sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 04 Jun 2015 15:37 WIB

Nikmati Pendapatan Rp 66 T, Premier League Makin Jauh Tinggalkan Liga Lain

Doni Wahyudi - detikSport
Julian Finney/Getty Images Julian Finney/Getty Images
London -

Dalam tiga musim terakhir tak satupun klub Premier League masuk final Liga Champions. Namun begitu, Liga Inggris masih unggul jauh dibanding tetangganya dalam hal jumlah pendapatan yang diterima.

Adalah Chelsea yang jadi klub Inggris terakhir di final Liga Champions, dan sekaligus jadi juara. Setelah sukses The Blues di final 2011/2012 itu tidak ada lagi wakil Ingris di partai puncak, bahkan musim ini mereka sudah rontok semua di babak 16 besar.

Meski klub-klubnya tengah jeblok di Eropa, Premier League tetap jadi kompetisi liga domestik paling menggiurkan di dunia. Laporan keuangan untuk musim 2013/2014 yang baru saja dirilis Deloitte menyebut kalau 20 klub Premier League berhasil mendapat pemasukan sebesar 3,26 miliar poundsterling. Jumlah tersebut setara dengan Rp 66 triliun, melonjak 29% dibanding periode sebelumnya.

Jumlah pemasukan Liga Inggris tersebut lebih besar 1,4 miliar poundsterling (Rp 28,3 triliun) dibanding Bundesliga yang jadi pesaing terdekatnya. Apa yang didapat Premier League masih lebih besar dibanding jika pemasukan Liga Spanyol dan Liga Italia disatukan. Demikian dikutip dari Reuters.

Dalam beberapa musim mendatang jumlah pemasukan klub-klub Premier League dipastikan akan terus melonjak. Terlebih beberapa bulan lalu mereka baru menyepakati paket pejualan hak siar baru. Sebagai catatan, dari peningkatan jumlah pemasukan klub di musim 2013/2014, sebanyak 78% di antaranya datang dari hak siar.

"Pengaruh yang dimunculkan dari deal hak siar Premier League jelas sekali terlihat. Di level Eropa, sulit untuk melihat 'big five' di Eropa bisa merapatkan jarak dalam waktu dekat, apalagi mengejar," ucap Dan Jones, rekanan dari Sports Business Group di Deloitte.

Pembatasan gaji pemain terkait aturan Financial Fair Play membantu klub-klub Inggris mendongkrak keuntungan mereka menjadi 614 juta poundsterling di 2013/2014. Angka tersebut naik dari sebelumnya 82 juta poundsterling di 2012/2013.

Di saat bersamaan rasio gaji per pemasukan klub-klub Premier League turun menjadi 58% di 2013/2014. Sedangkan kombinasi utang klub-klub juga menurun hingga 6%.



(din/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com