sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 18 Agu 2012 22:59 WIB

WBA Bungkam 10 Pemain Liverpool 3-0

- detikSport
Getty Images/Michael Regan
West Bromwich - Liverpool mengawali musim 2012/2013 dengan hasil mengecewakan. Melawan West Bromwich Albion, The Reds yang minus satu pemain kalah tiga gol tanpa balas di akhir laga.

Dalam laga yang dihelat di The Hawthorne, Sabtu (18/8) malam WIB, Zoltan Gera membawa WBA unggul di babak pertama. Kemudian di babak kedua tuan rumah menambah gol lewat penalti Peter Odemwingie dan Romelu Lukaku.

Liverpool sendiri harus kehilangan Daniel Agger di pertengahan laga akibat menerima kartu merah. Kekalahan ini tentunya bukan debut yang bagus bagi Brendan Rodgers di Liga Inggris bersama tim barunya.

Sementara itu Steve Clarke yang musim ini baru menjabat manajer WBA sukses memberikan kesan pertama yang manis bagi fans The Baggies.

Jalannya pertandingan

Luis Suarez menciptakan peluang pertama berbahaya untuk Liverpool di menit ke-9. Usai mengecoh Gareth McAuley, Suarez kemudian melepaskan sepakan ke arah gawang yang masih bisa ditepis Ben Foster.

Di menit ke-13 Steven Gerrard coba memberi ancaman bagi gawang Foster, tapi bola hasil sepakannya dengan cepat dihalau McAuley.

Pada menit 16 Suarez kembali meliuk-liuk menerobos pertahanan WBA namun sayang sepakannya masih terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan Foster.

Suarez! Penyerang asal Uruguay ini kembali membuang peluang di menit 29. Crossing Glen Johnson dari sayap kiri menemui Suarez di depan gawang, tapi sayang tandukannya malah mengarahkan bola ke atas mistar.

Lebih banyak diserang justru WBA mampu unggul lebih dulu di menit 42 dan itu adalah shot on goal pertama mereka di laga ini. Pencetak golnya adalah Gera yang melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau Pepe Reina.

Tiga menit setelah turun minum Liverpool coba mencari gol penyama kedudukan namun tembakan bebas Suarez dari dekat kotak penalti masih melebar dari sasaran.

WBA mendapat hadiah penalti di menit 59 menyusul dijatuhkannya Shane Long oleh Daniel Agger saat punya peluang bersih mencetak gol. Agger dikartu merah tapi Long gagal mengeksusinya setelah bola berhasil dihadang Reina.

Tuan rumah kembali mendapat hadiah penalti di menit 64 ketika Long kembali terjatuh di kotak penalti dan kali ini Martin Skrtel yang melakukannya. Odemwingie kali ini yang jadi eksekutor dan sukses membawa WBA unggul 2-0.

Di menit 72 Lukaku memberikan umpan kepada James Morisson yang berdiri bebas di depan gawang, tapi sayang bola hasil sepakannya malah melayang di atas mistar.

Lukaku! Pemain pinjaman dari Chelsea ini membuat skor menjadi 3-0 di menit 77 ketika umpan silang Liam Ridgwell dari sisi kiri dengan mudah ditanduk Lukaku ke gawang Reina.

WBA beberapa kali melakukan serangan namun Reina berhasil menghadangnya. Hingga laga berakhir skor 3-0 untuk WBA tetap bertahan.

Susunan pemain

West Brom: Foster, Reid, McAuley, Olsson, Ridgewell, Mulumbu, Yacob, Morrison (Brunt 81'), Gera (Fortune 69'), Long (Lukaku 68'), Odemwingie

Liverpool: Reina, Johnson, Kelly, Agger, Skrtel, Lucas (Joe Cole 69') (Carroll 78'), Allen, Gerrard, Downing (Carragher 60'), Borini, Suarez
(mrp/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com