Gol Tunggal Van Persie Antar MU Tekuk Arsenal

- Sepakbola
Senin, 11 Nov 2013 01:14 WIB
REUTERS/Phil Noble
Manchester - Manchester United sukses menumbangkan pemimpin klasemen Arsenal dengan skor tipis 1-0. Gol satu-satunya 'Setan Merah' disumbangkan Robin van Persie.

Pada laga yang dihelat di Old Trafford, Minggu (10/11/2013) malam WIB, gol Van Persie dibuat di menit 27. Arsenal yang mendominasi laga dengan 60 persen penguasaan bola serta jumlah shots lebih banyak 10 berbanding 5, gagal bikin gol.

Kekalahan kedua Arsenal musim ini usai di pekan pertama tumbang dari Aston Villa. Namun hasil ini tak mengubah posisi The Gunners di puncak klasemen dengan 25 poin. Tapi selisih angka dengan Liverpool di posisi kedua tinggal dua.

Sementara itu The Red Devils berhasil memperbaiki peringkatnya ke urutan kelima klasemen dengan 20 poin dari 11 laga, unggul selisih gol dari Tottenham Hotspur dan Everton.

Jalannya Pertandingan

MU mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Mereka berusaha langsung menekan pertahanan Arsenal di saat para pemain belakangnya belum "panas".

Salah satunya di menit 9 ketika Wayne Rooney mendapat bola di tengah kotak penalti dari crossing rekannya. Tapi bola hasil sepakannya masih tepat di tangkapan Wojciech Szczesny.

Sementara Arsenal masih coba menemukan ritme permainannya dan belum ada serangan berbahaya ke pertahanan MU.

Dua puluh enam menit laga berjalan MU mampu memimpin lebih dulu. Berawal dari korner Rooney, Van Persie memenangi duel dengan Olivier Giroud dan menanduk bola ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Kieran Gibbs yang berada di garis gawang.

Peluang Arsenal baru didapat di menit 36 ketika bola crossing menemui Giroud di kotak penalti tapi bola masih melayang di atas mistar.

Laga sempat terhenti beberapa menit setelah Szczesny beradu kepala dengan Phil Jones dalam duel di kotak penalti. Kiper Arsenal itu terbaring cukup lama sebelum akhirnya bermain lagi.

Babak kedua dimulai Arsenal coba langsung menekan pertahanan MU tapi kerap kesulitan karena rapatnya jarak antar pemain bertahan tuan rumah.

Di menit 58 Arsenal punya peluang bikin gol. Crossing Bacary Sagna menuju Mesut Oezil di tiang jauh dan melepaskan tembakan keras namun sayang bola menyasar sisi kanan gawang.

Sejam laga berjalan MU nyaris menambah gol ketika Van Persie dan Rooney mampu menembus pertahanan Arsenal. Rooney kemudian menuntaskan bola dengan sepakan kaki kirinya tapi bola melenceng tipis.

Gibbs di menit 76 melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti tapi bola terlalu lemah dan tepat di tangkapan De Gea.

Chris Smalling punya peluang emas di menit 80 ketika bola free kick Van Persie menuju dirinya yang bebas di tiang jauh. Tapi sayang ia gagal menjaga akurasi tandukannya dan bola tak menemui bidang sasaran.

Tiga menit setelahnya Giroud di kotak penalti sambil dikerubungi pemain lawan melepaskan sepakan mendatar yang sempat membentur pemain MU dan bola menyamping dari bidang sasaran.

Hingga laga berakhir skor 1-0 tetap bertahan.

Susunan Pemain

Man Utd: De Gea; Smalling, Vidic (Cleverley 45'), Evans, Evra; Valencia, Jones, Carrick, Kagawa (Giggs 77'); Rooney, van Persie (Fellaini 85')

Arsenal: Szczesny, Sagna, Koscielny, Vermaelen, Gibbs; Arteta (Gnabry 82'), Flamini (Wilshere 61'), Ramsey, Oezil, Cazorla (Bendtner 78'); Giroud
(mrp/cas)