Perdebatan Soal Gol Nani

- Sepakbola
Minggu, 31 Okt 2010 03:17 WIB
Manchester - Sebuah gol dari Nani dalam kemenangan 2-0 Manchester United atas Tottenham Hotpsur menuai polemik. Kubu Spurs menggugat, sedangkan kubu MU jelas membela dan menilai kesalahan ada di pihak kiper lawan.

Satu gol dari Nemanja Vidic dan Nani membuat MU meraup poin penuh dalam pertandingan di Old Trafford, Minggu (31/10/2010) dinihari WIB. Tak ada pertanyaan mengenai gol Vidic, tapi pro-kontra lahir terkait gol Nani pada menit 84.

Saat itu Nani mencetak golnya setelah kiper Heurelho Gomes, kiper Spurs melemparkan bola ke atas lapangan karena mengira mendapat tendangan bebas akibat handball dari Nani.

Wasit Mark Clattenburg sempat berkonsultasi dengan hakim garis yang terlihat mengangkat bendera usai Nani mengirim bola ke gawang kosong. Namun, Clattenburg pada akhirnya tetap mengesahkan gol tersebut, disambut protes keras dari para pemain Spurs yang masih tak terima bahkan sampai peluit akhir dibunyikan.

"Itu adalah handball, ia (Nani) sudah meletakkan tangannya di bola dan menyeretnya. Ia harusnya malah dapat kartu," tegas Manajer Spurs Harry Redknapp di Yahoosports.

"Bagaimana bisa (wasit) mengesahkan gol itu kalau Nani sudah menyentuhkan tangan ke bola dan itu adalah sebuah tendangan bebas. Gomes melemparkan bola ke atas lapangan untuk mengambil tendangan bebas. Itu jelas. Untuk apa ia berdiri di sana dan meninggalkan bola begitu saja usai melihat Nani menyentuhnya dengan tangan?" papar Redknapp.

Usai pertandingan, Manajer MU Sir Alex Ferguson tampak menyalami Redknapp seraya angkat bahu menandakan bahwa ia pun tak tahu benar dengan peristiwa yang sudah terjadi. Namun, Fergie bukannya tak punya pandangan sendiri mengenai gol itu.

"Itu memang aneh. Saat itu tak ada yang tahu apa yang salah. Satu ketika si kiper memegang bola di tangannya lalu tiba-tiba bolanya bersarang dalam gawang," terang Fergie.

"Nani sudah menoleh ke belakang dan melihat ke arah wasit, dan wasit bilang main terus, jadi apalagi yang bisa ia lakukan selain mengirim bola ke dalam gawang?" lanjutnya setengah bertanya.

Dengan demikian, Fergie pun menyebut bahwa satu-satunya pihak yang patut dipersalahkan dalam hal ini adalah Gomes sendiri yang berasumsi kalau Spurs mendapat tendangan bebas, yang mana menurut wasit Clattenburg tidak demikian.

"Anda bisa lihat wasitnya dan lihat hakim garis, dan menyalahkan mereka, tapi si kiper harusnya bisa lebih paham. Ia kan adalah penjaga gawang berpengalaman. Saya pikir ia sudah menyebabkan kekacauan itu," lugas Fergie.

(krs/rin)