DetikSepakbola
Sabtu 12 Agustus 2017, 20:46 WIB

Watford vs Liverpool Berakhir 3-3

Yanu Arifin - detikSport
Watford vs Liverpool Berakhir 3-3 Laga Watford melawan Liverpool di Liga Inggris 2017/2018 (Foto: Andrew Couldridge/Reuters)
Jakarta - Liverpool gagal mengalahkan Watford di pekan pembuka Premier League 2017/2018. Dua kali tertinggal sebelum berbalik unggul, The Reds ditahan 3-3 The Hornets.

Secara keseluruhan, Liverpool bermain mendominasi. BBC mencatat Liverpool menguasai bola 54 persen, denan 14 kali melepaskan shots dan 5 yang on target.

Namun dalam pertandingan di Vicarage Road, Sabtu (12/8/2017), Watford memimpin lebih dulu di menit ke delapan. Stefano Okaka membuka keunggulan memanfaatkan sepak pojok.

Sadio Mane membalas di menit ke-29. Aksinya di kotak penalti mengubah skor jadi 1-1. Skor imbang cuma bertahan tiga menit, setelah Abdoulaye Doucore membawa tuan rumah memimpin 2-1. Sontekannya memanfaatkan kemelut membuat Watford menutup babak pertama dengan keunggulan..

Di awal babak kedua, Liverpool mampu berbalik unggul. Dua gol cepat didapat pada menit 55 dan 57 lewat penalti Roberto Firmino dan sontekan Mohamed Salah. Skor 3-2 bertahan hingga injury time.

Pada menit ke-90+3, Miguel Britos menghindarkan Watford dari kekalahan. Sundulannya di mulut gawang memanfaatkan sepak pojok membuat gawang Liverpool kebobolan. Skor 3-3 menutup laga.

Liverpool dan Watford pun harus puas berbagi poin. Kedua tim sementara menempati peringkat dua dan tiga dengan poin satu.

Jalannya Pertandingan

Liverpool berinisiatif menekan sejak awal, dengan Sadio Mane dan Roberto Firmino porosnya. Namun pertahanan Watford masih cukup rapat sehingga sulit ditembus.

Sementara tuan rumah berupaya menekan Liverpool yang terus menguasai bola. Di menit keempat, hal itu nyaris membahayakan The Reds. Sadio Mane yang bermain-main di lini belakang, kehilangan bola oleh Daryl Janmaat yang langsung melepaskan crossing. Beruntung masih ada Joel Matip yang langsung membuangnya.

Di menit ketujuh, strategi Watford membuat Liverpool tertinggal. Setelah berhasil mencuri bola di lini tengah, Stefano Okaka langsung memberi umpan terobosan pada Roberto Pereyra.

Meski dihalau Dejan Lovren, Pereyra masih bisa melepaskan tendangan yang berujung corner. Sepak pojok itu kemudian berbuah gol setelah Okaka yang tak terkawal Firmino bisa menanduk bola tendangan Jose Holebas. Bola masuk ke gawang Liverpool tanpa bisa ditangkap Simon Mignolet.

Watford memimpin 1-0. Sementara di sisi lapangan manajer Juergen Klopp meminta pemainnya tetap tenang.

Liverpool coba menekan Watford guna mencari gol penyama. Mereka kesulitan masuk ke kotak penalti. Pun begitu dengan crossing ke kotak penalti yang dengan mudah disapu Younes Kaboul dan Holebas.

Mohamed Salah cukup kesulitan di laga ini. Beberapa kali bola yang mengarah padanya selalu dihalau. Bahkan sekali ia terperangkap offside.

Namun serangan Liverpool membuahkan hasil pada menit ke-29. Bekerja sama dengan Firmino dan Can, Mane mendapat sodoran bola ke dalam kotak penalti. Dengan mudah ia menyelesaikannya dengan sepakan ke tiang jauh yang tak mampu ditangkap Huerelho Gomes. Skor jadi 1-1.

Tapi skor imbang itu tak berlangsung lama. Di menit ke-32, Liverpool kembali tertinggal setelah Abdoulaye Doucore merobek gawang Mignolet.

Berawal dari serangan Watford di sisi kanan, Tom Cleverley mengirim crossing mendatar ke kotak penalti. Sapuan yang tidak bersih menghadirkan kemelut di mulut gawang. Bola liar lantas bergulir ke arah Doucore yang yang tak terkawal dan langsung menyepaknya ke dalam gawang. Watford kembali memimpin 2-1.

Watford vs Liverpool Berakhir 3-3Foto: Andrew Couldridge/Reuters


Tak mau terpuruk, Liverpool coba membalas di menit ke-37. Peluang emas didapat Mohamed Salah setelah berhadapan dengan Gomes, usai memenangkan duel dengan Holebas. Namun sontekan kaki kirinya malah melambung ke atas. Peluang terbuang percuma.

Di sisa waktu, tidak ada gol tambahan tercipta. Watford unggul 2-1 di babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool langsung menciptakan peluang pada menit ke-48. Salah melepaskan tendangan ke tiang jauh dengan kaki kirinya, namun bola masih melebar dari gawang Watford.

Watford kali ini lebih banyak menguasai bola. Namun kesalahan mereka lakukan di menit ke-54, di mana Gomes menjatuhkan Salah di kotak penalti. Wasit Anthony Taylor pun menunjuk titik putih. Firmino yang jadi eksekutor tak membuang kesempatan emas untuk mengubah skor jadi 2-2.

Liverpool berbalik unggul menjadi 3-2 tiga menit berselang. Berawal dari umpan terobosan Lovren ke depan, Firmino yang berhadapan dengan Gomes mencungkil bola ke gawang yang sudah tanpa pengawal. Di mulut gawang, Salah menyambarnya untuk memastikan masuk ke dalam.

Liverpool tambah bersemangat. Dua peluang diciptakan beruntun pada menit 63 dan 64. Setelah sepakan Moreno ditepis Gomes, tandukan Matip menyambut corner masih membentur tiang atas gawang.

Watford mengancam lewat seranfan balik dua menit berselang. Namun crossing Nordin Amrabat masih bisa dibuang Matip.

Liverpool gantian mengancam di menit 70. Sepak pojok Alexander-Arnold bisa ditanduk, namun bola yang mengarah kencang ke gawang Watford bisa ditepis Gomes.

Pada menit 73, Mignolet nyaris membuat blunder. Saat hendak menangkap bola, ia tidak melihat Lovren rupanya juga berniat menyundulnya. Bola sempat lepas dari genggaman, sebelum bisa diamankan lagi.

Salah nyaris memperbesar keunggulan di menit ke-76. Mendapat umpan terobosan ke kotak penalti, sepakannya justru melenceng di samping.

Liverpool terus menggempur pertahanan Watford. Di menit ke-85, Mane melepaskan umpan tarik ke tengah. Giroginio Wijlandum yang punya ruang tembak bagus, gagal mengarahkannya ke gawang.

Watford selama dari kekalahan dengan gol di masa injury time. Miguel Britos yang menghindarkan Watford dari kekalahan. Sundulannya di mulut gawang, gagal dihalau Mignolet di menit 90+3. Gawang Liverpool kebobolan dan skor akhir menjadi 3-3.

Susunan Pemain

Watford: Gomes, Janmaat (Femenia 18'), Kaboul, Holebas, Doucore, Chalobah, Amrabat, Cleverley, Pereyra (Richarlison 49'), Okaka (Gray 63')

Liverpool: Mignolet, Alexander-Arnold (Gomez 90'), Lovren, Matip, Moreno, Henderson, Can, Wijnaldum, Salah (Milner 86'), Mane, Firmino (Origi 81')



(cas/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed