DetikSepakbola
Selasa 18 April 2017, 03:56 WIB

Atasi Middlesbrough 2-1, Arsenal Jaga Asa ke Empat Besar

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Atasi Middlesbrough 2-1, Arsenal Jaga Asa ke Empat Besar Foto: Action Images via Reuters / Lee Smith
Middlesbrough - Arsenal menjaga asa finis di empat besar usai dapat poin penuh dari lawatannya ke markas Middlesbrough. Dapat perlawanan sengit, Arsenal akhirnya menang 2-1.

Dalam pertandingan di Riverside Stadium dalam lanjutan Premier League, Selasa (18/4/2017) dinihari WIB, Arsene Wenger melakukan enam perubahan pada timnya setelah dikalahkan Crystal Palace. Petr Cech dan Laurent Koscielny kembali bermain setelah sempat absen karena cedera.





Wenger juga menggunakan skema tiga bek dengan memasang Rob Holding, Koscielny, dan Gabriel. Sementara Alex-Oxlade Chamberlain mengisi posisi sayap kanan menggantikan Hector Bellerin.

Arsenal menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Tendangan bebas Alexis Sanchez memberi keunggulan untuk tim tamu.

Di paruh kedua, Middlesbrough yang meningkatkan intensitas serangan mampu menyamakan kedudukan lewat gol Alvaro Negredo. Meski banyak ditekan, Arsenal akhirnya keluar sebagai pemenang berkat gol Mesut Oezil.

Dengan kemenangan ini, Arsenal memangkas jarak dengan zona Liga Champions. The Gunners ada di peringkat enam dengan 57 poin dari 31 pertandingan, terpaut tujuh angka dengan Manchester City yang ada di posisi empat dan sudah memainkan 32 pertandingan.

Sementara itu, Middlesbrough kian terbenam di zona degradasi. Mereka menempati posisi 19 dengan 24 poin.

Jalannya Pertandingan

Di menit-menit awal, Middlesbrough terlihat lebih berbahaya ketimbang Arsenal. Alvaro Negredo mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun masih melebar dari gawang.

Middlesbrough sempat mencetak gol di menit ke-23. Sundulan Marten de Roon meneruskan umpan dari Gaston Ramirez menjebol gawang Cech. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena De Roon sudah terjebak offside.

Arsenal perlahan mulai memegang kendali permainan dan melancarkan tekanan. Serangan Arsenal menghasilkan tendangan on target pertama dari Sanchez di menit ke-30, tapi masih mengarah ke Brad Guzan.

Arsenal mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Middlesbrough menyusul pelanggaran Adam Clayton kepada Granit Xhaka. Alexis Sanchez maju sebagai eksekutor dan tendangannya meluncur mulus ke dalam gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Guzan yang mati langkah.

Memasuki babak kedua, Middlesbrough meningkatkan intensitas serangan. Hanya lima menit setelah babak kedua dimulai, tekanan yang dilancarkan Middlesbrough membuahkan hasil.

Dari serangan balik cepat, Stewart Downing menggiring bola di sisi kanan dan kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola umpan dari Downing dituntaskan oleh Negredo dengan sempurna.

Hanya berjarak lima menit, Middlesbrough nyaris berbalik unggul. Umpan George Friend dari sisi kiri jatuh ke kaki Downing yang ada di tiang jauh. Downing melepaskan tembakan, tapi masih melambung di atas mistar gawang.

Middlesbrough kembali mengancam. Sebuah tendangan bebas dari sisi kanan dibelokkan Friend dengan sundulan dan bola kemudian ditanduk oleh Ayala yang ada di depan gawang. Tapi bola bisa diblok oleh Cech dan kemudian dibuang oleh pemain Arsenal.

Penyelamatan bagus dilakukan Guzan untuk menggagalkan peluang Oezil. Sanchez melepaskan umpan terobosan kepada Oezil yang berlari ke dalam kotak penalti. Namun Guzan yang keluar dari sarangnya lebih dulu menghalau bola.

Keunggulan Arsenal kembali di menit ke-71. Umpan Sanchez ke kotak penalti dibelokkan oleh Aaron Ramsey dengan dadanya. Bola yang mengarah ke Oezil langsung dituntaskan oleh pemain internasional Jerman itu dengan tendangan ke arah tiang dekat.

Middlesbrough menyia-nyiakan sebuah peluang bagus untuk menyamakan skor. Bola dari Downing dibelokkan Friend ke depan gawang dan Ben Gibson berdiri bebas tapi tak bisa menaklukkan Cech. Skor 2-1 untuk Arsenal menutup jalannga laga.

