Piala AFF 2022: Jordi Amat & Sandy Walsh Belum Tentu Perkuat Timnas

ADVERTISEMENT

Piala AFF 2022: Jordi Amat & Sandy Walsh Belum Tentu Perkuat Timnas

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 22 Nov 2022 20:35 WIB
Pesepak bola Sandy Walsh (kanan) dan Jordi Amat (kiri) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kanan) dan Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (kedua kiri) saling berpegangan tangan usai membacakan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Kamis (17/11/2022). Pesepak bola naturalisasi asal Belanda, Sandy Walsh dan pesepak bola naturalisasi asal Spanyol, Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah prosesi pengucapan sumpah yang kemudian berpeluang untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pada Desember mendatang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Jordi Amat dan Sandy Walsh. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Jordi Amat dan Sandy Walsh belum tentu sudah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Kedua pemain naturalisasi itu terkendala masalah administrasi.

Salah satu yang menjadi isu adalah Piala AFF tak masuk dalam agenda FIFA sehingga klub mereka mungkin tak akan dilepas ke Timnas Indonesia. Selain itu, dua pemain naturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh belum beres masalah administrasinya.

Jordi Amat dan Sandy Walsh sebenarnya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak mengambil sumpah di Kemenkumham, Jakarta, Kamis (17/11/2022). Tapi PSSI masih harus mengurus perpindahan federasi kedua pemain tersebut.

"Hari ini kami sudah kirim ke FIFA, baru satu orang. Baru Jordi Amat. Dan akan menyusul besok atau lusa mungkin Sandy Walsh," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada wartawan, Selasa (22/11), terkait update perpindahan federasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Jordi Amat dan Sandy Walsh diketahui sudah didaftarkan PSSI ke AFF dalam daftar 65 pemain untuk Piala AFF 2022. Selain itu keduanya juga diindikasikan juga disertakan dalam skuad final di Timnas Indonesia untuk ajang tersebut.

Namun keduanya tak akan bisa bermain jika masih terganjal masalah administrasi masalah perpindahan federasi. Sebelumnya Jordi Amat terdaftar di RFEF (Spanyol), sementara Sandy Walsh terdaftar di KNVB (Belanda).

Jordi Amat pernah memperkuat Timnas Spanyol kelompok usia. Begitu juga dengan Sandy Walsh yang kenyang pengalaman memperkuat sejumlah Timnas Belanda kelompok usia.

"Kami mengurus mana yang duluan dikirim. Karena Sandy Walsh paspornya baru, mungkin hari ini atau besok," ujar Indra Sjafri.

(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT