Gol Suarez Selamatkan Liverpool dari Kekalahan

- Sepakbola
Sabtu, 07 Apr 2012 22:59 WIB
Getty Images/Alex Livesey
Liverpool - Di kandang sendiri, Liverpool ditahan 1-1 oleh Aston Villa. 'Si Merah' sempat tertinggal cukup lama sebelum Luis Suarez berhasil menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Di Anfield, Sabtu (7/4/2012) malam WIB, Liverpool tertinggal lebih dulu oleh gol Chris Herd pada menit 10. The Reds kemudian baru bisa membuat skor imbang lagi delapan menit sebelum bubaran lewat Luis Suarez.

Itu merupakan hasil imbang ke-9 Liverpool di Anfield dalam ajang Liga Primer Inggris musim ini, sebuah hasil imbang terbanyak dari laga kandang tim-tim lain.

Meski begitu, satu angka ini setidaknya sudah membuat Liverpool mengakhiri rentetan tiga pertandingan selalu kalah, setelah sebelumnya dibekuk QPR, Wigan, dan Newcastle United.

Tambahan satu angka membuat Liverpool bergeming di posisi delapan dengan 43 poin. Villa sementara itu masih berkutat di posisi 15 dengan 34 poin, berjarak enam poin dari zona maut.

Jalannya Pertandingan

Serangan dari Liverpool pada menit tujuh masih bisa dipatahkan Shay Given dan barisan belakang Villa, untuk menghasilkan tendangan penjuru saja. Serangan diawali dari umpan silang Stewart Downing yang coba diteruskan Dirk Kuyt.

Gawang Liverpool jebol pada menit 10. Diawali dari kemelut yang lahir di depan gawang usai Doni menepis bola, si kulit bundar kemudian dioper balik ke Chris Herd. Ia lantas menyepak bola dan menjebol gawang Doni.

Emile Heskey menggiring bola dan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Liverpool pada menit 21. Bola masih bisa diblok pemain Liverpool. Dari sepak pojok, James Collins berhasil menanduk bola meski arahnya belum tepat sasaran.

Doni dengan sigap berhasil menutup ruang dan mengamnkan bola ketika Gabriel Agbonlahor lolos dari jebakan offside dan sedang menuju gawangnya.

Steven Gerrard melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Villa pada menit 32. Tetapi selain arahnya yang masih tidak tepat, laju bola pun tidak kencang.

Peluang lain dari Liverpool pada menit 36. Dari sepak pojok, bola dilayangkan Gerrard ke muka gawang untuk diteruskan dengan sundulan oleh Martin Skrtel. Bola masih menyisir di sisi gawang.

Liverpool mengoper-operkan bola dan mencari celah dalam pertahanan Villa pada menit 38. Bola kemudian dikuasai Jordan Henderson yang meneruskan dengan sepakan meski masih jauh dari sasaran.

Luis Suarez berhasil berpenetrasi ke kotak penalti Villa dan kemudian terjatuh. Kubu Liverpool mengklaim penalti, sementara kubu Villa menilai Suarez diving. Wasit sendiri memutuskan untuk memberikan tendangan gawang buat Villa.

Liverpool memiliki peluang emas pada menit 43. Suarez mengirim bola ke tiang jauh, dengan Gerrard lantas menyepaknya ke muka gawang. Kuyt yang tak terkawal kemudian coba menyontek bola meski laju si kulit bundar masih melambung. Semenit kemudian, tendangan Suarez masih tepat ke arah Given.

Peluang emas lain untuk Liverpool pada menit 54. Di depan gawang Suarez berhasil menyambut umpan silang Gerrard dengan tandukan. Bola melaju, membentur tiang, meski masih menuju ke dalam gawang. Given dengan refleks menepisnya menjauhi gawang.

Craig Bellamy yang baru masuk menggantikan Jonjo Shelvey langsung melepaskan tembakan keras pada menit 66 meski arah bola masih melebar dari gawang.

Andy Carroll gagal memaksimalkan peluang pada menit 74. Diawali dari sepak pojok, bola mengarah ke depan gawang dengan Carroll yang ditempat dua pemain lawan gagal menanduk. Bola memantul ke tanah dan Carroll coba menyepaknya, tapi luput.

Di sisi kanan gawang pada menit 79, Bellamy mendapatkan bola dan meneruskan dengan sepakan keras. Bola melaju deras, meski kemudian masih melambung dari sasaran setelah sebelumnya mengenai mistar.

Liverpool akhirnya menyamakan skor pada menit 82. Diawali dari umpan silang Gerrard ke tiang jauh, Daniel Agger meneruskan dengan tandukan. Bola membentur tiang tapi Suarez yang ada di depan gawang dengan sigap melakukan rebound dengan langsung menanduk bola untuk bikin gol.

Carroll berhasil meneruskan umpan silang dari kiri dengan sundulan pada menit 88. Tapi ia mengirim bola tepat ke arah Given yang langsung memeluk si kulit bundar.

Gawang Villa kemudian beberapa kali ditekan para punggawa Liverpool pada menit injury time, memaksa Given melakukan sebuah penyelamatan krusial dari usaha Gerrard. Kemudian barisan belakang Villa mesti menyapu bola demi mencegah para pemain Liverpool lain memanfaatkan bola liar.


Susunan Pemain

Liverpool: Doni, Flanagan, Carragher, Skrtel, Enrique (Agger 76'), Shelvey (Bellamy 65'), Henderson, Kuyt, Gerrard, Downing (Carroll 65'), Suarez.

Aston Villa: Given, Hutton, Collins, Baker, Lichaj, Herd (Weimann 72'), Bannan (Carruthers 86'), Ireland, Warnock, Agbonlahor, Heskey (Gardner 58').




(krs/rin)