Susunan Pemain

Middlesbrough: Guzan, Barragan, Ayala, Gibson, Da Silva (Friend 17'), Clayton, de Roon (Gestede 79'), Leadbitter, Ramirez (Traore 68'), Negredo, Downing

Arsenal: Cech, Gabriel, Holding, Koscielny, Monreal, Ramsey, Xhaka, Oxlade-Chamberlain, Oezil (Bellerin 90'), Sanchez (Coquelin 90'), Giroud


(nds/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Jelang Piala Konfederasi

    Misi La Roja Hentikan Ronaldo

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 14:28 WIB Cristiano Ronaldo akan jadi ancaman terbesar Chile saat menghadapi Portugal. Pelatih Chile Juan Antonio Pizzi sudah punya rencana untuk menetralkan Ronaldo.
  • Chelsea Cari Bek Baru, Zouma Tetap Bertahan

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 13:20 WIB Chelsea sedang mencari bek baru di bursa musim panas. Kurt Zouma tidak terpengaruh karena masih ingin memperjuangkan posisinya untuk musim depan.
  • Soal Mbappe, Perez Percaya Rencana Zidane

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 07:54 WIB Pemain AS Monaco, Kylian Mbappe, dikabarkan menjadi incaran Real Madrid. Presiden El Real, Florentino Perez, percaya dengan rencana Zinedine Zidane soal Mbappe.
  • Valverde Sedang Amati Pemain-Pemain La Masia

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 06:48 WIB Barcelona terkenal mempunyai akademi pemain yang bagus, La Masia. Pelatih baru Los Cules, Ernesto Valverde, disebut sedang mengamati pemain-pemain akademi.
  • Banega Kembali ke Sevilla

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 06:36 WIB Ever Banega cuma semusim memperkuat Inter Milan. Gelandang asal Argentina itu pulang lagi ke klub lamanya, Sevilla.
  • Dani Alves Tinggalkan Juve Bukan karena Uang

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 05:49 WIB Dani Alves mengucapkan salam perpisahan kepada Juventus. Dalam suratnya, Alves juga membantah kepergiannya karena tawaran gaji yang lebih besar.
  • Alexis Sanchez Fokus Penuh ke Chile

    Sepakbola | Rabu 28 Juni 2017, 00:18 WIB Masa depan Alexis Sanchez di Arsenal sedang dispekulasikan. Dia yang sedang berlaga di Piala Konfederasi, fokus penuh membela tim nasional Chile.
  • Pujian Asensio untuk Donnarumma

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 23:32 WIB Marco Asensio memberi sanjungan untuk kiper asal Italia, Gianluigi Donnarumma. Dia dinilai sebagai penjaga gawang yang luar biasa.
  • 'Mourinho Bukan Sosok yang Tepat untuk MU'

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 22:40 WIB Jose Mourinho sudah meraih kesuksesan besar di musim pertama bersama Manchester United. Tapi, dia tetap dinilai tak tepat untuk The Red Devils.
  • Piala Konfederasi

    Ketajaman Ronaldo Tak Bikin Jerman Takut

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 22:20 WIB Ketajaman Cristiano Ronaldo saat ini tentu sudah bikin lawan merasa cemas. Namun, Timnas Jerman tidak merasa demikian jika akhirnya harus bertemu Portugal.
  • Emre Can Tak Sabar Main Bareng Salah

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 19:12 WIB Bergabungnya Mohamed Salah dengan Liverpool disambut begitu hangat oleh Emre Can. Gelandang Liverpool itu tidak sabar lagi untuk bermain bersama Salah.
  • Jalan Victor Wanyama yang Hanya Berumur Sehari

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 18:02 WIB Nama gelandang tangguh Kenya dan Tottenham Hotspur, Victor Wanyama, dijadikan nama jalan. Namun, jalan Victor Wanyama itu hanya bertahan seumur jagung.
  • Jelang Piala Konfederasi

    Vidal: Bagiku Ronaldo Tidak Ada

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 15:09 WIB Ada urusan yang belum selesai di antara Arturo Vidal dengan Cristiano Ronaldo. Atmosfer panas dijamin akan menyelimuti duel Chile kontra Portugal.
  • Cinta dan Ironi Paolo Maldini

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 12:28 WIB Mengingat kembali mantan kapten AC Milan dan timnas Italia, Paolo Maldini. Maldini memiliki karier yang cemerlang, tapi juga tak luput dari ironi.
  • Lyon Berhasrat Boyong Mariano Diaz dari Madrid

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 10:37 WIB Penyerang muda Real Madrid Mariano Diaz berpotensi hijrah ke Liga Prancis di musim depan. Olympique Lyon memastikan bahwa mereka tertarik mendatangkan Mariano.
  • Milan Masih Sabar Menunggu Donnarumma

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 07:15 WIB AC Milan masih akan menunggu keputusan Gianluigi Donnarumma terkait masa depan. Rossoneri bilang bahwa Donnarumma memang pantas diberi waktu melakukan refleksi.
  • Kolarov Ingin Kembali ke Lazio

    Sepakbola | Selasa 27 Juni 2017, 05:57 WIB Lazio jadi bagian penting dalam perjalanan karier Aleksandar Kolarov. Begitu kontraknya habis bersama Manchester City, Kolarov ingin kembali ke sana.