan mulai membuat UEA frustrasi.

Pada menit ke-30, gol kedua akhirnya bisa dicetak Indonesia. Kali ini, Arkhan Kaka Putra yang menjebol gawang UEA, memanfaatkan umpan terobosan Kafiatur Rizky. Dengan tenang, Arkhan Kaka bisa menceploskan bola ke gawang Al Hammadi.

Semenit berselang, UEA bisa memperkecil ketertinggalan. Waleed Mallalla bisa membuat aksi individu dan melewati barisan belakang, sebelum menceploskan bola ke gawang Andrika Fathir.

Mendapat gol membuat UEA bersemangat. Di menit ke-40, Ghaith Abdalla bisa menyamakan skor, usai bisa memenangi duel dengan Iqbal di belakang, saat menyambut umpan terobosan. Sontekan Ghaith gagal dibendung Andrika. Skor menjadi 2-2. Tak ada gol lagi hingga babak pertama tuntas.

Babak kedua bergulir, Indonesia masih berjalan, tekanan kembali dilakukan Indonesia. Arkhan Kaka kemudian bisa kembali membawa tuan rumah memimpin di menit ke-54.

Arkhan Kaka kembali bisa memaksimalkan umpan Kafiatur di depan kotak penalti. arkhan mengubah arah bola, dan melepaskan sepakan keras kaki kanan. Gol, Indonesia memimpin 3-2.

Usai memimpin, laga berjalan cukup ketat. Indonesia cukup memegang kendali permainan, dengan bisa terus melancarkan tekanan ke wilayah pertahanan UEA.

Sebaliknya, UEA cukup kesulitan memasuki lini pertahanan Indonesia. Waleed Mallalla mendapat pengawalan ketat sehingga jarang menguasai bola.

Beberapa pergantian pemain dilakukan Indonesia dan UEA, namun tak banyak mengubah jalannya pertandingan. Sampai peluit panjang berbunyi, tak ada gol lagi tercipta. Indonesia menang 3-2 atas UEA.


Susunan Pemain

Indonesia: Andrika, Rizdjar, Habil, Iqbal, Sulthan, Figo, Kafiatur, Riski, Zidan, Nabil, Arkhan

UEA: Hamdan, Katta, Hussain Mahmood, Saeed Amer, Rashid Saif, Abdalla Ahmed, Ali Jaber, Abdulaziz, Walees Mallalla, Mohammed Jumah, Ghaith

(yna/cas)

ADVERTISEMENT