DetikSepakbola
Kamis 14 Desember 2017, 18:48 WIB

Guardiola: Rekor City Akan Percuma Tanpa Gelar Juara

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Guardiola: Rekor City Akan Percuma Tanpa Gelar Juara Foto: Andrew Boyers/Action Images via Reuters
Manchester - Manchester City baru saja mengukir mengukir sejarah usai mencukur Swansea City 4-0. Josep Guardiola mengungkapkan, hal itu akan sia-sia kalau City gagal juara.

Dalam laga di Liberty Stadium, Kamis (14/12/2017) dinihari WIB, David Silva menjadi bintang City usai menyumbang dua gol. Kevin de Bruyne dan Sergio Aguero mencetak dua gol City lainnya.

Kemenangan tersebut menandai bahwa the Citizens telah mengemas 15 kemenangan berturut-turut di Premier League. Sebuah rekor kemenangan beruntun terpanjang, yang memecahkan rekor sebelumnya yang dicetak Arsenal (14) pada 2002.


Lebih penting lagi, dengan tiga angka tambahan itu City terus menjaga keunggulan 11 poin dari rival terdekatnya Manchester United, yang di laga lainnya menang tipis 1-0 di markas Bournemouth.


Manajer City Guardiola memang gembira setelah timnya menciptakan rekor ini. Namun, Guardiola menekankan bahwa hasil akhir lah yang dihitung alias gelar juara Premier League.

"Rekor ini berarti besar -- mencetak 15 kemenangan beruntun adalah hal yang menakjubkan," kata Guardiola yang dikutip Independent. "Rekor-rekor memang ada untuk dipatahkan, tapi di level ini seperti sekarang begitu kompetitif. Manajer-manajer, para pemain, analis-analis, dan itu berarti kami juga tangguh secara mental."

"Sewajarnya konsentrasi Anda bisa sedikit menurun, tapi ketika Anda melakukannya 15 kali berturut-turut maka itu artinya setiap harinya Anda tetap fokus."

"Selama ini ada banyak tim yang mengagumkan di dalam sejarah. Liverpool, Manchester United di bawah Sir Alex Ferguson, dan Chelsea dengan Jose Mourinho. Ada banyak tim bagus, tapi kami adalah tim pertama yang menang 15 kali beruntun," sambung eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu."

"Tentu saja (rekor) ini cuma omong kosong kalau kami tidak memenangi titel juara. Ini cuma jadi sekadar rekor saja. Toh rekor ini akan dipatahkan juga, tapi memang tidak akan mudah untuk memenangi 15 pertandingan beruntun di Premier League, yang begitu rumit."

City menghadapi tantangan besar untuk memperpanjang rekornya di akhir pekan. David Silva dkk. akan menjamu Tottenham Hotspur, Sabtu (17/12) dinihari WIB.


(rin/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed