sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 10 Sep 2014 17:39 WIB

De Boer Sarankan Van Gaal Mainkan Blind sebagai Gelandang

- detikSport
Getty Images via Manchester United/Matthew Peters
Amsterdam -

Kedatangan Daley Blind ke Manchester United memungkinkan dirinya dipasang sebagai bek tengah. Namun eks pelatihnya di Ajax Amsterdam, Frank de Boer, menyarankan agar Blind dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Blind adalah andalan Louis van Gaal semasa dia menangani timnas Belanda. Meski demikian oleh Van Gaal, Blind diposisikan di lini belakang bersama Stefan de Vrij dan Bruno Martins Indi.

Meski demikian Blind tetap tampil oke mengingat ia awalnya berposisi sebagai bek kiri. Tapi gelar pemain terbaik Liga Belanda musim lalu didapatnya saat bermain sebagai gelandang bertahan.

Di posisi itu, Blind mengumpulkan jumlah passing (2089), intersep (74), dan tekel (77) terbanyak di skuat Ajax. Tak pelak De Boer pun menyarankan agar Blind sebaiknya dipasang di posisi gelandang bertahan, mendampingi Ander Herrera mengingat MU tidak punya stok pemain di posisi itu.

Namun di satu sisi juga, MU kekurangan stok bek tengah karena hanya Phil Jones dan Marcos Rojo tersisa sebagai pemain senior. Sisanya seperti Tyler Blackett --yang kendati demikian, selalu bermain sebagai starter dan tampil relatif oke.

"Dia memulai karier di posisi full-back, tapi saya pikir dia sekarang lebih suka menjadi gelandang yang mengatur permainan. Saya pikir dia punya dua atau tiga opsi posisi di United - baik itu di sisi wing-back atau bermain sebagai gelandang kiri saat berduet di lini tengah," papar De Boer kepada ITV seperti dikutip Soccernet.

"Ini adalah transfer yang hebat untuk Daley. Dia sudah sejak 10 tahun bermain di Ajax dan kini dia berharap bisa memperlihatkan kualitasnya di United," sambungnya.

"Pertama-tama dia harus terbiasa dulu dengan ritme liga, tapi dia cepat beradaptasi dan itu sangat penting untuk para pemain saat ini," demikian dia.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com