DetikSepakbola
Senin 04 Desember 2017, 01:00 WIB

Sempat Tertinggal, City Atasi West Ham 2-1

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Sempat Tertinggal, City Atasi West Ham 2-1 Foto: Clive Brunskill/Getty Images
Manchester - Manchester City menunjukkan mental tangguhnya saat menjamu West Ham United. Tertinggal duluan dan sempat kerepotan, City pada akhirnya menang 2-1.

Menjamu West Ham di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu (3/12/2017) malam WIB, City langsung mengambil inisiatif menyerang selepas kick-off. West Ham bermain rapat dan defensif, sesekali mengincar lewat serangan balik.

Saat City kesulitan mendapatkan celah, West Ham memanfaatkan bola mati di menit ke-44 untuk memetik keunggulan. Sundulan Angelo Ogbonna membuat City tertinggal di babak pertama.

City melakukan perubahan saat restart, dengan Gabriel Jesus masuk. Skuat besutan Pep Guardiola itu meningkatkan intensitas serangan dan berhasil menyamakan skor di menit ke-57 lewat sontekan Nicolas Otamendi.

Setelah upaya demi upaya, City membalikkan keadaan melalui David Silva di menit ke-83. Skor 2-1 bertahan sampai pertandingan selesai. City pun masih belum terkalahkan di 15 pekan pertama Premier League musim ini.

City masih tangguh di puncak klasemen, kini mengoleksi nilai 43 dari 15 laga dan unggul delapan angka dari Manchester United di posisi dua. West Ham masih belum beranjak dari zona degradasi, menempati posisi 19 dengan 10 angka.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Raheem Sterling terjatuh di kotak penalti West Ham di menit kedua dan mengklaim penalti. Tapi wasit Mike Dean bergeming, permainan dilanjutkan.

West Ham mengancam di menit ketujuh. Umpan lambung Aaron Creswell dari kanan dibelokkan sundulan Cheikhou Kouyate, lalu disambar Michail Antonio di tiang jauh. Cuma berakhir di samping gawang.

City berupaya mengurung West Ham, tapi kesulitan mengancam. Tamunya tersebut tampil rapat dan menunggu di area kotak penalti, menyulitkan City melakukan tusukan-tusukan.

Baru di menit ke-26, City berhasil menebar ancaman serius. Menerima umpan Kevin de Bruyne di depan kotak penalti, David Silva melepaskan sepakan keras yang sempat membentur Declan Rice. Bola meluncur ke arah gawang dan ditepis Adrian ke atas.

Giliran Sterling mencoba melepas sepakan setelah menusuk dari sisi kanan. Tapi tendangannya melambung jauh dari gawang West Ham.

Sebuah kesalahan nyaris berbuah fatal untuk City pada menit ke-35, usai kegagalan mengamankan bola dengan baik di area pertahanan. Silva kehilangan bola dan disepak Manuel Lanzini yang berlari bebas. Ederson Moraes sigap menghalau bola.

Percobaan jarak jauh Kyle Walker tiga menit berselang belum membahayakan West Ham, jauh dari gawang.

City kebobolan di menit ke-45. Bermula dari sepak pojok. Cresswell mengarahkan bola lambung ke tengah kotak penalti dan disambut Angelo Ogbonna, yang memenangi duel dengan Nicolas Otamendi.

City langsung merespons dengan peluang Sergio Aguero di masa injury time, menyambut umpan terobosan Silva. Sepakannya ditepis dan belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

[Gambas:Sportradar]

Di menit ke-56, City mendapatkan tendangan bebas di posisi bagus, di depan kotak penalti West Ham. De Bruyne mengarahkan sepakan keras ke pojok kanan, tapi ditepis Adrian. Bola diamankan pertahanan City keluar lapangan, menghasilkan lemparan ke dalam.

Dari situasi itu, City menyamakan skor. Jesus mendapatkan sodoran ciamik dari Sterling dan menusuk ke dalam kotak penalti. Jesus lantas melepaskan umpan silang mendatar yang dicocor Nicolas Otamendi di depan gawang untuk jadi gol.

