Kok Pemain Persija Dipanggil Timnas di Luar FIFA Matchday?

ADVERTISEMENT

Kok Pemain Persija Dipanggil Timnas di Luar FIFA Matchday?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 06 Des 2022 16:27 WIB
Thomas Doll resmi memimpin latihan Persija Jakarta. Seperti apa suasana latihan Persija saat dipimpin eks pelatih Borussia Dortmund ini? Lihat yuk.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll heran dengan pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia. Sebab dilakukan di luar FIFA Matchday dan Liga 1 tengah bergulir.

Persija membawa 22 pemain untuk lanjutan Liga 1 2022/2023 yang digelar bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Trio Timnas Indonesia tidak ikut, yakni Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, dan Muhammad Ferarri.

Mereka bertiga sedang menjalani Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali sejak 28 November. Adapun TC Timnas Indonesia itu digelar untuk persiapan Piala AFF 2022.

Di saat yang bersamaan kini Persija akan bertanding lagi di Liga 1 melawan Borneo FC pada pekan ke-12 Liga 1, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12/2022). Persija akan tampil tanpa tiga pemain timnas itu.

"Saya pikir ini bukan lah hal yang benar karena semua orang ingin bermain dengan pemain terbaiknya. Suporter pun mempunyai hak untuk menonton tim yang berisikan pemain-pemain terbaiknya," kata Thomas Doll saat memberikan keterangan.

"Jadi, kondisi ini merupakan hal yang aneh karena mereka sekarang sedang melakukan latihan bersama Timnas di saat liga sedang berjalan," ujarnya menambahkan.

Thomas Doll mengaku tak pernah mengalami situasi seperti itu semasa karier kepelatihannya. Sebelumnya ia tercatat menangani klub-klub seperti Hamburg SV, Borussia Dortmund Al-Hilal, Hannover 96, hingga APOEL.

Di Indonesia, jadwal kompetisi memang kadang bentrok dengan agenda timnas. Sengkarut masalah sepakbola Indonesia yang membuat hal seperti ini tak terhindarkan meski para stakeholder sudah menyiapkan jadwal sedemikian rupa.

"Kondisi ini pun bukan hal yang bagus untuk para pemain. Saya pikir semua tim mengalami hal yang serupa. Ini pertama kalinya di hidup saya terjadi dan ditambah para pemain tersebut berlatih bukan di FIFA Matchday," ucap Thomas Doll.

(aff/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT