sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Des 2015 04:55 WIB

Arsenal Kalahkan City 2-1

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
REUTERS/Dylan Martinez REUTERS/Dylan Martinez
London -

Arsenal keluar sebagai pemenang pada laga melawan Manchester City dalam lanjutan Premier League. Meski lebih banyak bertahan, The Gunners menang 2-1.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, Selasa (22/12/2015) dinihari WIB, kedua tim sama-sama tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Arsenal kehilangan Francis Coquelin, Santi Cazorla, Alexis Sanchez, Danny Welbeck, Mikel Arteta, dan Jack Wilshere.

Sementara itu, City tanpa Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, dan Samir Nasri. Sergio Aguero kembali tampil setelah pulih dari cedera, sedangkan Raheem Sterling dicadangkan.

City tampil dominan nyaris di sepanjang pertandingan. Tapi, mereka banyak membuang peluang.

Sebaliknya, Arsenal tampil efektif. Dua tembakan pertama yang dilepaskan tim tuan rumah pada laga ini berbuah gol lewat Theo Walcott pada menit ke-33 dan Olivier Giroud di injury time babak pertama.

City menggempur Arsenal habis-habisan pada babak kedua. Tapi, mereka baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-82 lewat Yaya Toure. Meski berusaha mencari gol penyama di sisa waktu, mereka tak bisa menghindari kekalahan.

Dengan hasil ini, Arsenal tetap di posisi kedua dengan 36 poin dari 17 laga. Mereka terpaut dua poin dari Leicester City yang memimpin klasemen sementara. Adapun City duduk di posisi ketiga dengan 32 poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal mendominasi penguasaan bola pada menit-menit awal, tapi tak bisa menciptakan peluang berarti. Sementara itu, City perlahan-lahan bisa mengembangkan permainannya. David Silva dan Fernandinho mendapat kesempatan lewat tembakan jarak jauh, tapi tak mengarah ke sasaran.

Kevin De Bruyne mengancam gawang Arsenal saat laga memasuki menit ke-22. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang memaksa Petr Cech membuat penyelamatan.

Sebuah serangan balik cepat City menghasilkan peluang emas pada menit ke-32. Tapi, De Bruyne menyia-nyiakannya. Dia memutuskan untuk menembak sendiri, tapi melebar. Padahal, di tiang jauh ada Silva yang berdiri bebas.

Semenit kemudian, Arsenal malah berhasil unggul lewat tembakan pertamanya pada laga ini. Mendapat umpan dari Mesut Oezil, Walcott melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau Joe Hart dan menggetarkan gawang City.

Arsenal benar-benar bermain efektif di babak pertama. Beberapa saat sebelum turun minum, mereka menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 lewat gol Giroud. Giroud yang menerima operan pendek dari Oezil sukses menaklukkan Hart dengan mengarahkan bola di antara dua kaki kiper City itu.

Untuk meningkatkan daya gedor, City menarik keluar Fabian Delph dan memasukkan Sterling pada awal babak kedua.

Dalam kondisi tertinggal, City mengurung Arsenal pada menit-menit awal babak kedua. Namun, Arsenal bertahan dengan sangat rapat sehingga City sulit masuk ke kotak penalti.

Meski City mendominasi penguasaan bola, Arsenal justru punya peluang menambah keunggulannya pada menit ke-53. Sial buat mereka, Joel Campbell yang menyambar umpan silang Nacho Monreal gagal mengarahkan bola ke sasaran. Tembakannya melambung.

Campbell punya kesempatan lagi dua menit kemudian. Tapi, kali ini sontekannya bisa dihalau Hart.

Hart membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-59. Dia yang langsung berhadapan dengan Aaron Ramsey berhasil menghalau tembakan jarak dekat gelandang Arsenal itu.

Percobaan Sterling pada menit ke-73 belum membuahkan gol. Tembakannya dari luar kotak penalti dengan mudah ditangkap Cech. Dua menit kemudian, sundulan Bony meneruskan sepak pojok juga tak menyulitkan Cech.

Walcott kembali mendapatkan peluang lewat tembakan dari luar penalti. Sepakan mendatarnya mengarah ke gawang, tapi masih bisa diantisipasi Hart.

City memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-82. Tembakan lob Toure dari luar kotak penalti mengecoh Cech dan bersarang di pojok atas gawang Arsenal.

City nyaris menyamakan skor pada menit ke-87. Toure bermain umpan satu-dua dengan De Bruyne, tapi penyelesaiannya melebar.

Di sisa waktu, City tetap tak mampu mencetak gol penyama. Mereka kalah 1-2 dari Arsenal.

Susunan Pemain
Arsenal: Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Flamini, Ramsey; Walcott (Chambers 88'), Oezil (Oxlade-Chamberlain 77'), Campbell (Gibbs 69'); Giroud

Manchester City: Hart; Sagna, Otamendi, Mangala, Kolarov; Fernandinho, Toure, Delph (Sterling 46'); Silva, Aguero (Bony 63'), De Bruyne (Navas 72')

(mfi/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed