sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 17 Nov 2012 21:39 WIB

Arsenal Hantam 10 Pemain Spurs 5-2

- detikSport
Arsenal FC via Getty Images/Stuart MacFarlane
London - Arsenal memenangi laga derby London Utara melawan Tottenham Hotspur. Sempat tertinggal lebih dulu, The Gunners menang 5-2 usai Spurs bermain dengan 10 orang.

Dalam pertandingan di Emirates Stadium, Sabtu (17/11/2012) malam WIB, Spurs unggul lebih dulu lewat sepakan Emmanuel Adebayor di menit ke-10. Namun dia kemudian diusir dari lapangan di menit ke-17 setelah mendapat kartu merah usai melanggar Santi Cazorla.

Arsenal kemudian memperkecil ketertinggalan di menit ke-25 lewat sundulan Per Mertesacker. Dua gol masing-masing dari Lukas Podolski dan Olivier Giroud membuat Arsenal menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1.

Di babak kedua, Arsenal menambah gol lewat kaki Cazorla sebelum Gareth Bale memperkecil ketertinggalan Spurs. Namun gol Theo Walcott di masa injury time membuat Arsenal menutup laga dengan kemenangan 5-2.

Dengan tambahan tiga angka ini, Arsenal naik ke posisi enam dengan 19 poin. Sementara Spurs turun ke posisi delapan dengan 17 poin.

Jalannya Pertandingan

Spurs sempat menjebol gawang Arsenal di menit ke-9 lewat kaki William Gallas. Tapi Gallas lebih dulu terjebak offside.

Tim tamu benar-benar menjebol gawang tuan rumah semenit kemudian. Berawal dari umpan panjang Jan Vertonghen, Jermain Defoe melepaskan tembakan yang mampu ditepis oleh Szczesny.

Namun bola muntah berhasil dimanfaatkan oleh Adebayor yang ada di depan gawang. Spurs unggul 1-0 atas Arsenal.

Spurs hampir menambah keunggulan di menit ke-13. Tapi sepakan Aaron Lennon masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Szczesny.

Di menit ke-17, Spurs harus bermain dengan 10 pemain. Adebayor doganjar kartu merah setelah melakukan pelanggarang terhadap Santi Cazorla.

Unggul jumlah pemain, Arsenal meningkatkan serangan. Kali ini tuan rumah membangun serangan di menit ke-24 dari sisi kanan lewat Theo Walcott.

Walcott kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Per Mertesacker menyambutnya dengan sundulan dan bola bersarang di pojok kiri atas gawang Hugo Lloris. Arsenal 1 Spurs 1.

Arsenal hampir menambah gol enam menit kemudian. Dari tembakan bebas Jack Wilshere, Olivier Giroud menanduk bola ke arah gawang. Namun Lloris bisa menepis bola dengan baik.

Peluang kembali hadir untuk Arsenal. Tapi tembakan jarak jauh Cazorla melayang tipis di atas mistar gawang Spurs.

Giroud! Sundulannya memanfaatkan umpan Bacary Sagna ditangkap dengan sempurna oleh Lloris.

Arsenal kemudian berbalik unggul di menit ke-41. Tembakan Lukas Podolski dari dalam kotak penalti mengenai William Gallas dan bola meluncur ke pojok kiri gawang Lloris.

Jelang turun minum, tim tuan rumah kembali menambah gol. Kali ini giliran Olivier Giroud yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari Santi Cazorla yang melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Spurs, gelandang Spanyol itu kemudian melepaskan umpan yang diselesaikan dengan baik oleh Giroud.

Memasuki babak kedua, Spurs melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Michael Dawson masuk menggantikan Kyle Walker dan Clint Dempsey menggantikan Kyle Naughton.

Arsenal yang unggul jumlah pemain masih mendominasi jalannya permainan. Serangan tuan rumah kembali membuahkan gol di menit ke-60.

Podoslki yang bergerak dari sisi kiri usai menerima bola dari Walcott kemudian melepaskan umpan ke depan gawang. Cazorla yang cukup bebas kemudian menyambutnya dengan sepakan yang menjebol gawang Lloris.

Walcott nyaris memperlebar keunggulan Arsenal. Lepas dari jebakan offside, Walcott membawa bola hingga kotak penalti Spurs. Tapi Lloris lebih dulu menutup ruang tembak Walcott dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Arsenal.

Spurs kemudian mampu memperkecil ketertinggalan di menit ke-71. Sepakan Gareth Bale dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau oleh Szczesny.

Bale! Sepakannya dari sisi kiri pertahanan Arsenal masih melenceng dari sasaran.

Walcott kembali mendapat peluang bagus. Tapi Lloris lebih dulu sigap mengamankan bola di dalam kotak penalti.

Di masa injury time, Arsenal kembali memperlebar jarak. Kali ini giliran Walcott yang mencatatkan namanya di papan skor.

Umpan Oxlade-Chamberlain diselesaikan dengan baik oleh Walcott. Arsenal kemudian menutup laga dengan kemenangan 5-2.

Susunan Pemain:
Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Vermaelen, Wilshere (Ramsey 71'), Arteta, Cazorla, Walcott, Giroud (Oxlade-Chamberlain 86'), Podolski (Santos 78')

Tottenham: Lloris, Walker (Dawson 46'), Gallas, Vertonghen, Naughton (Dempsey 46'), Lennon, Sandro, Huddlestone (Carroll 71'), Bale, Adebayor, Defoe
(nds/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com