Villa Bukan Sekadar Kebetulan

- Sepakbola
Rabu, 24 Des 2008 12:49 WIB
Birmingham - Mungkin tak banyak yang memprediksi Aston Villa bakal bisa masuk posisi empat besar Premier League. Namun, The Villans siap membuktikan, hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan.

Sejak awal Premier League musim ini bergulir, prediksi orang-orang barangkali tak jauh dari Manchester United, Chelsea, Arsenal, ataupun Liverpool. Keempatnya memang sudah terbiasa menguasai posisi tertinggi dari gelaran kompetisi sepakbola tertinggi di tanah Inggris itu.

Namun, Villa ternyata mampu menyeruak, setidaknya hingga menjelang akhir tahun 2008 ini. Pasukan Martin O'Neill ini mampu menunjukkan performa yang relatif konsisten sehingga bisa masuk ke papan atas.

Ada beberapa faktor yang membuat Villa bisa tampil stabil. Yang pertama tentu adalah Martin O'Neill. Arsitek tim asal Irlandia Utara ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu peracik taktik jempolan di Premier League.

Lalu, yang berikutnya adalah gemilangnya penampilan Gabriel Agbonlahor dan Ashley Young. Dua pemain muda ini disebut-sebut sebagai penggerak utama permainan Villa. "Saya menghargai bahwa pencapaian Aston Villa adalah berkat kerja sama tim. Namun, tak pelak lagi Gabby (Agbonlahor) dan Ashley (Young) memiliki peran cukup besar," ungkap mantan pemain Villa, Paul Merson, pada situs klub.

Meskipun demikian, tak sedikit yang beranggapan bahwa Villa tak akan lama berada di urutan atas klasemen. Pada akhirnya banyak yang meprediksi bahwa The Big Four akan tetap menjadi empat penghuni teratas di akhir musim.

Gareth Barry tak setuju dengan pendapat tersebut. Gelandang senior di skuad Villa ini mengungkapkan, kepercayaan diri dalam tim kini tengah tinggi-tingginya. Apalagi ada fakta bahwa mereka kini tengah berada di atas MU dan Arsenal pada urutan klasemen.

"Ada sebuah pemacu kepercayaan diri melihat kami berada di atas Manchester United. Kami memang memiliki dua pertandingan lebih banyak dari mereka, tetapi sangat bagus melihat kami berada di atas mereka. Kami sudah setengah jalan sekarang, dan saya pikir itu adalah tanda-tanda yang bagus," ujarnya di situs resmi Premier League.

"Ada kritik yang mengatakan bahwa kami tak pantas berada di sini. Tetapi, jika kami bisa bertahan di sini hingga bulan April, maka orang-orang tentu akan berubah pikiran," lanjutnya.

Pada Boxing Day nanti, Jumat (26/12/2008), Villa akan berhadapan dengan Arsenal di Stadion Villa Park. Laga ini akan menjadi ujian tersendiri bagi mereka, jika ingin membuktikan bahwa kegemilangan mereka bukanlah sebuah kebetulan.

Villa akan tampil tanpa kapten sekaligus bek andalan mereka, Martin Laursen. Namun, Barry yakin posisi Arsenal yang berada di bawah mereka akan menimbulkan tekanan tersendiri untuk The Gunners.    

"Akan ada tekanan tersendiri untuk tim di bawah Anda ketika Anda terus menang. Kami telah memenagi dua pertandingan tandang berturut-turut dan kini kami memiliki laga besar di Boxing Day (melawan Arsenal), yang kami harapkan bisa memacu kami di tahun baru," tukas Barry.


(roz/a2s)