DetikSepakbola
Minggu 19 April 2009, 01:41 WIB

Piala FA

Dominan, The Blues Singkirkan The Gunners

- detikSport
Dominan, The Blues Singkirkan The Gunners
London - May the best team win<\/em>. Jika merujuk pada statistik permainan, Chelsea layak tampil sebagai pemenang dalam duel serunya melawan Arsenal di babak semifinal Piala FA, Sabtu (18\/4\/2009).

Situs Soccernet mencatat, penguasaan bola dimenangi The Blues<\/em> dengan 54% berbanding 46%. Dari segi penyerangan, tim asuhan Guus Hiddink juga lebih dominan. Mereka melakukan 13 tembakan dengan enam berpeluang menjadi gol, sedangkan angka shot on goal Arsenal \\\"hanya\\\" 4 (2).

Pada laga berkesudahan 2-1 itu Florent Malouda dan Didier Drogba menjadi penyumbang gol untuk Chelsea, sedangkan Theo Walcott pembuat gol tunggal The Gunners<\/em>. Hasil ini mengantarkan Chelsea ke \\\"Si Biru\\\" ke final untuk berjumpa Manchester United atau Everton, yang bertanding Minggu malam.

Kans pertama diciptakan Chelsea di menit ketiga. Kiper Fabianski melakukan blunder yang nyaris berakibat fatal. Ia terlalu cepat keluar dari gawangnya untuk ikut membantu Mikael Silvestre saat berduel di udara dengan Drogba.

Drogba memenangi duel itu dan bola bergulir menuju gawang yang kosong. Namun Arsenal selamat dari kebobolan berkat aksi heroik Kieran Gibbs, yang berhasil menghalau bola dari garis gawang!

Di menit 15 Drogba kembali memimpin serangan Chelsea. Penetrasinya sampai belakang kotak penalti Arsenal tidak berakhir dengan sempurna. Ia terlalu dalam menyerang dan crossing-nya bisa diamankan Fabianski.

Selang tiga menit, Arsenal melakukan serangan, yang dimulai oleh Emanuel Adebayor di sisi kanan pertahanan Chelsea. Ia  memperdaya Branislav Ivanovic untuk kemudian mengirim umpan pendek kepada Denilson Gibbs yang sudah berada di kotak 16 meter.

Denilsn lalu melambungkan bola ke tengah kotak, dan Walcott menyambarnya dengan tendangan voli kaki kiri. Bola sepakannya sedikit mengenai paha Ashley Cole dan perubahan arah bola membuat kiper Petr Cech juga terperdaya, walaupun sempat menjangkau bola. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Chelsea mencoba menaikkan tempo permainannya. Di menit 22, dari sudut sempit Malouda melepaskan tembakan keras yang luput ditangkap Fabianski, tapi bola bergulir tipis di samping kiri tiang gawang.

Selanjutnya, Frank Lampard menjajal kemampuannya dalam melakukan tendangan jauh, juga Drogba. Hasilnya, percobaan Lampard dihentikan Fabianski, upaya Drogba tidak menemui bidang sasaran.

Di menit 33 suporter Arsenal bungkam menyaksikan jala timnya bergetar. Malouda lolos dari perangkap offside untuk menyambut umpan Lampard dari garis tengah. Ia lalu menggocek Emmanuel Eboue, dan tembakan kaki kanannya ke sudut sempit berhasil menaklukkan Fabianski.

Tiga menit kemudian Nicolas Anelka hampir membawa Chelsea unggul, ketika tendangannya membentur tiang gawang. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pertandingan babak kedua berjalan semakin seru. Di menit 53 Chelsea menciptakan serangan yang keren. Lampard mencuri bola dari Denilson dan Drogba mendorong bola buat Anelka. Sontekannya diteruskan Lampard, tapi bek-bek Arsenal berhasil menghadangnya sebelum menuju Fabianski.

Tak lama berselang, giliran Arsenal menghasilkan peluang cantik. Abou Diaby bekerja keras untuk menguasai bola sebelum dioper ke Emmanuel Adebayor, yang lalu meneruskannya kepada Walcott. Dari sisi kiri pertahanan lawan, ia melepaskan crossing, <\/em>tapi tak ada yang  menyambut.

Arsenal menyerbu lagi di menit 65. Dari umpan silang Walcott, diving header<\/em> Diaby luput, tapi masih ada Robin van Persie. Namun, tembakan striker Belanda itu melambung.

Berikutnya, Drogba memotong crossing<\/em> Lampard, tapi sepakannya melenceng. Di  menit 68, Silvestre menyentuh bola dengan tangan saat berjibaku melawan Drogba. Asisten wasit yang dekat dengan kejadian tidak mengangkat bendera. Sebelumnya, wasit juga tidak memberi hadiah penalti buat Arsenal ketika Cesc Fabregas didorong Malouda di kotak penalti.

Saat babak kedua tersisa enam menit, terjadi counter attack <\/em>dari kubu Chelsea. Lampard mengirim bola jauh dari wilayah permainan timnya. Bola diburu Drogba dan ia berhasil mengalahkan Silvestre. Fabianski keluar dari gawangnya, dan Drogba dengan mudah menggocek kiper asal Polandia itu. Alhasil, tanpa kesulitan ia menceploskan bola ka gawang Arsenal. Chelsea berbalik memimpin, 2-1.

Di masa-masa krusial, Arsenal memiliki peluang melalui tendangan Andrei Arshavin. Alex menjadi pahlawan Chelsea setelah bek Brasil itu memblok tembakan tersebut. Dari korner, terjadi kemelut dua kali, tapi tidak sampai menghasilkan gol. Chelsea pun menyudahi pertandingan sebagai pemenang.

Susunan pemain:<\/strong>

Arsenal : Lukasz Fabianski, Emmanuel Eboue, Kolo Toure, Mikael Silvestre, Kieran Gibbs, Cesc Fabregas, Abou Diaby, Denilson (Samir Nasri 86), Theo Walcott, Robin Van Persie (Andrei Arshavin 75), Emmanuel Adebayor (Nicklas Bendtner 83)
 
Chelsea: Petr Cech, Branislav Ivanovic, Alex, John Terry, Ashley Cole, Michael Ballack, Frank Lampard, Michael Essien, Florent Malouda, Nicolas Anelka (Salomon Kalou 82),Didier Drogba


(a2s/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed