Kualifikasi Piala Asia U-17: Malaysia Tak Menyangka Habisi Indonesia

ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Asia U-17: Malaysia Tak Menyangka Habisi Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 10 Okt 2022 06:20 WIB
Jakarta -

Malaysia di luar perkiraan menghajar Timnas Indonesia 5-1 pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim Negeri Jiran pun menjadi pemuncak klasemen Grup B.

Sebenarnya Timnas U-17 mengambil inisiatif dan menyerang pertahanan Malaysia terlebih dahulu dalam laga di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (9/10/2022). Tapi Malaysia bermain lebih efektif dengan mencetak lima gol pada menit ke-17, ke-20, ke-23, ke-26, dan ke-38.

Gol-gol Malaysia dicetak oleh Zainurhakimi Zain, Arami Wafiy (brace), Anjasmirza Saharudin, dan Afiq Danish. Sementara gol balasan Timnas U-17 dicetak oleh Arkhan Kaka.

Kemenangan Malaysia ini terbilang di luar dugaan sebab mereka bermain sebagai tim tamu dalam laga krusial. Timnas U-17 hanya butuh hasil imbang, sedangkan Malaysia wajib menang dan berhasil mewujudkannya dengan skor besar.

"Saya lihat Indonesia adalah tim yang bagus. Mungkin ini hanya nasib kurang baik, tapi saya harus memuji barisan pemain saya yang hari ini sangat baik mengikuti arahan," kata Pelatih Malaysia Osmera Bin Omaro, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Saya mau menguji pemain saya, tapi kalau saya bisa bilang ini permainan terbaik mereka saat ini. Ada beberapa hal yang kami buat. Mungkin saja Indonesia terperangkap. Saya sudah lama memantau permainannya, dan kami mencari cara bagaimana kami bisa masuk mencari celah dan berhasil," ujarnya menambahkan.

Sebelum laga, Timnas U-17 diprediksi bisa meraih minimal hasil imbang. Sebab Malaysia relatif angin-anginan dan cuma meraih hasil imbang 1-1 melawan Guam, sementara Timnas U-17 menang telak 14-0 atas lawan yang sama.

Tapi kelengahan para pemain Timnas U-17 membuat Malaysia dapat mencetak lima gol. Kebobolan lima gol dalam waktu yang cukup cepat meruntuhkan mental Arkhan Kaka Cs.

"Kadang ada nasib buruk dan baik. Ini juga pemain masih remaja, jadi apa yang terjadi di AFF (Piala AFF U-16 2022) pun kami benahi di sini," ucap Osmera Bin Omaro soal inkonsistensi timnya.

Malaysia pun finis sebagai juara Grup B dengan 10 poin, satu poin di depan Indonesia. Mereka lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Lihat juga video 'Keseruan Timnas Indonesia di Ruang Ganti Usai Hantam Vietnam':

[Gambas:Video 20detik]



(raw/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT