Menanti Debut VAR di Inggris

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 08 Jan 2018 19:27 WIB
Foto: Gabriele Maltinti/Getty Images Sport
Jakarta - Sepakbola Inggris akan kedatangan teknologi baru. Video assistant referee (VAR) akan dijajal pertama kalinya pada pertandingan dini hari nanti.

VAR memang akan diujicoba di Inggris. Laga perdana yang dijajal adalah babak ketiga Piala FA antara Brighton & Hove Albion vs Crystal Palace di Amex Stadium, Selasa (9/1/2018) dini hari WIB.

Nanti, akan terpasang sebuah layar di pinggir lapangan untuk membantu wasit memeriksa sebuah kejadian dalam pertandingan itu. Sementara sebuah tim akan memantau dari ruang kontrol di Premier League Match Center, London Barat.

Selanjutnya, VAR juga akan digunakan di pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga antara Chelsea vs Arsenal, Kamis (11/1) dini hari WIB.

Ketua Asosiasi Wasit Inggris Mike Riley menilai penggunaan VAR diharapkan menyurutkan intervensi pemain kepada wasit atas sebuah kejadian di lapangan.

"Pesannya kepada pemain dan suporter jelas: sedikit intervensi, banyak keuntungan. Penelitian kami mengindikasikan empat persen dari keputusan di lapangan tidak benar, kami harap bisa menguranginya jadi 2 persen," kata Riley seperti dilansir Sky Sports.

Di liga top Eropa, baru Serie A dan Bundesliga yang menerapkan VAR musim ini. Sementara La Liga berencana menerapkannya musim depan.

(yna/krs)