DetikSepakbola
Selasa 16 Januari 2018, 05:11 WIB

Libas Stoke 3-0, MU Dekati City

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Libas Stoke 3-0, MU Dekati City Manchester United menang telak 3-0 atas Stoke City (Andrew Yates/Reuters)
Manchester - Manchester United merapatkan jaraknya dengan pemuncak klasemen Manchester City. MU melakukannya setelah melibas Stoke City 3-0 di kandang sendiri.

Dari tiga gol MU pada pertandingan di Old Trafford, Selasa (16/1/2018) dinihari WIB, dua di antaranya tercipta di babak pertama. Antonio Valencia membuka skor pada menit kesembilan, disusul gol Anthony Martial pada menit ke-38.

MU memiliki cukup banyak peluang untuk memperbesar keunggulannya di babak kedua. Namun, cuma satu gol tambahan yang tercipta, yaitu melalui Romelu Lukaku pada menit ke-72.

[Gambas:Sportradar]

Hasil ini tak mengubah posisi MU di peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan 50 poin. Tapi, The Red Devils kini cuma tertinggal 12 poin di belakang City. Sementara itu, Stoke tetap terpuruk di peringkat ke-18 dengan 20 poin.

Jalannya Pertandingan

MU unggul 1-0 saat laga belum genap berjalan sembilan menit lewat gol Valencia. Menguasai bola di sayap kanan, pemain asal Ekuador itu menusuk ke kotak penalti dan memakai kaki kirinya untuk menembak. Tembakan Valencia terlalu kencang untuk dijangkau oleh kiper Stoke, Jack Butland.

Stoke berpeluang menyamakan skor dua menit kemudian. Darren Fletcher mengirimkan umpan silang yang disambut oleh Xherdan Shaqiri dengan tendangan akrobatik, tapi David de Gea masih bisa menyelamatkan gawang MU.

Stoke kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-17 melalui Stephen Ireland. Tapi, Ireland menyia-nyiakannya setelah tembakannya dari dalam kotak penalti melebar.

Setelah sepakan Eric Maxim Choupo-Moting dengan mudah diamankan oleh De Gea, Ireland kembali membuang peluang bagus. Dia punya ruang tembak di kotak penalti MU, tapi penyelesaiannya tak menemui sasaran.

Ketika Stoke tak mampu memaksimalkan sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan, MU berhasil memperbesar keunggulannya di menit ke-38. Martial berada dalam posisi yang sangat bebas di depan kotak penalti Stoke ketika menerima operan dari Pogba. Penyerang asal Prancis itu pun dengan leluasa melepaskan tembakan keras ke pojok atas gawang.

Di menit-menit akhir babak pertama, Shaqiri mengancam gawang MU lewat tembakannya. Tapi, De Gea dengan sigap menepis tembakan Shaqiri.

Menit-menit awal babak kedua berjalan dalam tempo lambat. Dalam 15 menit pertama, MU setidaknya memperoleh dua peluang. Pertama, tembakan Lukaku yang mengarah tepat ke pelukan Butland. Sementara yang kedua adalah ketika tembakan jarak dekat Martial bisa dihentikan oleh Butland.

Juan Mata membuang peluang untuk mencetak gol ketiga MU. Sepakannya dari sudut sempit masih melenceng. Tak berselang lama, tembakan Mata dari mulut gawang melambung.

Kans yang dimiliki Lukaku pada menit ke-66 juga tak berujung gol. Tembakan striker MU itu dimentahkan oleh Butland.

Namun, Lukaku benar-benar menjebol gawang Stoke pada menit ke-72. Usai menerima operan dari Martial, dia menembak dari dalam kotak penalti meski dibayang-bayangi oleh dua pemain lawan. Sepakannya membawa MU unggul 3-0.

Pemain pengganti Marcus Rashford membahayakan gawang Stoke lewat aksinya. Tapi, tembakan Rashford di menit ke-85 digagalkan oleh Butland.

Tak berselang lama, gantian De Gea yang memperlihatkan ketangguhannya. Dia mementahkan peluang yang dimiliki oleh Mame Biram Diouf.

Hingga berakhirnya laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. MU 3, Stoke 0.

Susunan Pemain
Manchester United: De Gea; Valencia, Jones, Smalling, Shaw; Pogba, Matic; Mata (McTominay 83'), Lingard (Fellaini 80'), Martial (Rashford 80'); Lukaku

Stoke City: Butland; Bauer, Zouma, Martins Indi, Tymon (Wimmer 46'); Fletcher; Shaqiri, Allen, Ireland, Choupo-Moting (Sobhi 60'); Crouch (Diouf 70')


(mfi/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed