Tragedi Kanjuruhan: Sikap Lima Klub Liga 1

ADVERTISEMENT

Tragedi Kanjuruhan: Sikap Lima Klub Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 25 Okt 2022 15:00 WIB
Suporter Arema FC  (Aremania) menabur bunga di Patung Singa Stadion Kanjuruhan, Malang, jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Sejumlah suporter Arema menabur bunga di Stadion Kanjuruhan sebagai bentuk duka cita atas jatuhnya korban dalam kerusuhan yang terjadi di stadion itu. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU
Jakarta -

Sebanyak lima klub menyatakan sikapnya terkait Tragedi Kanjuruhan. Mereka adalah Persis Solo, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Arema FC, dan PSIS Semarang.

Persis dan Persebaya kompak menyuarakan hal yang sama setelah melakukan pertemuan di Balaikota Solo, Senin (24/10/2022). Persis dan Persebaya berharap Liga 1 2022 bisa bergulir lagi setelah terhenti usai Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Keduanya meminta PSSI untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sebagai upaya mengganti personel federasi. Lalu Persis dan Persebaya juga meminta digelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Berbeda dengan Persis dan Persebaya, Persija dan Arema tak menuntut KLB PSSI maupun RUPS PT LIB. Kedua klub hanya meminta investigasi dan pengusutan Tragedi Kanjuruhan.

Soal investigasi dan pengusutan, pemerintah sudah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Hasil investigasi TGIPF juga sudah diserahkan ke Presiden RI Joko Widodo pada 14 Oktober lalu dengan berbagai rekomendasi, seperti KLB PSSI dan meminta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk mundur.

Sementara PSIS sama seperti Persis dan Persebaya, yakni menuntut digelarnya RUPS PT LIB. Soal KLB PSSI, PSIS memilih menghormati suara klub lain yang menuntut hal tersebut.

Dengan keluarnya sikap lima klub ini, maka masih ada 13 peserta Liga 1 yang belum menyuarakan sikapnya. Sikap mereka sangat ditunggu mengingat bagian dari voters PSSI yang bisa menentukan masa depan sepakbola Indonesia.

(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT