Jelang Liga Inggris 2016/2017

Wilshere Optimistis Arsenal Bisa Jadi Juara

Rossi Finza Noor - Sepakbola
Jumat, 12 Agu 2016 04:50 WIB
Foto: Julian Finney/Getty Images
London - Musim lalu, Arsenal sempat menjadi kandidat juara Premier League sebelum akhirnya kehabisan bensin menjelang akhir. Musim ini, Arsenal diyakini bisa lebih baik.

Kendati mengawali musim dengan kekalahan 0-2 dari West Ham United, Arsenal dengan cepat menanjak dan sudah berada di urutan kedua klasemen pada pekan kedelapan. Dari situ, mulai terlihat bahwa mereka adalah kandidat juara musim lalu.

The Gunners sempat naik ke puncak klasemen pada pekan ke-10, tetapi turun lagi ke urutan kedua pada pekan berikutnya. Pencapaian terbaik mereka adalah ketika bercokol di puncak klasemen selama empat pekan, dari pekan ke-19 hingga pekan ke-22.

Namun, setelahnya mereka tampil inkonsisten. Kekalahan 0-1 dari Chelsea di pekan ke-23, serta hasil imbang 0-0 dengan Southampton di pekan ke-24, membuat Arsenal turun ke urutan ketiga klasemen.

Tim besutan Arsene Wenger itu memang sempat menundukkan pemuncak klasemen, Leicester City, 2-1 di Emirates. Tetapi, dua kekalahan beruntun setelahnya, yakni dari Manchester United (2-3) dan Swansea City (1-2), membuat kans mereka untuk menjadi juara meredup.

Arsenal memang tidak pernah kalah lagi dalam 10 pekan setelahnya. Tetapi, mereka sudah sulit untuk mengejar Leicester. Pada akhirnya, mereka berhasil finis di urutan kedua dan berada di atas rival abadi mereka, Tottenham Hotspur, menjadi pelipur lara.

"Kami harus lebih fokus dan menghadapi tiap pertandingan sama seriusnya. Setelah mengalahkan Leicester di kandang musim lalu, kami jadi sedikit lengah," ujar Wilshere seperti dilansir Soccerway.

Wilshere pun menyebut, konsistensi bisa jadi kunci musim ini. Ia yakin, skuat yang dimiliki Arsenal musim ini bisa mengantarkan mereka menduduki takhta.

"Kami tidak boleh seperti musim kemarin lagi. Jika kami tidak membiarkannya terjadi, kami bisa menjadi juara musim ini," kata Wilshere.

(roz/krs)