DetikSepakbola
Jumat 24 November 2017, 14:40 WIB

Liga Inggris Pekan Ini

Saatnya Duel Klasik The Reds vs The Blues

Yanu Arifin - detikSport
Saatnya Duel Klasik The Reds vs The Blues Liverpool menghadapi Chelsea di akhir pekan ini (Clive Mason/Getty Images)
Jakarta - Akhir pekan ini Premier League kembali menggulirkan satu laga panas. Liverpool Si Merah akan menghadapi Chelsea Si Biru.

Liverpool vs Chelsea masuk dalam rangkaian pertandingan pekan ke-13 Premier League, sekaligus yang pertama bagi kedua tim musim ini. Laga digelar di Stadion Anfield, Minggu (26/11/2017) dinihari WIB pukul 00.30 WIB.

Kedua tim kini sedang bersaing di papan atas klasemen. Chelsea sementara duduk di posisi tiga dengan raihan 25 poin, unggul tiga angka dari Liverpool di peringkat lima.

Kedua tim baru menelan hasil berbeda di Liga Champions. Liverpool ditahan Sevilla 3-3 meski sempat unggul 3-0, sebaliknya Chelsea berpesta empat gol tanpa balas ke gawang Qarabag.

Meski begitu, laju kedua tim di lima pertandingan terakhirnya tak jauh berbeda. Liverpool mengemas empat kemenangan dan sekali imbang, sementara Chelsea menang empat kali dengan sekali kalah.

Bicara soal pemain andalan, Liverpool dipastikan berharap pada Mohamed Salah. Pemain asal Mesir yang juga sempat berseragam Chelsea itu, kini sedang memimpin daftar top skorer Premier League dengan sembilan gol.

Di tubuh Chelsea, tentu Alvaro Morata yang menjadi tumpuan. Striker asal Spanyol itu sudah mencetak delapan gol di liga. Secara garis besarnya, lini serang kedua tim cukup berimbang.

Nah, yang menjadi perbedaan adalah lini belakangnya. Musim ini Liverpool sudah kebobolan 17 gol di liga, berbanding 10 kali yang dirasakan Chelsea. Catatan clean sheet The Reds di empat laga sebelumnya juga terhenti di tangan Sevilla, ketika Chelsea justru mencatat clean sheet ketiga saat menghadapi Qarabag.

Satu yang menjadi keuntungan Liverpool adalah pemainnya lebih bugar lantaran waktu istirahatnya lebih banyak. Adapun Chelsea, mereka tengah dilanda keletihan lantaran baru saja bertandang ke Azerbaijan yang berjarak lebih dari 8000 km.

Musim lalu, Chelsea tak mampu mengalahkan Liverpool pada dua pertemuan. Usai kalah 1-2 di Stamford Bridge, mereka ditahan 1-1 di Anfield, kendati bisa keluar sebagai juara di akhir kompetisi.

Jika ditotal, rekor pertemuan kedua tim juga masih mengunggulkan Liverpool. Tim asal Merseyside itu mengemas 71 kemenangan, 39 seri, dan 57 kekalahan atas Chelsea dari 167 kali pertemuan.

Berbeda dengan Liverpool vs Chelsea, beberapa tim papan atas lainnya justru mendapat lawan yang relatif ringan di pekan ke-13 ini.

Manchester United akan menjamu tim promosi Brighton & Hove Albion di Old Trafford, Sabtu (25/11). Meski diunggulkan, Setan Merah wajib waspada mengingat mereka juga sempat tumbang oleh tim promosi Huddersfield Town 1-2, bulan lalu.

Pun dengan Tottenham Hotspur yang akan menjamu West Bromwich Albion di White Hart Lane. The Lilywhites kerap kesulitan menghadapi The Baggies dengan baru menang dua kali dari enam pertemuan terakhir. Musim lalu bahkan mereka sempat ditahan 1-1 saat main di The Hawthorns.

Adapun Arsenal akan bertandang ke Turf Moor, kandang Burnley. The Gunners juga wajib waspada, mengingat The Clarets sedang oke musim ini dengan bercokol di posisi tujuh klasemen. Tim besutan Sean Dyche juga mampu mengalahkan Chelsea serta menahan Liverpool di awal musim ini.

Terakhir, Manchester City juga diuji ketangguhan Huddersfield Town saat melawat ke Stadion Kirklees. Huddersfield sebelumnya mampu menumbangkan tetangga City, MU, dengan skor 2-1.

Dengan melihat jadwal para kontestan, posisi tim papan atas di pekan ke-13 berpotensi berubah. Menarik ditunggu siapa yang mampu bertahan di tengah kerasnya Premier League.
(yna/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed