Iwan Bule di Mata Skuad Timnas Indonesia

ADVERTISEMENT

Iwan Bule di Mata Skuad Timnas Indonesia

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 23:19 WIB
Timnas Indonesia
Mochamad Iriawan saat bersama skuad Indonesia di Bali. (Foto: dok.detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah menyambangi lokasi Training Camp (TC) Timnas Indonesia di Bali. Skuad Garuda dalam momen itu mengutarakan bagaimana peran Iriawan, yang juga akrab disapa Iwan Bule.

Timnas Indonesia sedang bersiap menuju turnamen Piala AFF, yang akan dimulai pada 20 Desember 2022. Anak asuh Shin Tae-yong berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Indonesia memasang target juara, yang selama ini belum bisa diraih. Indonesia tercatat cuma mampu meraih posisi runner-up sebanyak enam kali. Iwan Bule pun berharap perhelatan kali ini bisa menjadi juara dan demi tim bisa siap menuju perhelatan, dirinya menyempatkan memantau latihan.

Kehadiran Iwan Bule itu disambut antusias oleh para pemain, seperti Witan Sulaeman, yang kini berstatus sebagai pemain FK AS Trencin di Slovakia. Dia menyebut kehadiran Iwan Bule jadi penyemangat bagi dirinya bahkan rekan satu tim di Timnas Senior.

"Kehadiran pak Iwan Bule menambah semangat kami dalam berlatih, karena perhatian dia sangat luar biasa dalam mengurus sepakbola, khususnya Timnas, semua kebutuhan dipenuhi olehnya," ucap Witan Sulaeman.

"Dia sangat peduli dan bisa membuat nyaman hati para pemain. Pendekatan ke bapakannya teradap pemain sangat terasa bagi kami, menanyakan kabar, menanyakan bagaimana fasilitas yang dipakai seperti tempat latihan, penginapan hingga makanan dan yang jelas Pak Ketum sayang sekali kepada kami semua," tutur Witan.

Sudah dua pekan Timnas Senior melakukan TC di Bali. Tempaan fisik yang dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong tak membuat semangat para pemain kendor, seperti yang diungkapkan mantan pemain Sabah FC Saddil Ramdani.

"Secara keseluruhan pemain mengalami peningkatan latihan fisik yang sangat bagus sejak melakukan TC di sini, bahkan dengan adanya support langsung dari Ketua Umum PSSI di sini, menambah motivasi kami untuk berjuang di pertandingan nanti," tutur Saddil yang berposisi sebagai gelandang serang itu.

"Kami sebagai pemain merasa terpenuhi dari apa yang dibutuhkan selama menjalani TC ini, baik dari hotel, kemudian dari asupan makanan yang kami minta dipenuhi, pemintaan perlengkapan semua pemain di dengar Pak Iwan Bule dan difasilitasi semua," ucapnya.

"Makanya saat kami mengetahui adanya Ketua PSSI di sini, kami merasa tenang, aman, dan tentram," pungkasnya.

Iwan Bule bukan cuma menampung aspirasi pemain, melainkan juga tim pelatih, Iwan Bule bahkan sempat terlibat bincang-bincang dalam durasi waktu yang lama dengan Shin Tae-yong.

"Jadi dengan adanya tragedi kanjuruhan memang dalam kesulitan untuk pssi ya, jadi mau PSSI dan timnas liganya berhenti, tetapi dengan Pak Ketum hadir di latihan di gym dan di lapangan jadi memberi dukungan sekaligus memberikan apa yang kurang di dalam timnas ini, semua didukung oleh Pak Ketum," kata Shin Tae-yong saat ditanya pewarta obrolan dengan Iwan Bule.



Simak Video "Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF Ditentukan Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT