Pemain Soton ke Liverpool Lagi, Jadi Seperti Mane atau Lambert?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 28 Des 2017 13:58 WIB
Virgil van Dijk menyusul eks pemain Southampton lain ke Liverpool (Jan Kruger/Getty Images)
Liverpool - Virgil van Dijk selangkah lagi gabung Liverpool. Ini menambah deretan eks Southampton yang berseragam merah-merah dalam beberapa musim terakhir.

Setelah saga transfer yang berliku-liku selama musim panas lalu yang membuat Liverpool mundur karena protes Southampton ke otoritas Premier League, Van Dijk akhirnya resmi diboyong ke Anfield. kesepakatan itu tercapai, Kamis (28/12/2017) dinihari WIB tadi dan tinggal menunggu bursa transfer musim dingin dibuka 1 Januari.

Untuk memboyong Van Dijk, Liverpool kabarnya harus merogoh kocek dalam-dalam 75 juta pound sterling yang menjadikan pemain asal Belanda itu sebagai bek termahal dunia saat ini, mengalahkan rekor Benjamin Mendy seharga 53 juta pound.

Kepindahan Van Dijk pun seperti makin mempererat hubungan antara Liverpool dan Southampton dalam tiga setengah tahun terakhir. Pasalnya ada saja pemain The Saints yang pindah ke Anfield sejak musim panas 2014.

Rombongan pertama adalah Dejan Lovren, Adam Lallana, dan Rickie Lambert yang direkrut oleh Brendan Rodgers saat itu. Total Liverpool harus menghabiskan 56 juta pound untuk ketiga pemain itu.

Di musim berikutnya, giliran Nathaniel Clyne yang diboyong Liverpool. Pemain berposisi bek kanan itu dihargai 16 juta pound sebelum membeli Sadio Mane musim panas 2016 dengan banderol 37 juta pound.

Jika ditambah dengan Van Dijk, Liverpool sudah mengeluarkan 184 juta pound untuk mendatangkan enam pemain Soton. Meski demikian, tak semua berujung sukses karena contoh saja Lambert yang gagal bersinar dan hanya bertahan semusim.

Sementara itu Dejan Lovren penampilannya labil sehingga Liverpool harus merekrut Van Dijk untuk memperkuat lini belakang. Relatif hanya Lallana, Clyne, dan Mane yang performanya terbilang oke sejauh ini.

Mane bahkan langsung moncer di musim pertamanya dengan 13 gol dan delapan assist dari 29 penampilan musim lalu. Musim ini Mane terganggu cedera sehingga penampilannya tak maksimal, sementara Lallana baru bersinar setelah kedatangan Juergen Klopp.

Clyne langsung jadi andalan di pos bek kanan Liverpool meski musim ini belum bermain sama sekali karena diterpa cedera punggung.

Jadi, fans Liverpool tinggal menunggu apakah Van Dijk bisa langsung moncer seperti Mane atau malah bernasib seperti Lambert?


(mrp/rin)