PSSI Temui Menpora, Ada Peluang Liga 2 Masih Bisa Lanjut?

ADVERTISEMENT

PSSI Temui Menpora, Ada Peluang Liga 2 Masih Bisa Lanjut?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 19 Jan 2023 14:00 WIB
Yunus Nusi, Zainuddin Amali
Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Menpora Zainudin Amali. Foto: Muhammad Robbani/detikcom
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sudah berdiskusi dengan PSSI terkait kompetisi Liga 2, yang sebelumnya telah diputuskan berhenti. Akankah Liga 2 nanti bisa lanjut?

PSSI datang ke Kemenpora Kamis (19/1/2022) siang WIB. Agenda ini sendiri terjadi setelah 10 klub Liga 2 menghadap ke Menpora pada hari Senin (16/1) dengan tujuan untuk meminta bantuan pemerintah agar kompetisi dilanjutkan.

Menindaklanjuti hal itu, PSSI pun dipanggil Kemenpora untuk membicarakan peluang kelanjutan Liga 2. Hadir Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus secara virtual.

"Kami baru saja diskusi seperti yang saya sampaikan bahwa setelah melihat dinamika dan perkembangan dari kompetisi Liga 2 kemudian saya mendapat arahan dari Bapak Presiden (Joko Widodo) untuk segera mencarikan jalan keluar," kata Menpora Zainudin Amali.

"Karena kan kami (pemerintah) tidak punya kewenangan untuk memutar kompetisi. Itu ranahnya PSSI yang menugaskan kepada operator LIB. Jadi, saya bisanya mengajak diskusi supaya tidak terkesan ada intervensi dari pemerintah," ujarnya menambahkan.

Hasil dari pembicaraan ini akan dilaporkan Yunus Nusi ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan para anggota Komite Eksekutif (Exco). Keputusan menghentikan atau melanjutkan kompetisi akan didiskusikan bersama.

Faktanya memang ada klub yang ingin lanjut, tetapi ada juga yang mengusulkan kompetisi dihentikan saja. Untuk itu akan diambil kesepakatan bersama terkait nasib kompetisi.

"Terima kasih Pak Menteri, hari ini seperti apa yang disampaikan Pak Menteri kita berdiskusi tentang mencari jalan keluar PSSI, saya mewakili PSSI dan Pak Ferry Paulus dari LIB menyampaikan bahkan juga melaporkan yang kemudian oleh Pak Menteri diajak diskusi terkait perkembangan situasi khususnya Liga 2," tutur Yunus Nusi.

"Dan kami berterima kasih ada progres yang positif dari hasil diskusi tadi yang Insyaallah pada hari ini akan saya laporkan ke Ketua Umum dan Exco tentang pelaksanaan kompetisi Liga 2. Mudah-mudahan ini bagian yang positif bagi sepakbola Indonesia," ucapnya.

"Yang disampaikan Pak Menteri tadi memberikan dukungan terhadap kompetisi, Insyaallah Pak Ferry Paulus akan segera mengkonsolidasikan atau mengundang Liga 2, membahas tentang kompetisi Liga 2," katanya lagi.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT