DetikSepakbola
Jumat 13 Oct 2017, 10:35 WIB

Jelang Liga Inggris

Data dan Fakta Jelang Duel Liverpool vs MU

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Data dan Fakta Jelang Duel Liverpool vs MU Foto: Laurence Griffiths/Getty Images
Liverpool - Dua tim tersukses di Liga Inggris, Liverpool dan MU, akan berhadapan akhir pekan ini. Berikut data dan fakta menarik jelang duel panas dan penuh gengsi ini.

Anfield akan jadi lokasi pertemuan pertama Liverpool dan MU di musim ini, yakni pada Sabtu (14/10/2017) malam WIB. Lebih dari sekadar memperebutkan tiga poin, laga bertajuk North-West Derby ini juga mempertaruhkan gengsi yang terbentuk dari rivalitas yang panjang.

Liverpool adalah pemegang gelar liga terbanyak dengan 18 titel, sebelum kemudian dilewati MU dengan 20 trofi. Laga antara kedua tim ini belakangan sudah berjalan amat ketat, dengan tiga pertemuan terakhir tanpa pemenang.

[Gambas:Sportradar]

Berikut adalah data dan fakta lainnya terkait duel Liverpool vs MU

- Liverpool tanpa kemenangan dalam enam pertandingan melawan MU di Premier League, berimbang dua kali dan kalah empat kali. Ini laju terburuk mereka sejak rangkaian delapan laga tanpa kemenangan melawan MU antara 2004 sampai 2008.

- MU sudah memenangi tiga dari lima kunjungan terakhir ke Anfield di Premier League, dengan dua sisanya berakhir dengan hasil imbang dan kekalahan. Mereka juga sudah mencatatkan clean sheet dalam dua laga terakhir di sana.

- Liverpool cuma menang sekali dalam delapan laga terakhir melawan MU di seluruh kompetisi, imbang tiga kali dan kalah empat kali. Kemenangan itu dipetik di Liga Europa 2015/2016 dengan skor 2-0.

- MU sudah mencatatkan 17 clean sheet di Premier League sepanjang 2017, itu tiga lebih banyak dari tim-tim lain. Tim besutan Jose Mourinho ini sudah tak kebobolan di delapan dari sembilan laga terakhirnya di liga, kebobolan cuma dua gol dalam periode tersebut yakni saat melawan Stoke City.

- Juergen Klopp cuma kalah sekali dari tujuh pertemuan di seluruh ajang dengan Jose Mourinho sebagai manajer. Catatannya adalah tiga kemenangan, tiga imbang, dan sekali kalah.

- Sejak Jose Mourinho menangani MU jelang musim 2016/2017, dua klub ini telah memetik jumlah poin yang sama persis yakni 88. Liverpool mencetak 16 gol lebih banyak (91-75), tapi kebobolan 23 gol lebih banyak (54-31).

- Jose Mourinho memenangi delapan dari 10 pertemuan pertamanya dengan Liverpool, dua sisanya berakhir dengan imbang dan kekalahan, antara Oktober 2004 sampai November 2014. Tapi sejak saat itu dia gagal memenangi satupun dari empat laga melawan Liverpool, dengan tiga kali imbang dan sekali kalah.

- Liverpool saat ini punya 12 poin dari tujuh pertandingan di musim ini. Kalau mereka kalah di laga ini, mereka akan mempunyai jumlah poin yang sama seperti saat di delapan laga pertama musim 2015/2016. Kala itu Brendan Rodgers dipecat dari posisi manajer.

- Kalau MU memenangi laga ini, ini akan jadi catatan poin terbaik mereka setelah delapan laga di Premier League yakni 22. Sebelumnya catatan terbaik mereka adalah 20 poin di 2011/2012 dan 1999/2000.

- Romelu Lukaku menjadi pemain kedua yang mencetak tujuh gol di tujuh penampilan pertama bareng MU setelah Andy Cole. Tidak ada pemain MU yang pernah mencetak delapan gol di delapan penampilan pertama di Premier League.

- Lukaku mencetak empat gol di empat pertandingan pertama melawan Liverpool, tapi sejak saat itu gagal bikin gol di tujuh pertemuan terakhirnya. Bahkan, Lukaku gagal mencatatkan tembakan tepat target di lima dari tujuh laga tersebut.

- Marcus Rashford sudah terlibat langsung dalam sembilan gol di 10 penampilan terakhirnya di laga kompetitif untuk MU, mencetak lima gol dan empat assist. Ini dicatatkannya setelah hanya berperan langsung terhadap dua gol di 10 penampilan sebelumnya, dengan satu gol dan satu assist.
(raw/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed