DetikSepakbola
Kamis 14 Desember 2017, 04:37 WIB

City Libas Swansea 4-0

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
City Libas Swansea 4-0 Foto: Rebecca Naden/REUTERS
Swansea - Manchester City masih tak terbendung di Premier League. Bertandang ke Swansea City, The Citizens menang telak 4-0.

Bertandang ke Liberty Stadium, Kamis (14/12/2017) dinihari WIB, City tampil sangat dominan. Whoscored mencatat penguasaan bola skuat besutan Pep Guardiola itu mencapai 77%.

David Silva membawa City unggul di menit ke-27, yang lantas digandakan oleh Kevin de Bruyne pada menit ke-34. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Silva kembali mencetak gol di menit ke-52. City tak membiarkan Swansea keluar dari tekanan dan mengembangkan permainan. Malah Sergio Aguero menggenapi pesta gol City menjadi 4-0, lewat gol di menit ke-85.

Hasil ini membuat City masih belum terkalahkan di 17 pekan yang sudah berlalu di Premier League. Mereka mengoleksi nilai 49 dari 16 kemenangan dan satu hasil imbang, kukuh di puncak klasemen. Sementara itu Swansea belum beranjak dari posisi juru kunci, dengan baru mengumpulkan 12 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama jadi milik City, tepatnya di menit keenam. Aguero melakukan tusukan dari sisi kanan, melewati dua pemain Swansea, lalu melepaskan sepakan yang cuma berakhir di samping gawang saja.

Tak lama kemudian Raheem Sterling menebar ancaman usai menusuk dari tengah. Tapi sepakannya diblok bek Swansea dan cuma menghasilkan korner.

Dari korner yang didapatkan, City punya peluang bagus. Bola lambung cuma disapu pertahanan Swansea, tapi jatuh di depan kotak penalti dan disambar Fernandinho. Lukasz Fabianski sigap menepisnya.

Swansea merespons dengan serangan cepat di menit ke-10. Jordan Ayew mencoba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tapi masih mudah diantisipasi Ederson Moraes.

City kembali melancarkan tekanan. Umpan lambung David Silva di menit ke-16 disambar sundulan Aguero, namun masih jauh di atas gawang.

City memetik keunggulan di menit ke-27. Swansea gagal mengamankan bola dengan baik setelah menghentikan tusukan Aguero.

Bola dikuasai Bernardo Silva di kanan, yang kemudian mengirimkan umpan lambung ke depan gawang dan disontek oleh Silva ke dalam gawang. Koordinasi yang buruk dari bek Swansea membuat Silva leluasa mencetak gol.

Aguero membuang kesempatan bagus di menit ke-30. Sepakannya setelah menusuk ke dalam kotak penalti melewati kerumunan pemain Swansea masih terlalu mudah dihalau Fabianski.

Pada menit ke-34, City menggandakan keunggulan. Dari situasi tendangan bebas di sisi kiri, Kevin de Bruyne melepaskan bola kencang mendatar. Tak ada pemain City yang menyontek umpannya, tapi bola rupanya malah menaklukkan Fabianski dan masuk ke gawang.

Sebuah percobaan dari Danilo tiga menit kemudian masih mudah diamankan Fabianski. Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 2-0.

Baru semenit berjalan, City sudah nyaris unggul. Silva mendapatkan sodoran dari Aguero di dalam kotak penalti dan dalam posisi tinggal menghadapi kiper. Namun sepakannya cuma melebar ke kiri gawang.

Gantian Aguero melakukan tusukan di dari sisi kiri di menit ke-51. Tembakan mendatarnya masih bisa dihalau oleh Fabianski. Tapi semenit berselang, gawang Fabianski bergetar juga.

Silva menerima umpan pendek dari Sterling di sisi kiri di dalam kotak penalti. Lantas dengan cerdik gelandang asal Spanyol itu mencukil bola untuk menaklukkan Fabianski dari jarak dekat.

Sepakan Aguero di menit ke-62 usai menerima umpan De Bruyne masih berakhir melebar ke sisi kiri gawang Swansea. Aguero kembali mendapatkan kesempatan semenit kemudian, tapi lagi-lagi gagal menaklukkan Fabianski.

Swansea mendapatkan peluang di menit ke-64. Sapuan kurang cermat pertahanan City dari situasi sepak pojok dituntaskan Roque Mesa dengan sepakan keras. Bola sempat membentur pemain City dan berubah arah, tapi Ederson menunjukkan refleks cemerlang untuk menepis bola.

Upaya Sterling menyambut bola hasil eksekusi tendangan bebas De Bruyne cuma berakhir melambung di menit ke-73.

City memperlebar selisih di menit ke-85. Menerima umpan Yaya Toure, Aguero merangsek melewati dua peain Swansea dan menaklukkan Fabianski dengan sepakan mendatar.

Tak ada gol lagi di sisa waktu.

Susunan pemain:

Swansea: Fabianski; Naughton, van der Hoorn, Mawson, Olsson; Ki, Mesa, Carroll (Abraham 46'); Ayew; Dyer (Narsingh 65'), Bony (Fer 74')

City: Ederson; Danilo, Mangala, Otamendi, Delph (Zinchenko 73'); De Bruyne (Guendogan 77'), Fernandinho (Toure 58'), Silva; Sterling, Aguero, Bernardo Silva
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Wenger Indikasikan Sanchez Bakal Pindah ke MU

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 16:31 WIB Spekulasi masa depan Alexis Sanchez mulai menemui titik terang. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyebut Sanchez berpeluang pindah ke Manchester United.
  • Dortmund Beri Lampu Hijau Aubameyang ke Arsenal

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 13:51 WIB Pierre-Emerick Aubameyang santer diberitakan bakal merapat ke Arsenal. Borussia Dortmund pun disebut telah memberi lampu hijau agar transfer terwujud.
  • Schweinsteiger Masih Lanjut di Chicago Fire

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 16:16 WIB Bastian Schweinsteiger masih lanjut di Chicago Fire musim depan. Gelandang asal Jerman itu baru saja diperpanjang kontraknya oleh klub MLS itu.
  • Foto: Para Pemain Rekrutan MU di Musim Dingin

    Sepakbola | Rabu 17 Januari 2018, 13:32 WIB Seiring dengan kabar Alexis Sanchez di ambang kepindahan ke Old Trafford, berikut sejumlah pemain rekrutan Manchester United di musim dingin sebelum ini.
  • Target Shaw di Sisa Musim: Cetak Gol untuk MU

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 16:15 WIB Bek Manchester United Luke Shaw gembira sudah mulai main lebih rutin dan diapresiasi Jose Mourinho. Ia kini ingin segera bikin gol perdana untuk MU.
  • 'Zidane Bisa Bangkit dari Keterpurukan'

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 15:56 WIB Real Madrid sedang tampil kurang oke di bawah asuhan Zinedine Zidane. Pelatih asal Prancis itu diyakini akan mampu keluar dari keterpurukan.
  • Klub-klub Paling Boros Sepanjang 2017

    Sepakbola | Rabu 17 Januari 2018, 11:51 WIB Konfederasi sepakbola Eropa UEFA merilis klub-klub yang jor-joran belanja di bursa transfer 2017. Nilai totalnya sampai 5,6 miliar euro. Klub mana paling boros?
  • Juventus Serius Kejar Emre Can

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 15:08 WIB Juventus memastikan mereka akan mencoba sekuat tenaga untuk mendatangkan Emre Can. Sejak musim panas lalu, I Bianconeri memang tertarik dengan sang gelandang.
  • Infografis

    Tchau, Ronaldinho

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 14:56 WIB Tak ada lagi aksi-aksi Ronaldinho di atas lapangan hijau. Seniman bola asal Brasil itu sudah memutuskan gantung sepatu. Tchau, Ronaldinho!
  • Piala Presiden 2018

    Persib Masih Butuh Perbaiki Sejumlah Hal

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 14:33 WIB Pelatih Persib Bandung Mario Gomez menyebut timnya masih butuh memperbaiki sejumlah hal kendatipun sudah mengawali Piala Presiden 2018 dengan kemenangan.
  • Pesan Cinta untuk Ronaldinho

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 13:39 WIB Ronaldinho menjadi inspirasi banyak pesepakbola dunia. Keputusannya gantung sepatu membuat banyak pemain merasa kehilangan dan memberikan sanjungan.
  • Neymar Makin Menggila

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 13:14 WIB Tak pernah terjadi dalam 10 tahun terakhir ada pemain yang terlibat dalam terciptanya enam gol di satu laga Ligue 1. Dinihari tadi, Neymar melakukannya.
  • Reaksi Neymar Usai Dapat Siulan Penonton

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 13:09 WIB Neymar dapat siulan cemooh dari penonton akibat tindakannya mengambil penalti PSG, menunda kans Edinson Cavani bikin rekor baru. Bagaimana Neymar bereaksi?
  • 'Lukaku Bisa Tembus 30 Gol di MU'

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 12:56 WIB Romelu Lukaku diyakini bisa menembus 30 gol dalam satu musim bersama Manchester United. Hal itu seperti diungkapkan eks striker Setan Merah, Dwight Yorke.
  • Oktovianus Maniani Seleksi di Persib

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 11:17 WIB Oktovianus Maniani menjalani seleksi di Persib Bandung. Winger 27 tahun itu akan diseleksi dan dinilai penampilannya selama dua hari.
  • Copa del Rey

    Valverde Sebut Espanyol Lebih Difavoritkan Lolos

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 10:50 WIB Meski kalah tipis, Ernesto Valverde menyebut hasil melawan Espanyol tidak bagus untuk Barcelona. Valverde pun menyebut Espanyol lebih favorit untuk lolos.
  • Mourinho Kena Dikerjai, Tandatangani Kaus Conte

    Sepakbola | Kamis 18 Januari 2018, 10:49 WIB Manajer Manchester United Jose Mourinho kena dikerjai oleh media Italia, ketika menandatangani sebuah kaus yang ternyata bertuliskan nama Antonio Conte.