DetikSepakbola
Minggu 13 Agustus 2017, 21:27 WIB

Spurs Kalahkan 10 Pemain Newcastle 2-0

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Spurs Kalahkan 10 Pemain Newcastle 2-0 Tottenham Hotspur menang 2-0 atas Newcastle United (Foto: Stu Forster/Getty Images)
Newcastle - Tottenham Hotspur mengawali Premier League 2017/2018 dengan kemenangan. Tandang ke markas Newcastle United, Spurs pulang dengan kemenangan 2-0.

Dalam pertandingan di St James' Park, Minggu (13/8/2017) malam WIB, Spurs sudah tampil dominan sejak awal. Tapi tak banyak peluang bersih yang mampu diciptakan di babak pertama. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Newcastle harus kehilangan Jonjo Shelvey yang dikartu merah oleh wasit. Shelvey diusir wasit karena dinilai sengaja menginjak pergelangan kaki Dele Alli.

Unggul jumlah pemain, Spurs kian mendominasi. Tim tamu akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-61 lewat sepakan Alli. Sepuluh menit kemudian, Ben Davies menggandakan keunggulan Spurs.

Kemenangan ini untuk sementara menempatkan Spurs di peringkat tiga klasemen dengan tiga poin. Sementara Newcastle ada di urutan ke-19.

Jalannya Pertandingan

Newcastle memulai dengan tempo tinggi. Tekanan yang langsung dilancarkan Newcastle menghasilkan peluang untuk Dwight Gayle di menit kelima.

Paul Dummett mengangkat bola melewati barisan pertahanan Spurs. Gayle langsung menyambutnya dengan tendangan voli first-time namun masih melambung di atas mistar gawang.

Spurs mendapat tendangan bebas di sisi kanan. Christian Eriksen menendang bola ke dalam kotak penalti dan diteruskan Harry Kane dengan sundulan. Tapi sundulan Kane masih terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan kiper Newcastle Robert Elliot.

Serangan balik coba dibangun oleh Spurs. Namun para pemain Newcastle dengan cepat kembali bertahan. Serangan itu kemudian diakhiri Eriksen dengan tendangan dari dalam kotak penalti yang masih melebar dari sasaran.

Sulit membongkar pertahanan Newcastle, Dele Alli mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi bola masih bisa ditangkap oleh Elliot. Sampai babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta.

Newcastle mendapat pukulan di awal babak kedua. Di menit ke-48, Jonjo Shelvey dikartu merah oleh wasit karena dinilai sengaja menginjak pergelangan kaki Alli.

Tak lama setelah kartu merah untuk Shelvey, Newcastle justru mampu mengancam gawang Spurs. Dari serangan balik, Newcastle mendapat peluang lewat Gayle, tapi tendangannya dari sudut sempit masih bisa diblok oleh Hugo Lloris.

Spurs nyaris membuka keunggulan di menit ke-51. Umpan dari Eriksen jatuh ke kaki Kane yang berdiri bebas di depan gawang Newcastle. Kane langsung menyambar bola, tapi masih diblok oleh Elliot di depan gawang.

Kesabaran Spurs dalam membangun serangan akhirnya membuahkan hasil 10 menit kemudian. Eriksen melepaskan umpan jitu ke dalam kotak penalti yang langsung dituntaskan Alli dengan tendangan kaki kiri sambil menjatuhkan diri.

Unggul jumlah pemain membuat Spurs makin leluasa menguasai permainan. Spurs kemudian menambah keunggulan di menit ke-70. Sebuah serangan apik dibangun oleh Alli dan Kane lewat umpan satu-dua di depan kotak penalti Newcastle. Kane kemudian mengoper kepada Eriksen yang masuk ke kotak penalti Newcastle.

Bola yang digiring Eriksen sempat lepas dari gelandang asal Denmark itu. Tapi bola langsung disambar oleh Ben Davies yang menusuk masuk ke kotak penalti dan sukses menggetarkan jala gawang Newcastle.

Unggul dua gol tak membuat Spurs mengendurkan serangan. Eric Dier mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi masih membentur dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Newcastle bukan tanpa peluang. Javier Manquillo melepaskan umpan yang dibelokkan oleh Isaac Hayden. Christian Atsu yang ada di tiang jauh langsung menyambut bola, tapi tendangannya hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

Di masa injury time, Spurs nyaris menambah keunggulan. Namun tendangan Kane meneruskan umpan terobosan Son Heung Min masih menerpa tiang gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan Spurs bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Newcastle: Elliot, Manquillo, Clark, Lejeune (Mbemba 34'), Dummett (Lascelles 7'), Hayden, Shelvey, Atsu, Perez, Ritchie, Gayle (Merino 76')

Tottenham: Lloris, Walker-Peters, Alderweireld, Vertonghen, Davies, Dembele (Wilkins 89'), Dier, Eriksen, Sissoko (Son 58'), Alli (Wanyama 82'), Kane


(nds/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Balotelli Gagal Loloskan Nice

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 09:17 WIB Mario Balotelli tak mampu membantu timnya, Nice, lolos ke fase grup Liga Champions. Nice harus mengakui keunggulan Napoli di babak play-off.
  • Jelang Drawing Liga Champions

    'Tak Ada Lawan yang Ingin Hadapi Liverpool di Anfield'

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 06:11 WIB Manajer Liverpool Juergen Klopp menantikan pengundian fase grup Liga Champions, Kamis (24/8/2017). Klopp yakin tim mana pun akan gentar dengan atmosfer Anfield.
  • 'Waktu yang Tepat untuk Rooney Pensiun'

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 05:45 WIB Wayne Rooney dinilai membuat keputusan untuk pensiun dari timnas Inggris di saat yang tepat. Hal itu seperti diungkapkan oleh Michael Owen.
  • Hasil Play-off Liga Champions

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 05:40 WIB Sepuluh tim yang menembus fase grup Liga Champions melalui play-off akhirnya lengkap sudah. Ada lima tim yang lolos pada Kamis (24/8/2017) dinihari WIB.
  • Klopp: Liverpool Menakjubkan

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 05:04 WIB Liverpool memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions usai menumpas Hoffenheim di playoff. Manajer Liverpool Juergen Klopp takjub dengan performa timnya.
  • Malam Brilian Liverpool di Anfield

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 04:41 WIB Liverpool menghabisi Hoffenheim di play-off Liga Champions usai tampil luar biasa di kandang sendiri. Jordan Henderson menyebutnya sebagai sebuah malam brilian.
  • Tottenham Datangkan Gazzaniga dan Davinson Sanchez

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 02:02 WIB Menjelang ditutupnya bursa transfer, Tottenham Hotspur akhirnya belanja pemain. Spurs mendatangkan kiper Paulo Gazzaniga dan pemain bertahan Davinson Sanchez.
  • PSG Bidik Titel Liga Champions

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 01:22 WIB Paris Saint-Germain mengusung misi besar di musim ini. Pelatih PSG Unai Emery mengungkapkan, timnya menginginkan untuk mengangkat trofi juara Liga Champions.
  • Indonesia Harus Tetap Waspadai Kamboja

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 01:01 WIB Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di pertandingan terakhir Grup B ajang SEA Games 2017. Skuat Garuda diminta tetap mewaspadai juru kunci klasemen itu.
  • Griezmann Diskors Dua Pertandingan

    Sepakbola | Kamis 24 Agustus 2017, 00:01 WIB Bomber Atletico Madrid Antoine Griezmann harus menerima konsekuensi atas kartu merah yang diterimanya akhir pekan lalu. Griezmann diskors dua pertandingan.
  • 'Rooney Legenda Timnas Inggris'

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 23:01 WIB Wayne Rooney sudah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Inggris. Dia disebut sudah menjadi legenda The Three Lions.
  • Sinar Rooney yang Kembali Terang di Everton

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 20:33 WIB Wayne Rooney tampil bersinar sekembalinya bermain di Everton. Pulang ke kampung halaman dan klub yang membesarkannya, Rooney termotivasi lagi.
  • Rooney Pensiun dari Timnas Inggris

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 19:31 WIB Sempat berharap bisa kembali memperkuat tim nasional Inggris, Wayne Rooney kini justru membuat keputusan mengejutkan. Rooney memilih pensiun dari timnas.
  • Ada Rumor Tuchel Akan Gantikan Conte di Chelsea

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 17:55 WIB Musim lalu Antonio Conte berhasil mengantar Chelsea menjuarai Premier League, tapi perkembangan situasi memunculkan rumor ia akan digantikan Thomas Tuchel.
  • Sevilla Terus Upayakan Transfer Jovetic

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 16:48 WIB Sevilla belum menutup peluang untuk mendatangkan Stevan Jovetic. Sevilla mengklaim bahwa negosiasi terus dilakukan untuk transfer Jovetic.
  • Candreva Takkan Tinggalkan Inter

    Sepakbola | Rabu 23 Agustus 2017, 16:19 WIB Inter Milan setidaknya bisa bernapas lega terkait isu masa depan Antonio Candreva. Si pemain dipastikan tetap berseragam biru-hitam musim ini.