sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Mar 2011 01:04 WIB

Sir Alex Dinilai Mengancam Integritas Sepakbola

- detikSport
London - Asosias sepakbola Inggris (FA) menyesalkan sikap manajer Manchester United Sir Alex Ferguson yang sering berkomentar keras soal wasit. FA menilai bahwa tindakan Sir Alex bisa mengancam integritas sepakbola.

Kecaman teraktual yang dilontarkan oleh Ferguson adalah kepada wasit Martin Atkinson, yang memimpin laga antara "Setan Merah" kontra Chelsea. Akibat tindakannya, manajer asal Skotlandia itu dikenai sanksi dilarang mendampingi tim sebanyak lima pertandingan dan denda 30 ribu poundsterling.

Komisi independen regulator FA dalam laporan tertulis yang dirilis hari Rabu (23/3/2011) menilai tindakan Ferguson berpotensi mengancam integritas dari sepakbola.

"Apa pun anggapan yang diambil oleh seseorang terkait kinerja Mr Atkinson, atau juga wasit-wasit yang lain, menghormati integritas wasit adalah hal yang penting dan itu juga demi integritas dari permainan ini," tulis FA dalam laporan tertulis itu, seperti dilansir dari USA Today.

Dalam laporan tersebut juga dijelaskan bahwa sikap Sir Alex yang tak mau minta maaf kepada Atkinson merupakan faktor yang sangat memberatkan hukuman bagi manajer MU sejak 1986 itu.

"Meski pun dia (Ferguson) membantah segala tindakannya yang mempertanyakan integritas Mr. Atkinson, Ferguson seharusnya paling tidak menyadari apa yang dia katakan. Sebenarnya pengakuan bisa membuat sanksi yang didapat oleh Sir Alex berkurang. Namun karena tidak dilakukan, maka kesempatan untuk itu pun hilang."

"Sebagai tambahan, menyusul penolakan dia dari tuduhan tersebut juga tidak ada klarifikasi atau pencabutan dari apa pun pernyataan yang telah dibuat oleh Sir Alex dan tidak ada permintaan maaf yang diajukan kepada Mr.Atkinson, bahkan setelah sanksi dijatuhkan."

Ferguson sendiri memutuskan untuk tidak mengajukan banding atas hukuman ini.


(nar/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED