sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 02 Jan 2011 02:24 WIB

Arsenal Bekap Birmingham

- detikSport
Jakarta - Arsenal berhasil membawa pulang tiga poin dari lawatannya ke markas Birmingham. Anak buah Arsene Wenger meraih kemenangan mantap 3-0.

Laga Arsenal kontra Birmingham digelar di St.Andrews, Minggu (2/1/2011) dinihari WIB. Tim tamu membuka skor melalui Robin van Persie di menit ke-12. Di babak kedua tim London Utara menambah dua gol lagi, masing-masing melalui Samir Nasri dan gol bunuh diri Roger Johnson.

Tambahan tiga poin tidak mengubah posisi Arsenal, tetap di urutan ketiga klasemen sementara dengan poin 39. Tim 'Gudang Peluru' tertinggal dua angka dari Manchester United dan Manchester City yang ada di posisi 1-2. Sementara itu Birmingham tak beranjak dari zona merah dengan koleksi nilai 19.

Jalannya Pertandingan

Peluang matang pertama di pertandingan ini hadir di menit kesepuluh. Kans menjadi milik Arsenal. Tendangan bebas Robin van Persie masih bisa ditangkap kiper Ben Foster.

Arsenal membuka skor di menit ke-12 melalui tendangan bebas Robin van Persie. Free kick pemain asal Belanda itu sempat membentur pagar betis Birmingham dan bola menjebol gawang Foster.

Aksi Lukasz Fabianski menit ke-17 menggagalkan peluang Birmingham yang hadir lewat tendangan bebas Sebastian Larsson.

Memasuki menit ke-33, sebuah serangan Birmingham sempat menimbulkan scrimmage di kotak penalti Arsenal. Bola terlihat sempat mengenai tangan Robin van Persie. Manajer Birmingham Alex McLeish tampak memprotes meminta penalti, namun wasit tidak menggubrisnya.

Van Persie kembali memiliki kans untuk menambah pundi gol-nya di menit ke-35. Menuntaskan kerjasama Fabregas dan Samir Nasri, Van Persie melepaskan tembakan yang masih bisa dihentikan Ben Foster.

Semenit berselang, giliran Birmingham yang mengancam. Tandukan Cameron Jerome disambut tendangan Roger Johnson. Namun usaha pemain bernomor 5 itu masih melambung.

Tujuh menit babak kedua berjalan, Arsenal menghadirkan ancaman. Umpan Theo Walcott dari sisi kanan diterima Samir Nasri. Pemain Prancis itu menyodorkan bola kepada Jack Wilshere. Nama terakhir melepas eksekusi yang masih melambung.

Gol! Arsenal menambah keunggulan di menit ke-58 lewat gol Samir Nasri. Setelah bertukar umpan dengan Fabregas, Nasri menggiring bola ke arah kotak penalti.

Meski dibayangi Roger Johnson, pemain Prancis itu sukses melepas tembakan yang bersarang di gawang Ben Foster. Ini merupakan gol ke-13 yang dibukukan Nasri di musim ini.

Skor berubah menjadi 3-0 di menit ke-65. Kali ini gol tambahan bagi Arsenal lahir lewat gol bunuh diri Roger Johnson. Bola tendangan Fabregas sempat ditepis Ben Foster. Bola pantul coba dihalau Scott Dann malah mengenai Johnson dan masuk ke gawang sendiri.

Arshavin! Sepuluh menit menuju bubaran, sepakan pemain Rusia ini masih bisa ditepis oleh Ben Foster.

Peluang matang terakhir dalam laga ini hadir di masa injury time. Tandukan striker tuan rumah Nicola Zigic masih membentur mistar gawang Arsenal.

Susunan Pemain

Birmingham: Foster; Dann, Johnson, Ridgewell, Carr, Bowyer (Zigic 69'), Gardner, Ferguson, Beausejour (Hleb 59'), Larsson, Jerome (Phillips 80')

Arsenal: Fabianski; Koscielny, Djourou, Clichy, Sagna, Wilshere (Denilson 79), Song, Nasri, Fabregas, Walcott (Arshavin 79), Van Persie (nar/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com