City melanjutkan tekanan melalui upaya Leroy Sane di menit ke-61. Sepakannya ditepis oleh Adrian. Upaya De Bruyne tak lama berselang melambung jauh.

Percobaan lain dari De Bruyne di menit ke-70 sempat membentur pemain West Ham, tapi bola tetap meluncur ke arah gawang. Adrian sigap mengamankan.

Sterling membuang peluang bagus semenit kemudian. Sepakan Gabriel Jesus dihalau oleh Adrian, tapi jatuh di jangkauan Sterling. Namun winger City itu gagal menyepak bola dengan sempurna, sehingga bola bisa diamankan oleh pertahanan West Ham.

Serangan balik dari West Ham gantian mengancam City di menit ke-81. Umpan Pedro Obiang diterima Michail Antonio yang berlari cukup bebas memasuki sepertiga akhir. Antonio mengarahkan sepakan keras, namun bisa ditepis Ederson.

Dua menit kemudian, City berbalik unggul. De Bruyne melepaskan umpan lambung terukur ke Silva di sisi kiri di dalam kotak penalti. Silva menyambut bola sembari menjatuhkan diri dan sukses membelokkan bola ke dalam gawang.

City nyaris kebobolan memasuki menit ke-90. Mangala kalah berduel dengan Marko Arnautovic di sisi kiri pertahanan City, membuat winger West Ham itu bisa merangsek. Umpan silang dilepaskan dan disambut sepakan Diafra Sakho, tapi cuma melebar.

Skor tak berubah lagi sampai laga selesai, City menang 2-1.

Susunan pemain:

City: Ederson; Walker, Otamendi, Mangala, Danilo (Jesus 46'); Delph, De Bruyne, David Silva; Sterling, Sane (Bernardo 93'), Aguero (Fernandinho 85')

West Ham: Adrian; Zabaleta, Rice, Ogbonna, Cresswell; Kouyate (Sakho 43'), Obiang; Fernandes, Lanzini (Arnautovic 69'), Masuaku; Antonio (Ayew 88')
(raw/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Misi City di Akhir Musim: Bikin Rekor-rekor Baru

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 04:41 WIB Titel juara sudah didapat tapi bukan berarti Manchester City akan menjalani akhir musim dengan santai. The Citizens membidik rekor-rekor untuk mereka pecahkan.
  • PSM Masih Harus Benahi Lini Pertahanan

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 04:45 WIB PSM Makassar belum puas meski telah kembali ke jalur kemenangan. Banyaknya gol yang bersarang di gawang mereka jadi alasannya.
  • Foto: Barcelona Angkat Trofi Copa del Rey

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 08:43 WIB Trofi Copa del Rey musim ini sudah berada dalam genggaman Barcelona. Blaugrana mendapatkannya dengan amat meyakinkan: mencukur Sevilla 5-0 di partai final.
  • Atletico Imbang Tanpa Gol dengan Betis

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 03:17 WIB Atletico Madrid mendapat kesulitan saat menjamu Real Betis di pekan ke-34 La Liga. Namun, Los Colchoneros tetap bisa memaksakan hasil imbang 0-0.
  • Babak I Usai, Juventus vs Napoli Masih 0-0

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 02:41 WIB Skor 0-0 menutup laga babak pertama antara Juventus dan Napoli. Kendati laga berlangsung dalam tempo tinggi, belum ada gol yang tercipta sampai turun minum.
  • Jungkalkan Spurs, MU ke Final Piala FA

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 02:46 WIB Manchester United lolos ke final Piala FA usai mengalahkan Tottenham Hotspur. Sempat tertinggal, The Red Devils menang 2-1 atas The Lilywhites di Wembley.
  • Benevento Dipastikan Degradasi ke Serie B

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 01:08 WIB Kemenangan bersejarah atas AC Milan tak mampu menyelamatkan Benevento. Mereka dipastikan turun kasta ke Serie B menyusul kemenangan Crotone atas Udinese.
  • Starting XI Terbaik Arsene Wenger di Arsenal

    Sepakbola | Sabtu 21 April 2018, 13:41 WIB Arsene Wenger punya sejumlah pemain top yang pernah dan masih ia tangani di Arsenal. Sulit memilih 11 saja tapi ini gambaran starting XI terbaiknya di Arsenal.
  • City Gunduli Swansea 5-0

