Oezil, Sang Konduktor 'Meriam London'

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 29 Des 2015 03:11 WIB
Getty Images Sport/Ian Walton
London -

Arsenal kembali ke jalur positif usai hasil memalukan di laga Boxing Day. Adalah Mesut Oezil, yang kembali membuat 'Meriam London' berdentum saat menjamu Bournemouth.

Arsenal menjamu Bournemouth di Emirates Stadium, Selasa (29/12/2015) dinihari WIB hanya dua hari setelah dipermalukan 0-4 oleh Southampton. The Gunners pun bertekad langsung kembali ke rel yang benar dengan tiga poin atas Bournemouth.

Misi itu sukses dijalankan dengan kemenangan 2-0, lewat gol dari Gabriel Paulista dan Oezil. Oezil sendiri layak disebut sebagai protagonis dalam kemenangan ini, mempertimbangkan sumbangan satu gol dan satu assistnya untuk gol Gabriel.

Sepanjang 90 menit di laga tersebut, Squawka mencatat Oezil mengkreasikan sembilan peluang mencetak gol dengan lima di antaranya lewat open play. Jumlah sembilan peluang itu disebut Opta jadi yang terbanyak oleh satu pemain dalam satu pertandingan di liga musim ini. Dia juga tercatat melepaskan 61 umpan dengan tingkat akurasi sebesar 95%.

"Saya sudah mengatakan berkali-kali bahwa dia telah menambahkan sesuatu dalam permainannya, sebuah hasrat untuk tampil efisien dan mencetak gol. Dia telah menjadi seorang pesepakbola sensasional yang komplet," kata Arsene Wenger dikutip BBC.

"Saya sangat-sangat senang dengan performanya. Dia jelas adalah salah satu yang terbaik di Eropa. Di posisinya, dia itu sensasional," tambah pria Prancis ini.

Oezil memang menjadi aktor penting dalam laju Arsenal sepanjang perjalanan musim ini. Dia sudah mencetak tiga gol dan 16 assist dari 18 pertandingan Premier League yang dilaluinya. Jumlah 16 assist itu dicatat Opta delapan lebih banyak daripada para pemain lainnya di liga.

Berkat Oezil juga, Arsenal kini merebut puncak klasemen dari tangan Leicester. Meski mereka masih bisa kehilangan lagi posisi tersebut andai Leicester bisa mengandaskan Manchester City, namun setidaknya tim besutan Wenger punya momentum bagus menatap tahun baru.

(raw/roz)