DetikSepakbola
Rabu 17 Mei 2017, 04:01 WIB

City Tekuk West Brom 3-1

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
City Tekuk West Brom 3-1 Foto: Yaya Toure merayakan gol ketiga Manchester City (REUTERS/Andrew Yates)
Manchester - Manchester City memperbesar peluangnya untuk lolos ke Liga Champions musim depan. The Citizens naik ke posisi ketiga setelah menekuk West Bromwich Albion dengan skor 3-1.

Menjamu West Brom di Etihad Stadium, Rabu (17/5/2017) dinihari WIB, City memainkan Sergio Aguero dan Gabriel Jesus secara bersamaan sebagai starter. Tim tuan rumah tampil mendominasi dari awal hingga akhir laga.

[Gambas:Sportradar]

City unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Gabriel Jesus pada menit ke-27 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-29. Setelah jeda, City mencetak gol ketiga melalui Yaya Toure pada menit ke-57. West Brom mencetak satu gol hiburan lewat Hal Robson-Kanu pada menit ke-87.

Kemenangan ini mengangkat City ke peringkat ketiga klasemen sementara Premier League dengan perolehan 75 poin dari 37 laga. Mereka unggul tiga poin atas Arsenal yang duduk di posisi kelima dan secara matematis masih bisa disamai dengan satu laga tersisa. Adapun West Brom menghuni posisi kesembilan dengan 45 poin.

Jalannya Pertandingan

City menguasai jalannya permainan sejak kick-off. Tim tuan rumah terus menekan, tapi baru mendapatkan peluang pada menit ke-14 melalui tendangan bebas Aleksandar Kolarov. Namun, tembakan Kolarov ditepis oleh kiper West Brom, Ben Foster.

Leroy Sane menyia-nyiakan sebuah peluang emas untuk membawa City unggul tiga menit kemudian. Sane langsung berhadapan dengan Foster setelah menerima umpan matang dari Aguero. Akan tetapi, penyelesaian Sane buruk dan melenceng.

Dengan keunggulan penguasaan bola hingga 70%, City akhirnya membuka skor pada menit ke-27 melalui gol Gabriel Jesus. Gol ini berawal dari kecerdikan Aguero dalam memberikan umpan dengan tumitnya kepada De Bruyne. De Bruyne kemudian menusuk ke kotak penalti dan melepaskan umpan silang, yang dituntaskan Gabriel Jesus menjadi gol.

Kurang dari dua menit setelah gol Gabriel Jesus, City menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. De Bruyne yang melihat bola muntah di depan kotak penalti menyambarnya dengan tembakan keras yang merobek gawang West Brom.

Pada menit ke-35, De Bruyne menjajal peruntungannya lewat tembakan jarak jauh. Namun, kali ini usahanya dimentahkan Foster. Tak berselang lama, sepakan Aguero juga bisa diantisipasi Foster dengan relatif mudah.

West Brom bukannya tak punya peluang. Tim tamu mengancam gawang City di injury time babak pertama, tapi tembakan Salomon Rondon mengarah tepat ke pelukan kiper Willy Caballero.

Hingga turun minum, skor tak berubah. City masih unggul 2-0.

City menambah keunggulannya menjadi 3-0 saat laga memasuki menit ke-57. Yaya Toure langsung berhadapan dengan Foster setelah melakukan umpan satu-dua dengan Aguero. Toure tak menyia-nyiakan kesempatan dan dengan dingin menceploskan bola ke dalam gawang.

Gabriel Jesus berkesempatan mencetak gol keduanya pada menit ke-68. Dia meliuk-liuk melewati barisan pertahanan West Brom sebelum melepaskan tembakan. Namun, usahanya ditepis oleh Foster.

Penyerang asal Brasil itu punya kesempatan lagi melalui sebuah serangan balik pada menit ke-84. Namun, dua kali tembakannya digagalkan oleh Foster.

Berselang tiga menit, kelengahan City dimanfaatkan oleh West Brom untuk menipiskan kekalahan. Robson-Kanu menyontek umpan silang dari Allan Nyom untuk mengubah skor jadi 1-3.

Susunan Pemain
Manchester City: Caballero; Fernandinho, Kompany (Stones 77'), Otamendi, Kolarov; Toure (Fernando 81'), De Bruyne, Silva (Zabaleta 61'); Sane, Aguero, Gabriel Jesus

West Bromwich Albion: Foster; Nyom, Dawson, Evans, Wilson (McClean 52'); Livermore (Morrison 65'), Yacob, Fletcher, Brunt, Chadli; Rondon (Robson-Kanu 71')



(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed