sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Des 2016 12:42 WIB

Ada Wanita Jerman di Balik Trengginasnya Liverpool

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Foto: Action Images via Reuters / Carl Recine
Liverpool - Liverpool tampil trengginas musim ini. Laju oke 'Si Merah' tak lepas dari peran wanita Jerman bernama Mona Nemmer yang berposisi ahli gizi tim.

Liverpool baru saja meraih kemenangan 4-1 atas Stoke City di laga Boxing Day, Rabu (28/12/2016) dinihari WIB tadi, yang menjaga jarak enam poin dengan Chelsea di puncak klasemen. Saat ini Liverpool punya 40 poin.

Kemenangan itu membuat Liverpool kini sudah mengoleksi 45 gol dari 18 pertandingan, rata-rata sekitar 2,5 gol per pertandingan, yang menjadikan mereka tim tertajam di Premier League sejauh ini. Bahkan Liverpool membuat minimal tiga gol dalam sebuah pertandingan sebanyak delapan kali musim ini.

Total sudah 100 gol dibuat Liverpool sejak Juergen Klopp menangani tim itu Oktober tahun lalu. Para penggawa Liverpool juga jadi salah satu pemain tertajam sepanjang tahun ini seperti Roberto Firmino (15 gol) dan Adam Lallana (11 gol).

Khusus untuk di musim 2016/2017, Sadio Mane masih jadi topskorer di liga dengan delapan gol, lalu Lallana (7 gol) dan Firmino (6 gol).

Tak cuma itu, Liverpool juga unggul di beberapa aspek seperti paling banyak membuat peluang dengan total 659 dan terbanyak memenangi tekel yakni 794. Sementara, Jordan Henderson jadi pemain dengan jumlah umpan paling banyak yakni 1.366 umpan, lalu James Milner dengan total assist terbanyak sepanjang tahun dengan total 10, mengungguli Alexis Sanchez, David Silva, Mesut Oezil, dan Eden Hazard.

Statistik-statistik luar biasa ini tentu tak lepas dari peran Klopp yang memang sejak kedatangannya ingin mengaplikasikan betul sepakbola gegenpressing kepada para pemain.

Tapi satu hal penting yang bisa membuat bahan bakar para pemain Liverpool seperti tak ada habisnya adalah kehadiran dua personil penting di staf kepelatihan mereka, yakni Mona Nemmer (Ahli Nutrisi) dan Andreas Kornmayer (Pelatih Kebugaran) yang didatangkan dari Bayern Munich.

"Biasanya para pemain di sesi pramusim makan sebanyak mereka bisa, secepat mereka bisa," ujar Klopp kepada New York Times.

"Tapi mereka tetap bertahan untuk tetap makan dan mereka menyukai itu. Mereka memakan makanan luar biasa. Dia (Nemmer) sudah membuat kesan pertama yang bagus sehingga para pemain memperhatikannya," sambungnya.

"Kami bahkan belum mencapai setengahnya tapi kami dalam jalur yang benar. Kami bahkan punya impian gila soal membuka toko atau membuat buku resep."

"Kami bisa membuat departemen gizi terbaik di dunia. Saya tidak bangga, tapi saya amat bangga dengan ini."

Wanita Jerman di Balik Trengginasnya LiverpoolFoto: Getty Images

Nemmer banyak menghabiskan kariernya sebagai ahli gizi di Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Dia mengurus segala macam nutrisi untuk para pemain di level U-21 dan juga seluruh tim usia muda sejak 2009.

Pada 2013, Nemmer ditarik Pep Guardiola ke Bayern untuk masuk dalam staf kepelatihannya. Hasilnya pun terlihat ketika dia mampu mengaplikasikan metodenya di tim Bavaria tersebut, yang mana berujung tiga gelar Bundesliga.

Kini Nemmer bertanggung jawab atas seluruh makanan dan minuman yang ada di pusat latihan Melwood serta Anfield. Para pemain pun harus menjalani aturan ketat soal apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sepanjang pertandingan.

Contoh saja kini ada mesin jus di ruang ganti Liverpool di mana para pemain tidak memakan makanan manis lagi saat jeda babak, melainkan jus apel yang diberi sedikit kafein. Untuk makanan usai pertandingan, Henderson dkk. akan diberikan pasta dengan saus bikinan koki klub sendiri.

"Para pemain punya sudut pandang luar biasa," tutur Nemmer.

"Mereka sangat terbuka. Bersama-sama dengan Juergen, mereka menganggap nutrisi itu sebagai sesuatu yang penting dan harus dijunjung tinggi, dan mereka memberikan kesempatan itu untuk saya. Ini tidak biasa," sambungnya.

Saksikan video dari 20detik di sini:
(mrp/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com