DetikSepakbola
Senin 11 Desember 2017, 03:13 WIB

Pep: Siapa Bilang Tiki-Taka Tak Bisa Berhasil di Inggris?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Pep: Siapa Bilang Tiki-Taka Tak Bisa Berhasil di Inggris? Foto: Carl Recine/ Action Images via Reuters
Manchester - Pep Guardiola senang bukan main Manchester City menang di Old Trafford. Ini disebutnya kian menunjukkan filosofinya bisa diterapkan di manapun termasuk Inggris.

City menang 2-1 saat bertandang ke Manchester United di laga pekan ke-16 Premier League. Kemenangan itu dipetik berkat gol David Silva dan Nicolas Otamendi, yang hanya mampu dibalas MU lewat Marcus Rashford.


Tiga poin di markas MU mengukuhkan City di puncak klasemen Premier League. The Citizens kini mengoleksi nilai 46, 11 poin di depan 'Setan Merah' yang masih duduk di posisi dua.

Kemenangan tersebut juga memperpanjang laju tak terkalahkan City di liga. Mereka belum sekalipun kalah dari 16 laga, bahkan hanya sekali gagal menang.

Dari 15 kemenangan yang dipetik, 14 didapatkan secara beruntun termasuk atas MU. Itu mengantarkan mereka ke rekor kemenangan terpanjang.


Guardiola menyebut kemenangan atas MU plus impresifnya laju City sejauh ini menjadi bukti, bahwa pendekatan permainannya bisa diterapkan di mana saja. Gaya sepakbola menyerang dengan penguasaan bola, umpan-umpan pendek, garis pertahanan tinggi, dan pergerakan yang cair miliknya, atau kerap disebut Tiki-Taka, dulu kerap dinilai takkan sukses di Inggris.

Apalagi musim lalu City cuma finis ketiga dan Guardiola terlihat kesulitan beradaptasi. Namun kini timnya belum terbendung. Bahkan menghadapi tim-tim yang dipoles manajer-manajer seperti Jose Mourinho dan Antonio Conte, yang dikenal sulit ditembus, City menang saat tampil tandang.

"Sikap kami bermain di sini sesuai dengan yang saya inginkan. Kami bisa bermain dengan cara ini di Inggris. Orang-orang bilang di Inggris kami tak bisa bermain dengan cara yang dulu kami lakukan di Barcelona, tapi itu memungkinkan dan kami melakukannya," ujar Guardiola kepada Sky Sports, seperti dilansir BBC.

"Saya mengetahui itu musim lalu. Selalu saya yakin kami bisa melakukannya. Semua orang bisa bermain dengan cara yang mereka inginkan, itulah sebabnyak sepakbola begitu indah. Saya senang bisa pergi ke Stamford Bridge dan Old Trafford dan mengalahkan mereka dengan cara ini," tambahnya.

City tampil dominan di Old Trafford. Whoscored mencatat David Silva dkk. punya penguasaan bola hingga 65%, melepaskan 14 percobaan dengan separuhnya tepat target. Sementara MU punya delapan tembakan, lima di antaranya mengarah ke gawang.
(raw/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed