MU Gasak Spurs 3-0

- Sepakbola
Selasa, 23 Agu 2011 03:50 WIB
Manchester - Manchester United meraup poin maksimal di laga kandang pertamanya musim ini. Menjamu Tottenham Hotspur, MU menang telak 3-0.

Di Old Trafford, Selasa (23/8/2011) dinihari WIB, 'Setan Merah' mencetak seluruh golnya di paruh kedua laga. Danny Welbeck membuka kemenangan lewat golnya pada menit 61.

Anderson membuat MU unggul 2-0 pada menit 76, sebelum akhirnya Wayne Rooney menutup pesta kemenangan timnya lewat gol pada menit 87.

Dengan hasil ini MU memetik poin sempurna, enam, dari dua pertandingan Liga Primer-nya musim ini. Bersama Manchester City dan Wolverhampton Wanderers yang meraih poin setara, Rooney cs pun berada di tiga tangga teratas klasemen sementara.

Jalannya Pertandingan

MU mengambil alih kendali serangan di awal-awal pertandingan. Tandukan Rooney pada menit tiga, misalnya, kendati bola masih bisa diamankan Friedel dengan mudah.

Peluang emas pada menit delapan diperoleh Cleverley. Menguasai bola dan memiliki ruang tembak, ia menyepak bola meski Friedel masih dapat meregangkan tubuh untuk menepisnya keluar.

Spurs mendapat sepak pojok di menit ke-14 dan Michael Dawson berhasil menyambut bola. Tetapi tandukannya hanya berakhir di atas gawang MU.

Gareth Bale menekan dari sisi kiri. Ia lantas mengirim tendangan menyusur tanah ke arah gawang MU, disusul dengan David De Gea sukses menangkapnya.

Saling serang terjadi pada menit 25. Phil Jones melepaskan tembakan menyusul sepak pojok, dengan bola malah mengenai Wellbeck yang tidak bisa melanjutkan. Setelah itu Spurs menyerang balik dengan Van der Vaart melepaskan tendangan lambung yang tak menyulitkan De Gea.

Kerjasama tim dari MU nyaris membuahkan hasil. Menerima bola di kotak penalti, Wellbeck mengembalikannya ke Rooney yang berada di tepi kotak penalti. Rooney kemudian mengirim umpan lambung yang disambut Young dengan tandukan. Bola mengarah ke gawang, tapi sedikit melebar.

De Gea dipaksa bereaksi lagi pada menit 43. Van der Vaart menguasai bola di tepi kotak penalti dan berhasil melepaskan tembakan yang mengarah cukup keras ke gawang MU sebelum dijinakkan De Gea.

Tiga menit memasuki babak kedua, MU langsung mengancam. Usai mencari celah di pertahanan Spurs, bola kemudian dikuasai Young yang bisa melepaskan tendangan ke arah gawang, hanya untuk melihatnya diselamatkan Friedel.

Spurs membalas semenit kemudian. Dimulai dari tendangan bebas, Defoe lantas mendapat ruang untuk melakukan tendangan jarak jauh kendati De Gea sigap menangkap. Serangan balik Spurs sejenak kemudian juga masih belum tepat sasaran.

Friedel unjuk gigi dua kali di menit ke-53. Pertama dari tendangan keras Anderson yang dihalaunya, kemudian dari sepakan rebound Rooney yang kali ini ditangkapnya.

Lima menit kemudian, Wellbeck yang sedang membelakangi gawang menanduk bola ke kanan pertahanan Spurs. Tanpa mengontrol, Young menyepak bola keras-keras meski arahnya belum jitu.

MU unggul pada menit 61. Dari umpan silang Cleverley ke muka gawang, Welbeck sukses menyambut dengan tandukan.

Empat menit kemudian, Friedel dipaksa melakukan penyelamatan apik lagi. Kali ini dari tendangan bebas yang mengarah ke sudut gawangnya.

Tendangan salto dilepaskan Welbeck pada menit 67 tapi arahnya masih tepat ke Friedel. Semenit berselang, Friedel kembali diuji sepakan Young yang mengarah ke pojok bawah gawangnya. Setelah itu, gantian Welbeck yang coba memanfaatkan rebound.

Terlepas dari gol Welbeck, Friedel untuk sementara ini bermain luar biasa di bawah mistar gawang Spurs.

MU menggandakan keunggulan pada menit 76. Dari serangan balik yang lahir dari kerjasama tim, bola dioper ke depan dengan Welbeck masuk ke kotak penalti dan dijatuhkan lawan. Tapi bola bergulir ke belakangnya dengan Anderson langsung menyambutnya dengan sepakan.

Defoe nyaris saja menipiskan ketinggalan Spurs pada menit 78. Tapi sepakannya hanya menghantam tiang gawang MU.

MU memimpin 3-0 pada menit 87. Giggs melayangkan umpan silang matang ke muka gawang dan ditanduk dengan jitu oleh Rooney.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea; Smalling, Jones, Evans, Evra; Nani, Anderson, Cleverley (Giggs '81), Young (Park '81); Welbeck (Hernandez '81), Rooney.

Tottenham: Friedel; Walker (Corluka '45), Dawson, Kaboul, Assou-Ekotto; Lennon, Kranjcar (Pavlyuchenko '74), Livermore (Huddlestone '74), Bale; Van der Vaart; Defoe.



(krs/din)