Liga 2 Rencana Kick Off Bulan Ini, Verifikasi Stadion Dulu

ADVERTISEMENT

Liga 2 Rencana Kick Off Bulan Ini, Verifikasi Stadion Dulu

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 08 Des 2022 19:20 WIB
Logo Liga 2
Liga 2 juga akan bergulir lagi tapi verifikasi stadion dulu (dok.Internet)
Jakarta -

Stadion-stadion Liga 2 juga bakal diverifikasi sebelum menggelar kompetisi. PT Liga Indonesia Baru berencana menggelar kompetisi itu bulan ini.

Liga 2 2022 akan segera mengikuti langkah Liga 1 yang sudah lebih dulu dilanjutkan setelah sempat terhenti. Lanjutan Liga 2 molor, imbas ditangguhkannya izin penyelenggaraan sepakbola Indonesia usai Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Sebelumnya, klub-klub Liga 2 sudah memainkan 5-7 pertandingan sejak kompetisi ini digelar mulai 28 Agustus lalu. Awalnya Liga 2 disebut tak akan terimbas Tragedi Kanjuruhan, tetapi akhirnya ikut-ikutan tak lanjut.

Kini setelah Liga 1 sudah digelar lagi, PT LIB mulai menyusun lagi penyelenggaraan Liga 2. Sama seperti Liga 1, verifikasi stadion akan menjadi langkah awal yang dilakukan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengindikasikan lanjutan Liga 2 tetap akan memainkan format kandang-tandang. Liga 2 diikuti oleh 28 klub yang dibagi ke dalam tiga grup. Grup Barat (9 klub), Grup Tengah (10 klub), dan Grup Timur (9 klub).

"Implementasinya sama (seperti Liga 1), kami harus melakukan verifikasi dahulu yang akan dilakukan di 28 stadion," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, kepada wartawan, Kamis (8/12).

"Kemudian Desember ini kami akan kickoff, mungkin setelah tanggal 15. Besok itu akan ada virtual meeting seluruh pemilik dan manajer klub di Liga 2 kemudian kami harus verifikasi. Setelah verifikasi, kalau semuanya sudah oke, baru kami akan lakukan kick-off," ujarnya menambahkan.

PT LIB akan kembali berkoordinasi dengan Polri untuk mengurus perizinan penyelenggaraan sepakbola. Setelah izin Liga 1 turun, bukan berarti Liga 2 otomatis juga bisa dijalankan.

Standarisasi baru penerapan penyelenggaraan sepakbola mengenai keamanan dan kenyamanan tetap menjadi fokus utama. Peraturan Polisi (Perpol) No 10 Tahun 2022 juga harus diimplementasikan di Liga 2.

"Harus dapat izin semua, setiap pertandingan harus dilakukan izin. Perizinan itu berbeda dengan yang lalu, kalau bubble itu sepaket bisa sampai satu bubble full. Sekarang ini setiap pertandingan harus dapat izin," tutur Ferry.

"Iya bulan ini, setelah tanggal 15. Yang pasti bulan ini harus selesai untuk putaran pertama Liga 2, dan pada Januari nanti baru masuk putaran kedua," ucapnya.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT