sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 11 Nov 2012 22:27 WIB

Comeback, City Taklukkan Spurs 2-1

- detikSport
Getty Images/Richard Heathcote Getty Images/Richard Heathcote
Manchester - Manchester City berhasil memenangi duel sengit melawan Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Sempat tertinggal lebih dulu, The Citizens akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

City tampil sangat dominan pada laga di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2012) malam WIB. Statistik Soccernet mencatat mereka unggul penguasaan bola hingga 62 persen. Mereka juga menciptakan 14 percobaan mencetak gol dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Spurs membalas dengan tujuh tembakan dan cuma dua yang tepat sasaran.

City lebih dulu tertinggal di babak pertama. Lagi-lagi, mereka kebobolan lewat bola mati. Kali ini, gawang Joe Hart dijebol oleh Steven Caulker.

Memasuki babak kedua, City yang butuh gol tampil sangat ofensif. Usaha mereka untuk menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil setelah laga berlangsung sekitar satu jam lewat Sergio Aguero.

Tak puas dengan hasil seri, City terus menggempur pertahanan Spurs. Mereka akhirnya berbalik unggul 2-1 setelah Edin Dzeko mencetak gol di menit-menit akhir.

Dengan hasil ini, City naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan 25 poin dari 11 pertandingan, terpaut dari dua poin dari Manchester United yang ada di puncak. Spurs di urutan keenam dengan 17 poin.

Jalannya pertandingan

City mendapatkan peluang pertamanya pada menit ke-14 melalui tendangan bebas Aleksandar Kolarov. Namun, eksekusi Kolarov masih terlalu mudah dijinakkan oleh kiper Brad Friedel.

Buruknya City dalam mengantisipasi set piece sukses dimaksimalkan Spurs pada menit ke-21. Berawal dari tendangan bebas Tom Huddlestone, Caulker memenangi duel udara dan menanduk bola ke gawang City. Hart bisa mengantisipasi arah bola, tapi si kulit bundar lepas dan tetap melaju ke dalam gawang.

Beberapa saat setelahnya, tim tuan rumah mengajukan klaim penalti karena menganggap William Gallas melakukan handball. Tapi, wasit tak mengabulkannya.

Spurs nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-25. Emmanuel Adebayor melakukan aksi individu dan mengacak-acak pertahanan City. Dia kemudian memberikan bola kepada Huddlestone, yang langsung melepaskan tembakan keras. Masih melenceng ke samping gawang.

Berselang sepuluh menit, City berpeluang menyamakan skor. Tapi, tembakan Kolarov meneruskan operan Aguero belum mengarah ke sasaran.

Di menit ke-41, gantian Aguero yang tak bisa memanfaatkan peluang. Sepakannya melambung tinggi.

Semenit kemudian, serangan balik City juga tak membuahkan gol. Umpan matang David Silva membuat Carlos Tevez punya ruang tembak terbuka di depan kotak penalti. Tapi, penyelesaian Tevez terlalu lemah dan mudah dihentikan Friedel.

Peluan terakhir di babak pertama jadi milik Pablo Zabaleta. Belum mengubah keadaan karena sontekannya mengarah tepat ke pelukan Friedel.

Usaha City menyamakan skor di menit ke-54 masih gagal. Sundulan Vincent Kompany meneruskan tendangan penjuru Kolarov masih melambung.

Gareth Bale menjajal peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-63. Bola hasil sepakannya menyamping.

City akhirnya bisa menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Aguero yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti dengan dingin mengecoh satu bek lawan sebelum menaklukkan Friedel dengan tendangan kaki kirinya.

Tevez hampir menambah gol City di menit ke-72. Tapi, tembakannya ke tiang jauh melebar.

Pada menit berikutnya, Bale membuat suporter City ketar-ketir lewat tembakannya. Beruntung buat tim tuan rumah, Hart tampil prima dan membendung tendangan Bale.

Dzeko yang masuk sebagai pemain pengganti mendapatkan peluang di menit ke-79. Sial buat dia, sundulannya menyambut sepak pojok Silva melenceng tipis.

Berselang tiga menit, Silva tak mampu mengubah peluang jadi gol. Setelah bekerja sama dengan Aguero, penyelesaiannya masih melebar.

Aguero hampir mencetak gol kedua di menit ke-83. Memanfaatkan umpan tumit Dzeko, dia menembak dari dalam kotak penalti. Tapi, Friedel masih bisa membendung laju bola dengan sangat baik.

City akhirnya benar-benar berbalik unggul di menit ke-87. Mendapat umpan matang dari Silva, dia melepaskan tendangan voli kaki kiri yang tak bisa dihentikan Friedel.

Di sisa waktu, tak ada lagi gol tercipta. City menang 2-1.

Susunan pemain
Manchester City: Hart, Zabaleta, Kompany, Nastasic (Maicon 57'), Clichy, Yaya Toure, Barry, Kolarov, Tevez (Dzeko 73'), Silva, Aguero (Javi Garcia 90+1')

Tottenham Hotspur: Friedel, Walker (Dawson 78'), Gallas, Caulker, Vertonghen, Sandro, Huddlestone, Lennon (Naughton 87'), Dempsey, Bale, Adebayor (Defoe 80')







(mfi/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com