Gol Tunggal Arteta Menangkan Arsenal

- Sepakbola
Sabtu, 27 Okt 2012 23:04 WIB
Getty Images/Shaun Botterill
London - Arsenal memetik hasil positif di pekan 9 Premier League. The Gunners menang tipis atas Queens Park Rangers yang bermain dengan 10 pemain di menit 80, berkat gol dari Mikel Areteta.

Pada laga yang berlangsung di Emirates Stadium, Sabtu (27/10/2012), Arsenal tampil begitu dominan. Soccernet mencatat mereka melakukan penguasaan bola 66 persen juga 21 tendangan ke gawan sembilan tepat sasaran.

Kendati begitu mereka baru mencetak gol di saat pertandingan menyisakan enam menit waktu normal lewat Mikel Arteta. Sebelumnya QPR harus bermain dengan 10 orang seusai Stephane M'Bia diganjar kartu merah menit 80.

Bukan tanpa sebab Arsenal terlihat kesulitan membobol gawang QPR. Performa gemilang Julio Cesar yang melakukan delapan kali penyelamatan sepanjang pertandingan adalah sebabnya.

Tambahan tiga poin ini membuat Arsenal kini menempati peringkat empat klasemen dengan raihan 15 poin hasil sembilan kali main. Sementara bagi QPR, kekalahan ini membuat mereka mbelum beranjak dari posisi juru kunci dengan kumpulan tiga angka.


Jalannya pertandingan

Arsenal mengancam gawang QPR di menit ke-7. Umpan Santi Cazorla dari tengah mampu disambut oleh Santos yang melakukan overlap di sisi kiri. Bola umpan silang Santos membentur kaki pemain belakang QPR tapi masih bisa ditepis oleh Cesar.

Dua menit berselang giliran Aaron Ramsey yang melakukan percobaan. Bola sundulannya menyambut umpan Sagna dari sayap kanan masih membentur mistar gawang.

Lukas Podolski menjadi pemain Arsenal berikutnya yang melakukan percobaan untuk menjebol gawang QPR. Tendangan kaki kirinya melewati antara kaki bek tim tamu, tapi masih sedikit melebar.

Jack Wilshere melakukan percobaan pertamanya setelah absen lama. Tapi, sepakannya dari luar kotak penalti di penalti di menit 18 masih bisa diblok oleh Cesar.

QPR yang sesekali menyerang mampu menebar ancaman menit 25. Shaun Wright-Phillips melakukan sprint di sisi kanan pertahanan Arsenal lalu melepaskan sepakan. Sial bolanya masih melebar.

Olivier Giroud memaksa Cesar berjibaku di bawah mistar empat menit berselang. Kombinasinya satu-duanya dengan Andre Santos diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditepis oleh kiper asal Brasil itu.

Babak kedua di mulai, Arsenal mendapatkan peluang di menit 50. Bermula dari operan tendangan Arteta di sisi kanan pertahanan QPR, sundulan Mertesacker masih belum bisa menaklukkan Cesar.

QPR sempat bikin gol tiga menit kemudian. Tapi gol David Hoilett yang berawal dari pergerakan Granero itu dianulir karena sudah berdiri di posisi offside.

Pergerakan Santos di sayap kiri Arsenal kembali merepotkan QPR di menit 63. Ia mengirimkan umpan sialng yang berhasil disundul oleh Ramsey tapi bola masih melesat jauh di atas mistar.

Wilshere akhirnya ditarik keluar setelah bermain 66 menit. Ia digantikan oleh Theo Walcott.

Arsenal mengurung pertahanan QPR menit 69. Namun, bola-bola sepakan anak-anak 'Gudang Peluru' masih terhadang oleh barikade lini belakang tim besutan Mark Hughes. Serangan itu berakhir dengan sepakan Arteta dari luar kotak penalti yang jauh di atas mistar.

Cazorla mendapatkan peluang emas sembilan menit kemudian. Bermula dari umpan silang Walcott yang disundul pemain bertahan QPR, mantan pemain Malaga itu mendapatkan bola bebas, tapi sepakannya jauh melesat di atas gawang.

QPR harus bermain dengan 10 orang seusai Stephane M'Bia mendapat kartu merah menit 80. Ia diusir wasait setelah menendang Thomas Vermaelen.

Cesar melakukan penyelamatan gemilang menit 80. Dia menyelamaykan bola buangan Ounuha yang mengarah ke gawang QPR setelah membentur rekannya.

Gol! Arsenal akhirnya bikin gol di menit ke-84 lewat Arteta. Satu kemelut di depan gawang QPR setelah penyelamatan gemilang Cesar dan bola yang memantul gawang, sontekan Arteta akhirnya bisa membuah kan gol bagi tuan rumah.

Cesar melakukan penyelamatan menit ke 87 dan 89. Tendangan Ramsey dan Cazorla yang ia tepis.

QPR hampir saja menyamakan menit 91. Jamie Mackie yang melewati tiga pemain Arsenal tinggal berhadapan dengan Vito Mannone, sial tendangannya masih bisa di blok.

QPR kembali mengancam. kali ini Esteban Granero yang melakukan tendangan yang masih melenceng di masa injury time. Tak lama laga berakhir, Arsenal menang 1-0.

Susunan Pemain

Arsenal XI: Mannone, Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Andre Santos,Wilshere (Walcott 67), Ramsey, Arteta, Cazorla, Podolski (Gervinho 71) (Arshavin 82), Giroud

QPR XI: Julio Cesar, Bosingwa, Nelsen, Diakite, Traore (Ounuha 73), Granero, Wright-Phillips, M'Bia, Hoilett, Taarabt, Zamora (Cisse 73)
(roz/din)