Persib Belum Ada Bayangan Format Baru Lanjutan Liga 1

ADVERTISEMENT

Persib Belum Ada Bayangan Format Baru Lanjutan Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 01 Nov 2022 21:40 WIB
Suasana Stadion GBLA saat laga Persib vs Bali United
Laga Liga 1 di Stadion GBLA saat laga Persib vs Bali United . Foto: Bima Bagaskara/detikJabar
Jakarta -

Persib Bandung belum bisa membayangkan seperti apa format baru lanjutan Liga 1 2022. Ada dugaan kompetisi tak bisa digelar home-away, melainkan sentralisasi seperti 2021.

Laga home-away nampaknya akan sulit terealisasi mengingat banyaknya stadion yang akan direnovasi. Setidaknya ada enam stadion yang bakal dipugar karena kepentingan Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, pemerintah melalui Presiden RI Joko Widodo juga sudah memerintahkan audit semua stadion di Indonesia. Stadion Kanjuruhan misalnya yang akan dirobohkan, lalu dibangun baru agar sesuai standar FIFA.

Dengan begitu, format sentralisasi seperti yang pernah diterapkan pada 2021 nampaknya akan menjadi opsi saat Liga 1 2022 bergulir lagi. Soal ini, Persib belum mau berandai-andai.

"(Wacana format baru) itu menjadi penting ketika jadwal sudah ada, atau kapan mulainya. Kan begitu, (kompetisi) dimulai lagi dan kita lock selesainya tetap di April (2023) atau mundur. Itu masih banyak variasinya, jadi sulit untuk berandai-andai," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahyono, Selasa (1/11/2022).

"Faktor variabelnya masih banyak, jadi sulit karena masih banyak. Itu selesainya tetap di April atau diundur 1 bulan lagi kan selesai semua. Tapi kalau dipepetin dan tetap di April itu solusinya apa? Apa mau 3-4 hari sekali bertanding, atau pertandingannya yang biasanya Jumat, Sabtu, Minggu dipepetin lagi untuk memangkas recovery pemain. Masih banyak variasinya," ujarnya menambahkan.

Persib sendiri menjadi salah satu klub yang mungkin akan terdampak permintaan evaluasi total stadion. Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menjadi kandang Persib sudah berulang kali dikritik karena dianggap kurang bisa menjamin keamanan penonton.

Andaikan itu terjadi, Persib akan kebingungan mencari stadion pengganti. Sebab, stadion alternatifnya yakni Stadion Si Jalak Harupat juga akan direnovasi dalam rangka Piala Dunia U-20.

"Belum, kalau dengar dari media kan semua akan diaudit. Kami belum terima terkait itu sampai saat ini," tutur Teddy soal potensi GBLA bakal kena evaluasi dan akan dipugar.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT