Pemerintah Sahkan Liga 1 Lanjut Lagi, Tanpa Penonton

ADVERTISEMENT

Pemerintah Sahkan Liga 1 Lanjut Lagi, Tanpa Penonton

Mercy Raya - Sepakbola
Senin, 05 Des 2022 16:45 WIB
Mahfud MD, Zainudin AMali
Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta -

Pemerintah secara resmi mengumumkan kompetisi sepakbola Liga 1 resmi berjalan. Begitu pun dengan Liga 2 dan Liga 3 juga boleh lanjut tapi tanpa penonton.

Hal itu diungkapkan Menpora Zainudin Amali, usai melakukan pertemuan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD, serta Kapolri Listyo Sigit Prabowo, di Kantor Menkopolhukam, pada Senin (5/12/2022).

"Melanjutkan apa yang disampaikan Pak Menko atas nama pemerintah. Liga atau kompetisi sepakbola diteruskan yang terhenti dan jadwal-jadwal yang sudah ada atas rekomendasi Polri. PSSI dan PT LIB akan melaksanakan dengan panduan sangat ketat," kata Menpora Amali.

Politikus Golkar itu juga sekaligus menegaskan bahwa kompetisi level lainnya juga bisa berjalan. "Yang disampaikan pemerintah yang tersisa silakan dilanjutkan. Liga 1, liga 2 dan liga 3," ucap Menpora.

Bukan tanpa alasan, kompetisi diizinkan untuk lanjut. Amali menjelaskan kompetisi ini penting untuk pengembangan Tim Nasional karena ke depan akan menghadapi Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023.

"Mereka sekarang sedang dilatih Shin Tae-yong. Kemudian akan dikembalikan ke klub dan dilatih secara terus menerus. Disitulah kita butuh kompetisi, sebab kalau cuma try out tidak mendapat atmosfer," ujarnya.

Hal serupa diungkapkan Menkopolhukam, Mahfud MD, yang menyatakan usai kegiatan sepakbola PSSI setelah Tragdei Kanjuruhan berlalu kira-kira sebulan lalu, pemerintah memang memikirkan nasib kompetisi seperti apa.

"Maka pemerintah mengumumkan sepakbola liga akan diselesaikan jadwal yang sudah ditentukan dan PSSI akan mengendalikan ini dan bapak Kapolri menjamin dari segi keamanannya. Penyelesaian sepakbola ini diizinkan tanpa ada penonton," kata Mahfud MD.

Liga 1 sendiri saat ini dijadwalkan memulai pertandingan pertamanya antara Bhayangkara FC melawan PSS Sleman, Madura United vs PSIS Semarang, dan PSM Makasar vs Persikabo.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT