Sempat Tertinggal, Arsenal Imbangi Southampton 1-1

Femi Diah - Sepakbola
Minggu, 10 Des 2017 21:00 WIB
Olivier Giroud mencetak gol ke gawang Southampton lewat tandukannya pada menit ke-88. (John Sibley/Reuters)
London - Arsenal mengakhiri lawatan ke markas Southamton dengan skor 1-1. Gol Olivier Giroud di menit akhir menjadi penyelamat.

Dalam pertandingan di St Mary's Stadium, Minggu (10/12/12017), Arsenal sudah tertinggal satu gol di menit ke-3. Padahal, Arsenal tampil dominan dengan penguasaan bola 67 persen.

Charlie Austin berhasil mengecoh Cech membuat Arsenal tertinggal 0-1 lebih dulu. Giroud membalasnya pada menit ke-88.

Tambahan satu angka itu membuat Arsenal mengoleksi 29 poin dan menempati urutan kelima di papan klasemen. Soton di urutan kesepuluh dengan nilai 18.

Jalannya pertandingan

Arsenal tertekan di awal babak pertama. Setelah kebobolan itu, Arsenal kian tertekan. Austin bahkan sudah membuat dua tembakan berbahaya lainnya saat pertandingan bergulir delapan menit.

Arsenal baru dapat membuka peluang berbahaya pada menit ke-16 lewat Alexandre Lacazette. Namun, upaya Lacazette tak berhasil. Tembakannya masih dapat diantisipasi Fraser Forster.

Memasuki menit ke-29, malah terjadi kemelut di depan gawang Arsenal. Beruntung bagi the Gunners, Southampton tak berhasil memanfaatkannya menjadi gol.

Charlie Austin merayakan gol ke gawang Arsenal.Charlie Austin merayakan gol ke gawang Arsenal. (Dylan Martinez/Reuters)

Lacazette kembali mendapatkan peluang pada menit ke-40. Tak terkawal, dia berhasil mendekati mulut gawang Arsenal dan mencoba peruntungan. tapi, tembakannya melebar ke kanan.

Tak ada tambahan gol hingga turun minum. Arsenal tertinggal 0-1.

Memasuki babak kedua, agresivitas kedua tim menurun. Tak terjadi serangan berarti hingga pertandingan memasuki menit ke-60.

Gawang Arsenal kembali mendapatkan serangan berbahaya di menit ke-64. Kali ini, dari assist Ryan Bertrand kepada Oriol Romeu yang mencoba menggandakan keunggulan Soton. Tembakan Romeu membentur tiang gawang.

Di menit berikutnya Arsene Wenger membuat perubahan. Dia menarik keluar Per Mertesacker dan diganti oleh Welbeck.

Wenger juga menarik keluar Alexandre Lacazette kemudian memasukkan Olivier Giroud pada menit ke-72. Bersamaan dengan masuknya Olivier Giroud menggantikan Lacazette.

Akhirnya Arsenal mampu mencetak gol. Giroud mencetak gol dua menit menjelang menit akhir.

Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Southampton Olivier Giroud merayakan gol ke gawang Southampton (John Sibley/Reuters)

Giroud memaksimalkan umpan matang dari Sanchez dan menanduknya tepat ke gawang Soton. Arsenal pun berhasil mengimbangi tuan rumah 1-1.

Susunan pemain

Southampton: Forster, Yoshida, Stephens, Van Dijk, Redmond Boufal 74'), Bertrand, Romeu, Hojbjerg, Ward-Prowse, Tadic (Davis 88'), Austin(gabbiadini 86')

Arsenal: Cech, Bellerin, Koscielny, Mertesacker (Welbeck 64'), Monreal, Kolasinac, Xhaka (Wilshere 69'), Ramsey, Sanchez, Ozil, Lacazette (Giroud 72')


(fem/nds)