    Sepakbola | Senin 23 April 2018, 00:32 WIB Manchester City menandai laga pertama usai menjadi juara Premier League musim ini dengan gaya. City menggunduli tim papan bawah Swansea City dengan skor 5-0.
  • Pemanasan Sempurna Arsenal Jelang Lawan Atletico

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 22:58 WIB Arsenal memetik kemenangan telak saat menjamu West Ham United. Hasil positif ini jadi modal Arsenal untuk berhadapan dengan Atletico Madrid di Liga Europa.
  • City Ungguli Swansea 2-0 di Babak Pertama

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 23:20 WIB Manchester City menutup babak pertama laga melawan Swansea City dengan keunggulan 2-0. Dua gol City dicetak oleh David Silva dan Raheem Sterling.
  • Inter Menang Tipis di Kandang Chievo

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 22:12 WIB Inter Milan membawa tiga poin dari kandang Chievo Verona dalam giornata ke-34 Serie A. Nerazzurri berhasil menang dengan skor 2-1.
  • Persebaya Berimbang dengan Sriwijaya FC

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 20:39 WIB Persebaya Surabaya harus puas berbagai angka dengan Sriwijaya FC di pekan kelima Liga 1 Indonesia. Kedua tim berimbang dengan skor 1-1.
  • Arsenal Gilas West Ham 4-1

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 21:27 WIB Arsenal tampil dominan saat menghadapi West Ham United. Tiga poin pun diraih lewat kemenangan dengan skor telak 4-1.
  • Liga 1

    Bali United Kalahkan Barito Putera 2-0

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 19:02 WIB Bali United memetik angka penuh saat menjamu Barito Putera usai kemenangan dua gol tanpa balas. Gol-gol dibuat Stefano Lilipaly dan Yandi Sofyan.
  • Satu Laga Lagi, Barca!

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 17:29 WIB Barcelona menjadi juara Copa del Rey usai menundukkan Sevilla 5-0. Kini, tim Catalan itu tinggal berfokus mengawinkan gelar dengan La Liga.
  • Jelang Liga Champions

    Bek Roma Ini Beri Ancaman untuk Salah

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 17:40 WIB Mohamed Salah bakal bertemu mantan klubnya, AS Roma, di semifinal Liga Champions. Salah pun diwanti-wanti untuk tidak tampil bagus di laga itu.
  • Panpel Kickoff Liga 2 Sediakan 24 Ribu Tiket

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 16:22 WIB Kick off laga perdana Liga 2 antara Persis Solo versus Semen Padang akan dilangsungkan Senin. Panitia pelaksana (panpel) menyiapkan 24 ribu tiket nonton.
  • Sanchez Sedih Wenger Tinggalkan Arsenal

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 15:16 WIB Alexis Sanchez sedih mendengar Arsene Wenger cabut dari Arsenal akhir musim ini. Dia berterima kasih atas jasa Wenger selama kariernya di Inggris.
  • Infografis

    Juventus vs Napoli, Semua Demi Scudetto

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 13:49 WIB Semua demi Scudetto. Begitulah judul dari pertarungan besar di Allianz Stadium dinihari nanti antara Juventus kontra Napoli.
  • Sanchez Tak Boleh Naik-Turun Lagi

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 13:19 WIB Alexis Sanchez tampil apik saat Manchester United melaju ke final Piala FA. Tapi, seperti halnya Paul Pogba, Sanchez dituntut tampil konsisten.
  • Laju Sempurna Setan Merah di Piala FA

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 11:38 WIB Kemenangan atas Tottenham Hotspur tak cuma melajukan Manchester United ke final Piala FA, tapi juga menjaga catatan sempurna Setan Merah di kompetisi ini.
  • 20Detik

    Tiga Gol Kemenangan Bayern di Markas Hannover

    Sepakbola | Minggu 22 April 2018, 11:16 WIB Meski sudah resmi menjadi juara Bundesliga, Bayern Munich tetap tampil hebat. Die Roten mempermalukan tuan rumah Hannover 96 dengan skor 3-0.