sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 26 Sep 2009 12:15 WIB

Van Persie Tak Diving, Cuma Mudah Jatuh

- detikSport
London - Robin van Persie tak setuju dengan aksi diving. Tapi penyerang Arsenal itu juga tak keberatan langsung menjatuhkan badan saat mendapat sentuhan dari pemain lawan, meski sentuhan itu hanya sedikit saja. 

Perkara tipu-tipu menjatuhkan diri demi mendapatkan keuntungan alias diving sedang menghangat. Eduardo, rekan satu tim Van Persie, bahkan sempat dituding melakukannya saat bersua Celtic di kualifikasi Liga Champions kendati hukuman lantas dibatalkan.

Untuk Van Persie sendiri, diving adalah hal yang haram. Namun, saat The Times menanyakan apakah suka melebih-lebihkan ketika jatuh di atas lapangan, dia menukas lugas, "Ya, aku suka melakukannya."

Dikutip dari Soccernet, penyerang asal Belanda itu menilai kalau apa yang dia lakukan itu sah-sah saja karena tujuannya adalah menunjukkan kepada wasit bahwa memang ada dorongan atau sentuhan dari lawan, yang pada akhirnya bikin dia terganggu mencetak gol.

"Itu bukanlah diving. Itu hanya memperlihatkan.. 'Ayolah, dia baru saja mendorongku sehingga aku jadi tak bisa bikin gol.' Bukanlah tujuanku untuk melakukan diving. Aku tak setuju dengan para pelaku diving karena itu tidak jujur," tegas Van Persie.

Boleh jadi pernyataannya itu semata hanya akan disebut sebagai alibi dari seorang pelaku diving, atau upaya pembelaan diri belaka. Tapi Van Persie menegaskan bahwa situasinya tidak sesederhana itu.

Sebagai contoh dia mengemukakan sebuah insiden ketika Arsenal bersua Manchester United akhir Agustus lalu, saat timnya kalah 1-2. Pada suatu ketika di dalam laga, Van Persie dijatuhkan Patrice Evra.

"Evra sedikit mendorongku --benar-benar sedikit saja-- tapi itu bikin lajuku jad kurang seimbang. Aku terjatuh dan penonton di stadion mulai mengejekku. Aku berpikir, 'Ayolah, kalian tak lihat dia sudah mendorongku?'."

"Beberapa orang tak melihat dorongan-dorongan kecil ini padahal jika dapat melihat seluruh situasinya, gambaran berbeda akan terlihat. Aku sendiri tak pernah berniat diving. Tapi terkadang Anda kehilangan keseimbangan, jadi terlihat sedikit lucu," tandas dia.


(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED