DetikSepakbola
Selasa 20 September 2016, 13:46 WIB

'Jika Guardiola Latih MU, Rooney Kini Sudah Didepak'

Doni Wahyudi - detikSport
Jika Guardiola Latih MU, Rooney Kini Sudah Didepak Foto: Laurence Griffiths/Getty Images
Manchester - Saat Manchester United tengah terpuruk, satu pemain jadi sorotan karena perannya dinilai begitu buruk. Benarkah Wayne Rooney saatnya dipinggirkan dari skuat utama?

Rooney tentu saja bukan satu-satunya masalah yang dihadapi MU saat mereka menelan tiga kekalahan beruntun. Tapi keberadaan Rooney di atas lapangan bersangkut paut dengan kegagalan memenangi derby, tertunduk dalam lawatan ke Feyenoord dan hasil memalukan saat berhadapan dengan Watford.

Dengan segala atribut yang melekat padanya (kapten dan legenda MU, telah memenangi seluruh trofi mayor, butuh tiga gol lagi untuk menjadi topskorer sepanjang masa klub, dan siap dimainkan di posisi manapun oleh pelatih), Rooney harusnya merupakan sosok penting buat MU. Tapi (saat ini) Rooney sedang tak bagus.

Rooney adalah salah satu (kalau bukan satu-satunya) pemain yang tampil mencolok saat MU menjalani periode sulit bersama David Moyes. Tapi kini dia dianggap tak layak berada dalam skuat 'Setan Merah'. Pesepakbola 30 tahun itu malah disebut menghambat timnya.

Rooney bermain di belakang striker utama, sebuah tempat yang sebenarnya memiliki persaingan ketat untuk bisa didapat karena Marcus Rashford, Henrikh Mkhitaryan, Juan Mata dan Ander Herrera dengan senang hati ditempatkan di sana.

"Jika Pep Guardiola adalah manajer Manchester United, (maka) Wayne Rooney akan disingkirkan secepatnya. Rooney adalah masalah buat Jose Mourinho dan Sam Allardyce (pelatih timnas Inggris). Sederhana saja, pasang pemain lain yang lebih baik pada posisinya di klub dan timnas," ucap pundit yang sekaligus mantan striker Chelsea, Celtic, dan Aston Villa, Chris Sutton.

Mourinho di hari-hari pertama kedatangannya di Old Trafford sudah menyebut Rooney akan jadi kaptennya. Mourinho ketika itu juga mengatakan kalau Rooney adalah pemain penting buatnya, menepis banyak rumor tak sedap soal masa depan Rooney di MU.

"Mourinho harus punya keberanian untuk mendepak Rooney. MU kurang punya kecepatan. Zlatan Ibrahimovic bukan tipe striker yang bergerak di belakang pemain bertahan dan Rooney bukan lagi 'Nomor 10' yang melakukan hal itu. Saya akan memilih pemain terbaik di Jerman musim lalu, Henrikh Mkhitaryan, dibanding dia di MU, dan untuk Inggris saya akan memilih Dele Alli."

"Rooney menghambat kedua tim itu. Sederhana saja. Masalahnya semua ada pada Rooney. Dia masalah besar di sana. Jika Anda membiarkan dia keluar (dari tim) maka Anda akan punya lebih banyak opsi. Hari-hari Rooney sudah berlalu," lanjut Sutton di DailyMail.

Pernyataan senada dilontarkan Martin Keown. Mantan bek Arsenal itu menyebut kalau Rooney justru menghambat MU dengan perannya sebagai 'Nomor 10'. Rooney juga sudah kehilangan kilaunya dibanding beberapa musim lalu.

"Sepertinya Rooney sudah kehilangan kilaunya, mengubah kecepatan (permainan) dan determinasi ekstra dan dia bermain tidak dengan kehebatan yang sama seperti yang pernah dia punya. Dia kesulitan memengaruhi permainan di atas lapangan. Ya, saya pikir perannya sebagai 'Nomor 10' menghambat MU," ucap Keown.
(din/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed