Empat Rekomendasi Timeline FIFA soal KLB PSSI

ADVERTISEMENT

Empat Rekomendasi Timeline FIFA soal KLB PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 11 Nov 2022 14:20 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - FEBRUARY 25:  A FIFA logo seen near the headquarter Home of FIFA ahead of tomorrows Extraordinary FIFA Congress to elect a new FIFA President at Hallenstadion on February 25, 2016 in Zurich, Switzerland.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Foto: Getty Images/Matthias Hangst
Jakarta -

FIFA memberikan empat rekomendasi timeline terkait rencana PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Hal itu tertuang dalam surat FIFA ke PSSI, Rabu (9/11/2022).

Keinginan PSSI untuk mempercepat penyelenggaraan KLB, dengan alasan demi izin lanjutan Liga 1 2022, sudah direstui oleh FIFA. Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan PSSI sebelum KLB.

Dengan mempelajari dan mempertimbangkan statuta PSSI, FIFA menyusun empat timeline soal KLB PSSI. Bahkan timeline buatan FIFA lebih cepat dari yang direncanakan PSSI.

"PSSI meminta persetujuan dan rekomendasi FIFA pada timeline yang disebutkan dalam surat Anda. Dalam hal ini, berdasarkan ketentuan Statuta PSSI yang kami miliki saat ini (edisi 2019), kami ingin menekankan bahwa Kongres Biasa harus diadakan setidaknya 60 hari sebelumnya (pasal 32.2 Statuta PSSI)," tulis surat FIFA ke PSSI.

"Selanjutnya, Komite Eksekutif PSSI dapat mengajukan permintaan untuk Kongres Luar Biasa "setiap saat" (pasal 34.1 Anggaran Dasar PSSI) dan para anggota PSSI "harus diberitahu tentang tempat, tanggal dan agenda setidaknya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal Kongres Luar Biasa." (pasal 34.3 Statuta PSSI)."

"Selain itu, perlu diketahui bahwa nama-nama "calon Panitia Pelaksana harus dikirimkan kepada Sekretariat Jenderal PSSI selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum pelaksanaan Kongres PSSI yang bersangkutan" dan "daftar resmi PSSI". calon harus diserahkan kepada Anggota PSSI selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari sebelum Kongres PSSI untuk memilih Komite Eksekutif." (pasal 30.9 Statuta PSSI)."

Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, FIFA pun meminta PSSI untuk menggelar Kongres Biasa terlebih dahulu. Juga deadline penetapan pencalonan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Lalu deadline penyerahan daftar calon tetap anggota PSSI. Jika semua itu sudah terpenuhi, PSSI baru bisa menggelar KLB.

Timeline FIFA buat Kongres Luar Biasa PSSI:

- 14 Januari 2023: Penyelenggaraan Kongres Biasa PSSI, di mana para anggota panitia pemilihan (Panitia Pemilihan dan Panitia Banding Pemilihan) akan ditunjuk untuk mengawasi dan bertanggung jawab atas proses pemilihan dan pemilihan yang akan datang;

- 16 Januari 2023: Batas waktu pengajuan pencalonan untuk posisi di Komite Eksekutif PSSI;

- 6 Februari 2023: Penyerahan daftar calon tetap Anggota PSSI;

-16 Februari 2023: Diadakannya Kongres Luar Biasa PSSI untuk pemilihan Komite Eksekutif baru Anda (namun tanggal yang relevan dari Kongres Luar Biasa ini harus dikomunikasikan sebelum diadakannya Kongres Biasa untuk memberikan waktu bagi calon potensial untuk mempersiapkan pencalonan mereka). Sebagai alternatif, anggota komite pemilihan dapat ditunjuk selama Kongres Luar Biasa pertama (bukan selama Kongres Biasa) yang misalnya dapat berlangsung pertengahan Desember, dan pemilihan Komite Eksekutif Anda dapat berlangsung selama kedua Kongres Luar Biasa, yang misalnya bisa berlangsung pertengahan Februari. Pilihan tersebut akan memberikan waktu yang cukup bagi calon potensial untuk mempersiapkan pencalonan mereka dan pemeriksaan integritas dan kelayakan yang relevan untuk dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan Anda. Kami berterima kasih telah memperhatikan hal di atas dan tetap siap membantu Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tambahan.

Simak Video 'Iwan Bule Ungkap Alasan KLB PSSI Dipercepat':

[Gambas:Video 20detik]



(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT